Gadget /Komputer, Hobby

9 Bahaya Bermain Game Terlalu Lama

Jangan Lupa Share ya

Dewasa ini game menjadi salah satu hal yang cukup eksis. Hal ini dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang semakin canggih. Kamu dapat dengan mudah mengunduh game apa saja yang kamu sukai secara cepat dan gratis. Ada jenis game online atau offline yang bisa dimainkan, namun yang eksis akhir-akhir iki memang game online, terutama game moba, seperti Mobile Legend (ML), Arena Of Valor (AOV), Dota 2, dan masih banyak lagi. Selain game jenis moba, yang cukup terkenal hari-ini, yaitu PUBG.

Beberapa game tersebut merupakan game yang dimainkan dengan menggunakan Personal Computer (PC) atau dengan ipad. Dengan menggunakan Hp, kamu juga dapat dengan mudah memainkan game-game tersebut. Bermain game merupakan salah satu jenis kegiatan yang banyak disukai orang, karena bermain game ini biasanya akan membuat orang merasa lebih senang dan nyaman, bermain game juga dapat membuat seseorang melepaskan segala kepenatan setelah aktivitas seharian.

Namun, apabila ingin bermain game, sebaiknya kamu menetapkan waktu-waktu tertentu, berikan batasan waktu ketika bermain game, misal bermainlah sekitar 1-3 jam saja, jangan terlalu lama. Terkadang ketika sudah bermain kita tidak akan lupa waktu karena saking asyiknya. Usahakan hal itu jangan sampai terjadi, karena bermain game terlalu lama ternyata memiliki bahaya untuk tubuh.

Bahaya Bermain Game

Meskipun bermain game merupakan kegiatan yang sangat mengasyikan, kamu juga tentunya harus membatasi waktu bermain kamu. Melakukan sesuatu secara berlebihan tentu saja akan selalu meninggalkan dampak, termasuk bermain game yang terlalu lama. Ada beberapa bahaya bermain game terlalu lama. Berikut beberapa bahaya bermain game terlalu lama yang harus kamu ketahui.

  1. Ketergantungan atau kecanduan

Bahaya bermain game yang pertama, yaitu dapat membuat seseorang ketergantungan atau kecanduan untuk melakukannya terus menerus. Sebuah penelitian menyebutkan bahkan seseorang yang bermain game dalam waktu yang normal akan mengakibatkan kecanduan, jadi bisa kamu bayangkan apa yang akan terjadi apabila seseorang bermain game dalam jangka waktu yang lama.

  1. Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan salah satu hal yang harus sebisa mungkin tidak terjadi kepada kamu, karena obesitas akan memicu beberapa penyakit serius pada tubuh, seperti penyakit jantung, diabetes, atau penyakit lainnya. Gamer merupakan salah satu yang berpotensi untuk terkena obesitas, karena bermain game biasanya akan membuat seseorang berada pada satu posisi tertentu dalam jangka waktu yang cukup lama.

  1. Kejang-kejang

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa 27 dari 35 penderita epilepsi biasanya disebabkan karena terlalu lama bermain game. Epilepsi biasanya ditandai dengan mengalami kejang-kejang pada tubuhnya.

  1. Menyebabkan mata pedas dan memerah

Kebanyakan game dimainkan melalui sebuah ponsel atau laptop, apabila seseorang terlalu lama bermain game tentu saja akan dapat mengakibatkan mata menjadi merah dan terasa pedas. Selain itu game juga menuntut konsentrasi dan kejelian mata yang lebih, sehingga mata akan berusaha bekerja maksimal ketika bermain game, kerja maksimal itulah yang akan membuat mata menjadi pedas dan memerah.

  1. Kerusakan punggung bawah

Terlalu lama bermain game ternyata juga dapat menyebabkan kerusakan pada punggung bawah kamu. Biasanya ketika bermain game seseorang akan duduk dalam jangka waktu yang lama, sehingga hal ini akan sangat berpotensi terjadi kerusakan pada punggung bagian bawahnya.

  1. Nintendonitis

Merupakan salah satu penyakit yang namanya diambil dari sebuah nama konsol game. Penyakit ini juga akan dialami oleh seseorang yang terlalu lama bermain game. Penyakit ini berupa penyakit kram pada tangan yang sering muncul, yaitu pada bagian sikut, pergelangan, atau bagian lengan.

  1. Terjadi perubahan sistem saraf pusat

Jangan terlalu lama bermain game, karena bermain game dapat membuat otak kamu mengalami beberapa perubahan, misalkan terjadi pelebaran di beberapa tempat.

  1. Gagal jantung

Bahaya bermain game terlalu lama selanjutnya, yaitu dapat menyebabkan gagal jantung. Gagal jantung tentu saja berpotensi menyebabkan kematian, sehingga usahakan untuk tidak bermain game terlau lama, karena kamu bisa saja tiba-tiba terkena gagal jantung dan meninggal.

  1. Deep venous thrombosit (DVT)

DVT merupakan penyakit penggumpalan darah pada pembuluh vena dalam tubuh. Biasanya banyak terjadi di bagian tubuh bawah, seperti kaki atau bagian paha. Penggumpalan darah ini biasanya terjadi karena seseorang dalam posisi duduk dalam jangka waktu yang lama.

Nah, sekarang sudah tahu kan bahwa bermain game terlalu lama itu berbahaya. Jadi guys, usahakan kamu tidak menghabiskan waktu kamu untuk bermain game, karena kamu dapat melakukan hal lain yang lebih bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply