Beauty & Health

8 Manfaat Lari Sore Untuk Tinggi Badan

Jangan Lupa Share ya

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa olahraga merupakan salah satu aktivitas yang dapat memicu pertumbuhan, terutama pada anak, karena olahraga dapat memicu pengeluaran hormon pertumbuhan. Salah satu olahraga yang diyakini dapat mempengaruhi tinggi badan salah satunya adalah lari. Lantas apakah anggapan bahwa lari dapat meninggikan badan? Walau anggapan tersebut dapat dibenarkan, namun tetap saja lari tidak akan langsung menambah tinggi badan Anda. Hal ini karena tinggi badan seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh lari.

Sedangkan lari dikatakan dapat membuat tubuh tambah tinggi karena dengan lari dapat memicu pengeluaran hormon pertumbuhan yang  berperan dalam penambahan tinggi badan pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Lalu apabila lari dilakukan di sore hari, apa sajakah manfaat lari sore untuk tinggi badan?

Inilah Manfaat Lari Sore untuk Tubuh

  1. Menyehatkan persendian lutut

Otot lutut dan sekitar persendian membutuhkan lumasan oleh cairan kalsium yang tersimpan dalam tulang. Kalsium akan semakin padat dan tulang akan menjadi sehat apabila kaki sering digerakkan serta diimbangi dengan dengan terpaan sinar matahari pagi dan asupan kalsium serta protein pada susu.

  1. Mempercepat proses pembakaran lemak

Cuaca yang panas dan lembab menjadi tubuh cepat untuk berkeringat dan kemudian nantinya akan mendesak enzim pencernaan untuk bekerja lebih cepat dalam menghancurkan lemak dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat lari sore untuk tinggi badan, ada baiknya Anda melakukannya di area yang teduh dan ditumbuhi tanaman besar.

  1. Kesehatan jantung dan metabolisme tubuh tetap stabil

Manfaat lari sore hari juga dapat menstabilkan peredaran darah untuk menuju jantung, juga dapat menguatkan katub jantung, mempertahankan keseimbangan metabolisme tubuh supaya tetap prima serta mampu mempertahankan kekuatan otot serta stamina.

  1. Mampu menurunkan serta mencegah stress

Stres yang berlebihan dapat mengacaukan keseimbangan metabolisme tubuh dan jantung. Dengan melakukan lari di sore hari maka kadar stress akan menurun.

  1. Untuk mengoptimalkan fungsi jantung

Selain mampu mempercepat pembakaran lemak dan pembuangan racun tubuh lewat keringat, lari sore ternyata juga dapat mempercepat penurunan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh dan mampu memasok oksigen lebih banyak kedalam pembuluh darah menuju jantung.

  1. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Karena sel kanker tidak mampu berkembang dan tumbuh pada tubuh yang memiliki sistem metabolisme yang selalu sehat dan daya tahan tubuh yang stabil.

  1. Menjaga konsentrasi

Manfaat olahraga lari sore hari yaitu dapat mengaktifkan semua saraf dan pembuluh yang ada di dalam jaringan  kepala, sehingga dapat menjadikan sel otak sehat secara berkesinambungan. Tentunya apabila sel otak sehat, akan dapat mempermudah rangsangan berupa pesan yang disampaikan tubuh lewat pembuluh darah menuju susunan saraf pusat sehingga otak mampu merespon dengan cepat pesan yang disampaikan.

  1. Dapat menyembuhkan penyakit asma

Jika lari di sore hari dilakukan teratur dengan diimbangi makanan yang sehat dan tidur yang cukup maka asma akan sembuh dengan sendirinya.

Selain itu supaya Anda dapat mendapatkan manfaat lari sore untuk tinggi badan, ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan, yaitu:

  1. Konsisten

Konsistensi merupakan kata kunci dari setiap kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan. Jika konsistensi tidak dapat Anda pegang teguh, maka nantinya akan memberikan manfaat yang tidak signifikan dengan yang Anda inginkan. Dengan demikian, mulailah menyisihkan waktu Anda untuk berolahraga lari dan untuk mendapatkan manfaat lari sore untuk tinggi badan.

  1. Lakukan Gerakan Tambahan

Lakukanlah gerakan tambahan sebelum atau sesudah melakukan lari, seperti melompat. Karena hal ini dipercaya dapat membantu perkembangan otot Anda, sehingga tanpa disadari gerakan ini ternyata dapat menambahkan tinggi badan Anda. Sisihkan tenaga Anda untuk melakukan gerakan tambahan ini sebelum dan setelah melakukan lari. Dan satu hal lagi yang perlu Anda ingat yaitu untuk tidak memaksakan diri jika tubuh Anda sudah merasa tidak sanggup.

  1. Durasi yang Tepat

Waktu menjadi hal yang cukup penting bagi Anda dalam berlari. Tetapkan waktu target dalam lari, contohnya 20 menit setiap kali Anda melakukan lari sore ini. Lakukan hal tersebut dengan konsistensi. Nah, jika Anda telah berhasil mencapai target, maka buatlah target baru dengan menambahkan waktu di setiap lari sore Anda. Sehingga lari sore Anda akan menjadi lebih baik dan efektif dari hari ke hari.

Sekian artikel tentang 8 manfaat lari sore untuk tinggi badan. Semoga bermanfaat dan ingat untuk tetap memperhatikan asupan makanan Anda jika Anda menginginkan badan Anda menjadi bertambah tinggi. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply