Gadget /Komputer

9 Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi Di Laptop

Jangan Lupa Share ya

Pastinya Anda pernah mengalami masalah yang serius pada headset Anda, dimana headset sama sekali tidak terdeteksi pada laptop sehingga hal yang seperti ini akan menjadi hal yang juga sangat menyusahkan Anda. Bagi orang- orang yang sangat menyukai mendengarkan music, menonton sebuah film, video maupun orang- orang yang memiliki pekerjaan sebagai pengedit video tanpa adanya gangguan suara dari orang lain maka dengan menggunakan headset adalah solusinya.

Cara Mengatasi Headset yang Tidak Respon di Laptop

Jika Anda tengah menghadapi masalah seperti itu, jangan sampai Anda merasa panic dan teburu- buru menyangka jika headset telah rusak sehingga Anda memutuskan untuk membeli sebuah headset yang masih baru. Selain itu, ada lagi hal yang dapat menjadi factor dari tidak terdeteksi nya headset pada laptop yakni di sebabkan adanya versi driver yang tidak cocok maupun corrupt pada saat akan melaksanakan install ulang. Agar bisa mengatasi masalah ini, maka Anda di sarankan untuk mengikuti cara mengatasi headset tidak terdekteksi di laptop berikut ini:

Memastikan Headset dalam Keadaan yang Baik

Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengecek bagaimana kondisi dari headset sebelum di pakai pada laptop. Teliti kondisinya, jangan sampai ada yang rusak karena jika ada yang rusak pastinya tidak akan bisa menyambung pada laptop. Akan tetapi, jika headset ketika di coba pada laptop yang lainnya bisa terdeteksi, maka masalahnya berada pada laptop Anda. Umumnya masalah pada laptop yang tidak bisa mendeteksi software sound card memang tidak berfungsi dan itulah sebabnya Anda perlu untuk melakukan install pada laptop atau mengaktifkannya. Umumnya hal yang seperti ini memang sudah menjadi bawaan dari beberapa windows maupun laptop.

Memastikan Lubang Headset Tidak Rusak

Cara yang kedua adalah dengan memeriksa apakah benar jika lubang untuk headset yang ada pada laptop tidak rusak. Lubang headset di laptop ini sering di sebut dengan lubang jack, dimana lubang ini memang sangat mudah kotor. Dengan kondisi lubang yang kotor seperti ini pastinya akan menjadikan komponen kuning pada lubang headset tidak berfungsi secara baik.

Melakukan Restart pada Laptop

Cara yang ketiga adalah dengan melakukan restart pada laptop Anda, jika sudah menyala kembali maka jangan langsung untuk memasukkan headset pada laptop karena Anda harus melakukan beberapa test pada saat memutar sebuah music maupun film. Pada saat itu, Anda pun perlu untuk membesarkan volume dari pengaturan bawaan laptop Anda maupun dari aplikasi pemutar music atau video tersebut. Apabila suara yang dapat optimal, maka Anda pun harus dapat memasukkan headset serta mendengarkan apakah suara yang telah ada atau tidak. Apabila laptop tidak mengalami masalah, maka umumnya dengan cara melakukan restart pun audio yang akan di sambungkan bisa berfungsi kembali.

Jangan Salah Memasukkan Jack-nya

Sekarang ini sudah banyak tersedia berbagai macam merek sehingga pastinya posisi lubang headset pun juga berbeda- beda. Jika headset tidak bisa di deteksi oleh laptop, maka bisa mencoba apakah benar jika Anda memasukkan headset pada lubang jack yang benar. Cara ini memang cukup sederhana namun banyak sekali orang yang melakukan kesalahan itu.

Periksa Kabel Sudah Terhubung dan Tidak Renggang

Cara mengatasi headset tidak terdekteksi di lapto selanjutnya ialah memastikan apakah headset benar- benar masuk dan tidak renggang. Karena pengalaman pribadi, suara yang tidak bisa muncul karena memang belum terhubung dan tidak ada suara “klik” pada lapto sehingga tidak terdeteksi.

Pastikan Driver Sound Sudah Terinstal dengan Driver yang Sesuai

Pada saat membeli laptop baru, akan menemukan driver yang tak sesuai dan salah satunya driver sound. Driver sound yang tidak sesuai bisa menjadi penyebabnya. Itulah sebabnya hanya memastikan jika driver laptop dan driver sound sudah bawaan laptop.

Sudah Terinstal Plug and Play pada Windows

Cara ini memang khusus untuk windows 8, umumnya memang sudah ada plug and play yang dapat berpengaruh pada hardware dan output headset tidak terinstal sempurna.

Mengatur pada Device Manager

Pada fitur ini Anda bisa mengatur headset agar bisa terhubung pada laptop, karena umumnya ada beberapa laptop yang harus di lakukan setting terlebih dahulu.

Pengaturan pada Playback Devices

Pengaturan ini cukup simpel, pertama Anda perlu mengklik ikon speaker lalu “klik” kanan dan “klik” pilihan playback device.

Itulah sekilas info mengenai cara mengtasi headset tidak terdeteksi di laptop. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply