Sports /Hobi /Otomotif

8 Nama Pegunungan Tertinggi Di Dunia

Jangan Lupa Share ya

Di dunia ini, keindahan alam terdiri dari berbagai macam bentuk. Mulai dari laut, danau, dan gunung-gunung yang membentuk sebuah pegunungan. Dalam artian, gunung merupakan penampakan alam yang menonjol di atas permukaan tanah. Pada dasarnya, gunung mempunyai keadaan dimana suhu lebih dingin dibanding di daratan rendah serta kontur yang lebih curam bila dibandingkan dengan bukit. Fakta uniknya, gunung memiliki tinggi hingga beribu-ribu meter di atas permukaan air laut. Bahkan, terdapat beberapa nama pegunungan tertinggi di dunia dengan pemandangan yang sangat indah dan mengagumkan.

Fakta unik pegunungan

Apa yang membedakan pegunungan dengan daratan rendah? Tentunya pertama dilihat, perbedaannya sudah bisa terlihat yaitu bentuknya. Pegunungan berbentuk menonjol di atas permukaan tanah, bahkan ketinggiannya bisa mencapai beribu-ribu meter di atas permukaan air laut. Bahkan terdapat nama pegunungan tertinggi di dunia yang sangat mengagumkan. Selain itu, suhu di pegunungan lebih dingin. Tetapi, pemandangan yang ada di pegunungan sangatlah mengagumkan.

Daftar gunung tertinggi di dunia

Sudah penasaran apa aja pegunungan tertinggi di dunia? Berikut ini ialah daftar pegunungan tertinggi yang ada di dunia:

  1. Gunung Everest

Gunung everest merupakan nama pegunungan tertinggi di dunia yang berlokasi di antara Nepal dan Tibet. Gunung ini mempunyai ketinggian hingga 8.850 meter di atas permukaan air laut. Mengenai masalah ketinggian gunung ini, terdapat banyak variasi mengenai pengukuran tinggi gunung tertinggi ini. Hal ini disebabkan karena pemerintah China – Nepal belum mengesahkan ukuran pasti dari tinggi Gunung Everest.

  1. Gunung K2 (Chogori)

Gunung K2 terdapat pada urutan kedua pegunungan tertinggi di dunia. Gunung K2 ini juga terletak di kawasan pegunungan Himalaya. Lebih tepatnya gunung ini berada di kawasan Karakoram, yaitu terletak antara Pakistan dan China. Gunung tertinggi ke dua di dunia ini  mencapai 8.611 meter di atas permukaan air laut atau kurang lebih sekitar 28.251 kaki.

  1. Gunung Kangchenjunga

Gunung Kangchenjunga masih berada di daerah sekitar Nepal. Gunung Kangchenjunga menempati urutan ketiga sebagai gunung tertinggi di dunia. Kangchenjunga memiliki ketinggian 8.586 meter di atas permukaan air laut. separuh bagian dari pegunungan ini berada di Nepal dan sebagian lagi berada di Sikkim, India. Gunung ini masuk ke dalam daftar Eight-thousander dan Ultra-prominent peak dunia, sehingga membuat pendaki penasaran bagaimana rasanya menaklukan salah satu gunung ini.

  1. Gunung Lhotse

Gunung Lhotse berada di Nepal – China (Tibet). Gunung ini mempunyai ketinggian hinga 8.516 meter di atas permukaan air laut atau bisa dibilang 27.940 kaki. Gunung Lhotse ini merupakan gunung tertinggi ke empat di dunia. Tanggal 18 Mei 1956, Fritz Luschinger dan Ernst Reiss merupakan pendaki pertama yang tercatat berhasil menakhlukkan gunung tinggi ini.

  1. Gunung Makalu

Gunung Makalu masih berada di perbatasan Nepal dan China. kurang lebih berjarak 19 km ke arah tenggara dari Gunung Everest. Gunung Makalu memiliki ketinggian mencapai 8.462 meter di atas permukaan air laut atau sama dengan 27.762 kaki.

  1. Gunung Cho Oyu berada di sekitar Nepal dan Tibet                                           Saat ini Gunung Cho Oyu berhasil menduduki peringkat keenam gunung tertinggi di dunia setelah gunung Makalu.  Gunung Cho Oyu terletak tidak jauh dari arah barat dari Gunung Everest dan juga Gunung Lhotse. Selain menempati urutan keenam gunung  tertinggi di dunia, Gunung Cho Oyu juga menempati urutan keempat sebagai gunung tertinggi di bagian Khumbu, Nepal Timur.
  2. Gunung Dhaulagiri

Nepal memang terkenal sebagai daerah dengan banyak gunungnya. Lagi-lagi Gunung Dhaulagiri berada di Nepal. Gunung ini menunjukkan betapa megahnya kenampakan alam berupa gunung yang indah, gagah yang seolah sulit dijamah. Gunung ini menempati urutan ketujuh gunung tertinggi di dunia.  Ketinggian gunung ini  mencapai 8.167 meter di atas permukaan air laut atau sekitar 26.795 kaki.

  1. Gunung Manaslu

Gunung ini terletak di Mansiri Himal dan merupakan masih bagian dari Pegunungan Himalaya di Nepal. Gunung Manaslu Sama seperti Dhaulagiri, yaitu sama-sama diambil dari bahasa Sansekerta, yang mana mempunyai arti gunung jiwa. Gunung yang lebih dikenal dengan nama Gunung Kutang. gunung ini mempunyai ketinggian 8.163 meter di atas permukaan air laut atau setidaknya setara dengan 26.781 kaki di atas permukaan air laut.

Itulah ulasan tentang 8 nama pegunungan tertinggi di dunia. Begitu indahnya alam ini yang sudah di ciptakan sang pencipta. Sehingga kita harus bersyukur  bisa menikmati keindahan ala mini. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply