Babies /Kids

8 Tips Agar Bayi Mau Minum Susu Formula dari Dot

Jangan Lupa Share ya

Masa menyusui memanglah menjadi masa yang paling menyenangkan bagi setiap wanita. Hal tersebut akan jauh lebih menyenangkan apabila mereka bisa menyusui hingga 2 tahun lamanya. Akan tetapi, ibu yang masih dalam tahap menyusui sering tidak bisa bepergian dalam waktu yang terlalu lama karena khawatir bayinya akan rewel dan membutuhkan ASI nya.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya para ibu selalu menyediakan dot atau pun botol susu untuk berjaga-jaga ketika bepergian terlalu lama agar ibu tidak perlu khawatir pada si kecil. Untuk membiasakan si kecil agar menggunakan botol susu tidaklah semudah apa yang kita kira, sehingga kita harus mengetahui cara-cara khusus yang dapat memudahkannya.

Membiasakan bayi agar mau menggunakan dot harus kita lakukan sejak dini. Hal ini dilakukan pula sebagai antisipasi si kecil agar nantinya lebih mudah mengkonsumsi susu formula ketika sudah tidak lagi diberikan ASI oleh ibunya. Selain itu, mengajarkan bayi untuk minum menggunakan dot merupakan hal yang sangat penting untuk beberapa hal yang tidak kita duga. Seperti, saat ibu terlalu lama di kamar mandi dan si kecil sudah rewel, maka mau tidak mau para ibu harus mengajarkannya minum susu dengan menggunakan dot. Nah, untuk membuat bayi mau meminum susu formula, lakukanlah tips-tips berikut ini.

8 Tips Agar Bayi Mau Minum Susu Formula Dari Dot

  1. Mencoba Menjauhkan Bayi Dari Ibu

Menjauhkan si kecil dari ibunya merupakan hal yang tidak selamanya buruk untuk kebaikannya sendiri. Misalnya saja untuk membiasakannya agar terbiasa minum susu formula dari botol atau dot. Biasanya, bayi akan sulit diberi dot jika dia masih melihat keberadaan ibunya disekitarnya. Dengan menjauhkan bayi dari ibunya selama beberapa saat, maka nantinya dia akan terbiasa dan lebih mudah untuk menggunakan dot.

  1. Pilih Dot Yang Mirip Dengan Puting Ibu

Agar si kecil terbiasa menggunakan dot, sebaiknya pilihlah dot yang hampir menyerupai putting ibunya. Hal ini dikarenakan bayi lebih terbiasa merasakan putting ibu, maka agar dia terbiasa dengan dot yang ibu berikan, pilihlah yang memiliki tekstur serupa dengan putting ibu.

  1. Beri Sedikit Rasa Manis Pada Dot

Untuk merangsang bayi agar dot terasa mirip ASI, sebaiknya ibu mencelupkan dot terlebih dahulu ke dalam air hangat yang sudah diberi sedikit gula. Dengan cara ini, adaptasi bayi dengan dot dapat berjalan dengan lebih mudah.

  1. Berikan Pada Malam Hari

Pada tahap awal pemberian dot pada bayi, sebaiknya ibu memberikannya pada malam hari. Pada malam hari, bayi akan lebih memerlukan minum sehingga akan lebih mudah untuk membiasakannya. Pada saat bayi merengek meminta ASI, maka cobalah untuk memberinya dot. Hal ini justru akan lebih mudah dilakukan daripada ketika siang hari.

  1. Memilih Dot Dengan Yang Alirannnya Lebih Lambat

Dot yang dijual di pasaran memang terdiri dari berbagai jenis yang berbeda. Bahkan perbedaan tersebut juga terdapat pada aliran dot, ada yang lebih cepat ada pula yang lambat. Untuk membuat bayi lebih mudah beradaptasi dengan dot, sebaiknya pilihlah dot dengan aliran yang lambat. Selain sama dengan putting ibunya, dot dengan aliran yang lambat juga tidak mudah membuat bayi tersedak.

  1. Memberikan Dot Dengan Posisi Yang Sama Saat Menyusui

Ketika membiasakan bayi minum susu dengan menggunakan dot, sebaiknya posisikan sama persis seperti ketika ibu menyusui. Cara yang satu ini dilakukan agar bayi mengira bahwa yang ibunya berikan merupakan ASI. Posisikanlah bayi pada posisi yang sangat nyaman ketika dia diberikan dot, agar bayi tidak menyadari bahwa yang dia minum merupakan susu formula.

  1. Mengoleskan Sedikit ASI Pada Bagian Ujung Dot

Sebelum memberikan susu formula pada bayi, oleskan ASI pada ujung dot sedikit saja kemudian berikan dot tersebut pada bayi. Hal ini bertujuan agar bayi merasakan rasa yang sama seperti ASI hingga akhirnya dia menghisap dot susu formula dengan terbiasa. Hal ini akan membuat adaptasi bayi dengan dot menjadi lebih mudah.

  1. Minta Bantuan Orang Lain

Cara lainnya agar bayi mau meminum susu formula dari dot adalah dengan meminta bantuan pada orang-orang di sekitar kita. Akan tetapi, usahakan orang tersebut juga merupakan salah satu anggota keluarga. Hal ini dilakukan untuk membiasakan bayi agar tidak rewel ketika ibunya tidak berada di rumah. Selain membuatnya terbiasa, hal ini juga akan membuat bayi menjadi lebih mandiri nantinya.

Itulah 8 tips agar bayi mau meminum susu formula dengan menggunakan dot. Semoga bermanfaat. (elevenia)

 

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply