Culinary, Home /Food

8 Minuman Segar yang Ngetop di Bandung

Jangan Lupa Share ya

Bandung merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang cukup terkenal dengan kulinernya dan tempat – tempat ngehits yang banyak digemari oleh para pemuda. Bandung memiliki banyak makanan dan jajanan yang enak juga menarik. Saking kreatifnya di Bandung banyak makanan dengan tampilan yang cukup aneh dan sangat menarik perhatian para wisatawan. Walaupun Bandung daerah yang dingin dan sejuk tapi kalo di siang hari Bandung cukup panas juga. Nah jajanan Bandung yang segar – segar juga banyak nih. Berikut saya list minuman segar yang ngehits di Kota Kembang Bandung.

Es Oyen

Masyarakat Bandung pasti sudah tahu dengan minuman yang segar ini. Es Oyen sangat terkenal di Bandung. Minuman segar ini merupakan es campur yang berisi alpukat, kelapa muda, pacar cina, kolang kaling, nangka, serta ditaburi es serut dan diberi susu kental manis di atasnya. Minuman segar ini sudah ada sejak tahun 1954 yang awalnya dijual dengan berkeliling hingga akhirnya membuka kedai di Jl. Sukajadi Bandung hingga saat ini. Buar kamu yang lagi liburan atau berada di Bandung boleh tuh kamu coba minuman segar Es Oyen yang super enak ini.

Es Cendol Elizabeth

Minuman satu ini sangat terkenal di Bandung bahkan sekarang terkenal juga di daerah lain. Es cendol merupakan minuman khas Sunda yang dibuat dari tepung beras yang diberi warna oleh daun suji. Minuman ini disajikan dengan santan dan gula merah cair. Nah es cendol yang terkenal di Bandung adalah Es Cendol Elizabeth yang dirintis oleh seorang pria Bandung yang bernama Rokhman pada tahun 1984. Awalnya dia berjualan di depan toko Elizabeth Jl Otista. Esa cendol Elizabeth asli ada di Jl Inhoftank No 64 Bandung. Sedangkan beberapa cabangnya ada di Jl Otista, Buah Batu, Merdeka, Kopo, Pahlawan, dan Majalaya. Hal yang spesial dari es cendol Elizabeth dibandingkan dengan es cendol yang lain adalah penggunaan bahan yang masih alami dan berkualitas dengan rasa yang pas.

Es Mambo Lembang

Lembang Bandung, salah satu daerah yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Daerah tersebut memang memiliki banyak tempat wisata yang terkenal. Nah jika di hari libur Lembang pasti dipadati mobil – mobil sampai macet. Selagi kamu terkana macet disana, kamu bisa mampir ke sebuah toko Es Mambo & Yogurt Lembang. Es mambo disana memiliki berbagai macam rasa yang enak, ada rasa blackberry dengan serpihan buah blackberry, cokelat, kacang hijau, strawaberry, dan lain sebagainya. Toko es mambo ini terletak di Jl Cijeruk No 19A, Lembang Bandung.

Es Durian Pak Aip

Bandung memiliki es durian yang terkenal yaitu Es Durian Pak Aip yang terletak di Jl Tubagus Ismail Raya sejak tahun 1980. Es Durian Pak Aip ini menyajikan durian berstektur lembut yang disajikan dengan santan, gula, dan es. Selain itu juga disajikan dengan menu Chocolove yaitu durian yang dicampur dengan susu cokelat dan santan. Disana banyak juga es durian dengan berbagai rasa seperti strawberry, brown sugar, Ice cream, Crush, Evergreen dan lain sebagainya.

Es Goyobod

Es goyobod, minuman tradisional khas jawa barat ini terbuat dari tepung hunkwe yang dipotog – potong dadu. Biasanya disajikan dengan santan dan gula kawung atau bisa juga dicampur denga n kelapa muda, alpukat, pacar cina, potongan roti tawar, kolang kaling, dan tape (peyeum). Nah es goyobod yang terkenal di Bandung adalah Es Goyobod Kuno 1949 yang berada di kawasan pasar baru, Jl Pasar Utara. Es goyobod ini sudah ada sejak 1949 dan disajikan dengan kelapa muda, gula kawung, dan susu kental manis. Jika kamu sedang berbelanja di Pasar Baru, jangan lupa mampir ke Es Goyobod Kuno 1949 dan rasakan kelezatan dari es goyobodnya.

Es Pisang Ijo

Sajian satu ini sebenarnya berasal dari Makasar, tapi di Bandung minuman segar ini cukup terkenal. Es pisang ijo adalah pisang raja yang dibungkus dengan kulit berwarna hijau yang terbuat dari tepung dan disajikan dengan kuah santang Kendal, vla, dan sirup. Tapi ada juga yang menyajikannya dengan tambahan kacang merah, meses, atau saus cekolat. Es pisang ijo yang recommended adalah Es Pisang Ijo Lekker yang berada di Jl Pasirkaliki di depan sekolah BPK Penabur dan ada juga Es Pisang Ijo T&J yang berada di Jl Dipati Ukur di depan Kampus Unikom.

Yogurt Cisangkuy

Siapa yang tak kenal dengan yogurt, makanan hasil permentasi dari susu ini cukup banyak digermari. Di Bandung ada Yogurt Cisangkuy yang memiliki rasa yang tidak terlalu asam, cukup manis dan tidak terlalu kental. Berbeda dengan yogurt pada umumnya, yogurt ini lebih enak dan menyegarkan dengan 25 pilihan rasa seperti, anggur, lychee, mocca, strawberry, vanilla dan lain sebagainya. Cara penyajiannya pun beragam, ada yang dijadikan juice yang dicampur dengan buah – buahan, non juice yaitu buah dan yogurt tidak diblender bersamaan, ada juga spesial juice yaitu buah dan yogurt diblender bersamaan tapi disajikan dengan potongan buah. Yogurt Cisangkuy ini beradai di Jl Cisangkuy No 85, Bandung Utara.

Mango Dessert Kedai Lingling

Kedai lingling yang berada di Bandung ini selain menjual ramen juga menyajikan minuman segar yang bernama Mango Dessert. Minuman segar ini benar – benar lezat karena dibuat dari mangga asli yang diblender sampai menjadi puree dan disajikan dengan topping berbagai macam jelly yang warna – warni. Rasa dari minuman ini manis yang pas, sedikit asam yang menyegarkan, dan ada sedikit rasa gurih (mungkit ditambahkan susu). Kedai Lingling berada tidak jauh daru Paris Van Java di Jl Sukajadi 157, selain itu ada juga di Jl Geusan Ulun 1.

Itulah 8 minuman segar asal Bandung yang nehits dan perlu kamu coba karena rasanya dijamin bikin kamu ketagihan. (elevenia)

 

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply