Uncategorized

8 Manfaat Mandi Air Dingin yang Wajib Kamu Ketahui

Beberapa orang enggan mandi dengan air dingin karena tidak mau kedinginan. Selain itu, mereka juga takut terkena masuk angin, rematik dan sebagainya. Padahal, sebenarnya mandi air dingin memberikan manfaat yang positif bagi tubuh Anda. Karena itu, Anda juga perlu membiasakan diri mandi dengan menggunakan air dingin. Nah, berikut ini akan diulas mengenai manfaat mandi air dingin yang harus Anda ketahui.

Beberapa Manfaat Mandi Air Dingin yang Harus Diketahui

Membantu Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Manfaat mandi air dingin yang pertama adalah membantu tidur Anda menjadi lebih nyenyak dari biasanya. Ini sangat cocok bagi Anda yang kebetulan mengalami kesulitan tidur. Cobalah mandi dengan air dingin agar Anda bisa tidur cepat dan nyenyak. Telah terbukti bahwa beberapa penderita insomnia mengaku sembuh setelah beberapa kali mandi menggunakan air dingin. Usahakan untuk mandi dengan air dingin sebelum tidur. Memang akan merasa kedinginan dan menggigil, namun sesudah Anda bersentuhan dengan ranjang tentu akan merasa rileks dan bisa segera tidur dengan tenang.

Menjadikan Temperatur Tubuh Stabil

Manfaat selanjutnya dari mandi menggunakan air dingin adalah untuk membuat temperatur tubuh Anda stabil. Seringkali seseorang merasakan kepanasan yang terlalu berlebihan ataupun sebaliknya, kedinginan yang terlalu berlebihan. Nah, untuk menyeimbangkan temperatur tubuh tersebut, sebaiknya Anda mandi dengan memakai air dingin. Air dingin yang bisa dibilang alami tersebut akan mengembalikan kestabilan temperatur tubuh Anda. Sehingga menjadi normal alias tidak terlalu kedinginan ataupun terlalu kepanasan.

Membantu Tingkatkan Kesuburan Pada Pria

Mandi air dingin ternyata bisa membantu tingkatkan kesuburan pada pria. Dan fakta ini hanya diketahui oleh beberapa orang saja. Hal itu lantaran air yang dingin ternyata bisa memproduksi hormon yang lebih banyak dibandingkan dengan air yang hangat. Terlebih air panas. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin memiliki anak segera, usahakan selalu mandi dengan air dingin supaya hormon Anda menjadi normal dan kesuburan Anda menjadi meningkat. Dan penting untuk diketahui bahwa mandi menggunakan air panas memang kurang baik untuk testis lelaki karena bisa menurunkan kadar sperma pada tubuh.

Membantu Meningkatkan Energi

Selain itu, mandi menggunakan air dingin juga bisa meningkatkan kapasitas energi dalam tubuh. Hal itu karena air dingin membantu peningkatan sistem metabolisme dalam tubuh dan juga membantu melancarkan bagian sirkulasi darah. Dan sirkulasi darah yang mengalami peningkatan, juga akan membantu meningkatkan kesehatan jantung. Artinya, jantung Anda akan lebih optimal dalam memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Dengan begitu, Anda akan bisa memulai hari-hari dengan segar dan mendapatkan energi lebih untuk beraktifitas.

Mencegah Rambut Rontok

Manfaat mandi air dingin selanjutnya adalah mencegah terjadinya rambut rontok. Ada banyak hal yang menyebabkan rambut menjadi rontok. Di antaranya adalah mandi dengan memakai air panas. Maka solusi mudahnya adalah dengan keramas menggunakan air dingin. Selain itu, kebiasaan keramas dengan menggunakan air panas bisa menyebabkan rambut menjadi kering dan bahkan rusak. Maka supaya sebum pada kulit kepala Anda tidak hilang, usahakan untuk mandi ataupun keramas dengan air yang dingin.

Membantu Kurangi Berat Badan

Siapa yang mengira bahwa air dingin bisa membantu Anda mengurangi berat badan? Ini memang sulit dipercaya, namun demikianlah faktanya. Penelitian telah menunjukkan bahwa mandi air dingin bisa menghasilkan lemak coklat yang ampuh dalam melawan penuaan, obesitas, penyakit jantung dan diabetes. Maka usahakan untuk mandi air dingin secara rutin jika Anda memiliki berat badan yang berlebih.

Membantu Atasi Depresi

Yang tidak kalah penting mengenai manfaat mandi air dingin adalah membantu Anda dalam mengatasi depresi. Namun, dalam hal ini jangan mandi menggunakan air yang terlalu dingin karena justru bisa menyebabkan Anda lebih depresi. Gunakan air dingin sewajarnya saja. Secara perlahan, Anda akan menjadi rileks dan tenang, kemudian depresi menjadi hilang.

Membantu Tingkatkan Sel Darah Putih

Selanjutnya, mandi menggunakan air yang dingin bisa membantu Anda meningkatkan sel darah putih. Hal ini sudah dibuktikan dengan riset yang menunjukkan bahwa seseorang yang mandi menggunakan air dingin selama beberapa kali akan dapat terhindar dari kurangnya sel darah putih dan menjadi lebih sehat.

Itulah uraian mengenai beberapa manfaat mandi air dingin yang bisa dijadikan sebagai tambahan pengetahuan Anda. Dengan membiasakan diri mandi air dingin, Anda juga akan lebih bugar dan sehat. Selain itu, juga akan mendapatkan banyak manfaat lain darinya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply