Hobby, Home & Garden

8 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Jangan Lupa Share ya

Kucing angora dan kucing Persia merupakan dua kucing yang sering dipelihara di Indonesia. Tak hanya di Indonesia, dua kucing ini pun menjadi hewan peliharaan favorit di seluruh dunia. Sebagian orang kurang bisa membedakan kedua kucing ini karena memang hampir mirip.

Bulu kedua kucing ini sama-sama indah dan panjang. Selain itu, sifatnya juga sangat lucu sehingga sangat mudah menarik perhatian orang untuk memeliharanya. Untuk seorang pecinta kucing, mungkin akan dengan mudah membedakan kedua jenis kucing ini, namun akan cukup sulit bagi orang awan. Lalu bagaimana cara membedakannya? Simak ulasannya di bawah ini:

Perbedaan Kucing Angora dan Persia

Daerah Asal

Kucing angora merupakan salah satu ras kucing tertua di dunia. Kucing ini berasal dari daerah Ankara atau Angora di Turki. Konon kucing ini sudah ada sejak tahun 1600-an. Sementara kucing Persia berasal dari daerah Persia atau sekarang Iran. Pertama kali diperkenalkan ke negara Italia di tahun 1620-an dan akhirnya bisa masuk ke Indonesia hingga menjadi salah satu kucing favorit sebagai binatang peliharaan.

Bentuk Wajah Kucing

Kucing Persia punya bentuk wajah yang lumayan bulat. Hidungnya pun termasuk pesek dan kecil. Bagian dahi, dagu dan hidungnya terlihat datang jika diperhatikan dari samping. Matanya juga lebih bervariasi dibanding kucing angora. Sementara kucing angora, punya wajah seperti kucing lokal atau kucing kampung, yaitu berbentuk sedikit segitiga dan hidung yang lumayan mancung. Selain itu, pada bagian telinganya pun cenderung runcing dan panjang. Terdapat sedikit bulu kecil juga di ujung telinganya.

Bentuk Tubuh Kucing

Kucing angora merupakan ras angora yang punya ukuran tubuh ideal. Kucing angora kebanyakan langsing dan ototnya tidak terlalu terlihat (menonjol). Tak hanya itu, bentuk tubuhnya pun terbilang lebih tinggi dibanding kucing Persia.

Kucing Persia kebanyakan berpostur lebih gemuk dan bulat. Belum lagi bentuk tubuhnya pun tidak setinggi kucing angora, ini bisa dilihat dari kakinya yang pendek. Namun bentuknya ini membuat kucing angora terlihat menggemaskan.

Bulu Kucing

Biasanya kucing Sphinkx berbulu lebat yang menyelimuti hampir seluruh bagian tubuhnya. Untuk kucing angora biasanya memang berbulu tebal, namun tidak setebal ras Persia. Tapi pada bagian ekor, kucing angora berbulu lebat dan panjang. Bahkan, bisa dibilang ekor dari kucing angora ini mirip seperti ekor musang. Pada bagian wajah, bulunya tidak terlalu lebat.

Kucing Persia memiliki bulu yang sangat tebal dan membuatnya tampak lebih gemuk. Bahkan bulu wajahnya saja sudah tebal. Bagian leher sampai ekornya ditutupi bulu yang sangat lebat dan tebal, terutama bagi kucing Persia yang berdarah murni.

Kepribadian Kucing

Kucing angora biasanya lebih aktif dan senang bermain. Tidak heran jika kucing ini sangat energik, namun tetap penurut. Kucing jenis ini pun terbilang cukup pintar dan sangat suka berinteraksi dengan pemilik kucingnya. Biasanya, kucing angora memiliki keingintahuan yang tinggi sehingga mudah dilatih dan juga mudah beradaptasi.

Kucing Persia memiliki kepribadian yang berbeda, dari kucing angora. Bahkan bisa dibilang kebalikannya. Sebab kucing jenis ini cenderung lebih banyak diam, penurut, lembut atau kadang sedikit malas.

Aktivitas Kucing

Kucing Angora merupakan kucing yang bersantai, seperti duduk dilantai atau pun duduk di sekitar pemiliknya. Kucing angora pun termasuk kucing yang cukup waspada dengan sekitarnya dan suka sekali pergi mencari tempat yang tinggi untuk dinaiki. Ia sangat suka bermain dan juga berlari dengan temannya atau dengan pemiliknya. Cara berjalan kucing ini sangatlah luwes dan akan sangat menggemaskan bila diperhatikan saat tengah berjalan.

Kucing Persia merupakan kucing yang sedikit pemalas. Hal ini bisa dibuktikan saat melakukan aktivitasnya. Kucing jenis ini cenderung lebih suka diam di tempat atau pun istirahat. Cara berjalannya pun cenderung lambat dan terlihat sangat manja. Namun ada kalanya kucing ini beraktivitas sangat aktif ketika ingin bermain atau pun merasa bosan.

Harga Kucing

Perbedaan yang satu ini sering kali dicari oleh pecinta kucing. Sebab, secara umum harga kucing angora sedikit lebih mahal dibanding harga kucing Persia. Namun biasanya kucing angora asli tidak pernah ada di Indonesia, jika memang ada itu merupakan keturunan campuran.

Kelangkaan Kucing

Di negara asalnya ada larangan aktivitas eksport kucing angora. Hal ini menyebabkan kucing yang satu ini masih terjaga keasliannya. Jika kucing ini ada di Indonesia, itu merupakan ras campuran, dengan kucing Persia, kampung dan lainnya. Hal ini berbeda untuk kucing Persia, karena sangat mudah didapatkan di Indonesia. Bahkan kamu yang tinggal diperumahan pasti akan sangat mudah menemukan kucing Persia yang berkeliaran di luar rumah.

Itulah sejumlah perbedaan antara kucing angora dan kucing Persia yang bisa kamu temukan. Semoga dengan informasi di atas kamu tidak salah menebak lagi antara kucing angora dan kucing Persia. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply