Culinary

8 Oleh-Oleh Khas Dieng Paling Favorit

8 Oleh-Oleh Khas Dieng Paling Favorit

Jangan Lupa Share ya

Dieng merupakan salah satu daerah dataran tinggi dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang indah. Salah satu tempat wisata yang paling sering dikunjungi adalah telaga warna. Berbicara tentang keindahan alam di Dieng mungkin tidak akan ada habisnya, tetapi bagaimana dengan oleh-oleh makanannya? Apa saja oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang untuk keluarga setelah berwisata di Dieng? Berikut ini referensi 8 oleh oleh khas Dieng yang paling favorit dan terkenal.

Carica


8 Oleh-Oleh Khas Dieng Paling FavoritJika mendengar kata Dieng, kebanyakan orang pasti berpikir tentang telaga warna dan juga oleh-oleh carica. Carica ini adalah buah yang mirip dengan pepaya tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil serta tekstur dan rasanya sedikit berbeda. Oleh-oleh carica khas Dieng ini biasanya diolah menjadi sirup atau manisan carica yang dikemas dalam botol kaca kecil. Meskipun sudah diolah, rasa buah carica yang segar dan manis masih sangat kental dan berasa.

Dendeng Gepuk


Selain buah yang identik dengan dataran tinggi, Dieng juga memiliki oleh-oleh berupa dendeng. Berbeda dengan daerah lain, dendeng dari Dieng ini biasa disajikan dengan digepuk terlebih dahulu sehingga diberi nama dendeng gepuk. Cita rasanya pun juga gurih karena erbuat dari daging sapi pilihan di Wonosobo. Selain dijadikan oleh-oleh, dendeng gepuk ini juga cocok dimakan langsung di Dieng. Dengan udara yang dingin, memakan dendeng gepung bersama nasi yang hangat akan berasa sangat lezat.

Sagon


Oleh-oleh dari Dieng yang juga favorit adalah Sagon. Sagon ini adalah jajanan kering dibuat dari parutan kelapa yang dtambah dengan tepung beras ataupun tepung sagu. Tak lupa ditambahkan gula pada adonan tersebut sehingga menciptakan cita rasa yang gurih dan legit. Sagon ini diolah dengan cara dibakar di atas arang hingga kadar airnya berkurang sehingga jajanan ini bisa awet dalam waktu yang lama.

Purwaceng


Oleh-oleh selanjutnya yang sangat khas dan unik dari Dieng adalah Purwaceng. Purwaceng sebenarnya adalah tanaman herbal yang bisa dijadikan obat bai tubuh. Misalnya untuk menghangatkan tubuh yang dingin, meringankan batuk, dan sebagainya. Oleh-oleh ini biasanya sudah diolah atau dikeringkan dan dijadikan serbuk kemudian dikemas dalam botol kaca sehingga lebih praktis.

Terong Belanda


Selain carica, oleh-oleh khas Dieng yang berupa buah adalah terong belanda. Buah terong belanda ini merupakan buah yang cukup unik dan banyak tumbuh di daerah Dieng. Buah ini sangat mudah dijumpai di pasar atau di pusat oleh-oleh Dieng. Selain dujual secara mentah, terong Belanda ini juga dijual dalam bentuk sirup dalam kemasan botol yang terkenal manis dan segar. Kalau kamu beli versi sirupnya, pasti bisa bertahan lebih lama jika dijadikan oleh-oleh untuk keluarga.

Tempe Kemul


Tempe adalah bahan makanan yang sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Tetapi di Dieng terdapat olahan tempe yang unik dan enak, yaitu tempe kemul. Tempe kemul ini adalah gorengan tempe yang dipotong tipis dan dibalur dengan adonan tepung yang kaya rempah dan sayur. Baluran tepung pada tempe ini lumayan banyak tetapi dalam konsistensi yang tipis sehingga ketika digoreng akan menyerupai kemul atau selimut.

Keripik


Oleh-oleh yang paling rekomended lainnya adalah Keripik. Ya, di Dieng kamu bisa menemukan berbagai olahan keripik seperti keripik tempe, keripik jamur, opak atau keripik singkong yang gurih dan lezat. Sensasi kres-kres atau krispy dari keripik khas Wonosobo Dieng ini bisa bikin kamu ketagihan dan ngemil terus. Harganya pun juga terjangkau, jadi kamu bisa borong oleh-oleh yang lumayan banyak untuk keluarga dan sahabat.

Teh Tambi


8 Oleh-Oleh Khas Dieng Paling FavoritRekomendasi oleh-oleh terfavorit khas Dieng yang terakhir adalah Teh Tambi. Selain kebun buah dan sayur, di dataran tinggi pasti banyak yang digunakan untuk menanam teh. Terutama di Dieng ini juga terdapat kebun teh yang luas dan juga memproduksi teh khas Dieng, yaitu Teh Tambi. Teh ini terkenal karena kualitasnya yang bagus karena fresh dan juga dipilih dari pucuk daun teh yang berkualitas pula.

Ternyata ada banyak sekali oleh-oleh khas Dieng yang enak dan juga disukai banyak orang. Mulai dari makanan yang gurih, manis, hingga produk-produk yang memiliki manfaat bagi tubuh. Jadi, selain terkenal akan keindahan alamnya yang luar biasa, Dieng juga memiliki kuliner yang tak kalah populer. Untuk itu jangan lupa untuk membawakan oleh-oleh di atas untuk keluarga di rumah jika kamu berwisasta ke Dieng.

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply