Religi

8 Manfaat Istighfar Bagi Kehidupan Sehari-Hari

Jangan Lupa Share ya

Istighfar adalah salah satu dzikir dalam ajaran Islam yang sangat di anjurkan oleh berbagai pendapat untuk semua kalangan. Istighfar sendiri memiliki banyak jenis dan bentuk kalimat. Namun, istighfar paling simpel dan banyak di gunakan untuk dzikir sepanjang hari adalah lafadz astaghfirullah. Sejauh ini, mereka yang dekat dengan Allah, seringkali membawa istighfar untuk menemani keseharian mereka sehingga hidup pun penuh dzikir berupa ampunan.

Berbicara mengenai rutinitas membaca istighfar, sebenarnya ini sangatlah bagus karena memiliki banyak sekali manfaat. Bahkan manfaat istighfar tidak hanya terbatas hingga lingkup keagamaan saja karena hingga menyentuh fikiran dan aktivitas hingga sikap sehari-hari. Karena itulah istighfar banyak di anjurkan dan bahkan ada perintahnya. Nah, jika kali ini Anda sudah penasaran dengan apa saja manfaatnya, untuk mengetahui itu, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Terus Mengingat Allah

Manfaat pertama dari memperbanyak istighfar yang paling menonjol dan selalu di unggulkan tentu saja adalah asat fikiran kita terus mengingat Allah. Dengan banyak-banyak istighfar berarti Anda pun semakin banyak menyebut nama Allah dan terus mengingatnya. Dengan banyak mengingat Allah maka Anda pun juga akan semakin rajin beribadah kepada-Nya.

Takut Berbuat Dosa

Di samping hanya mengingat Allah, ketika Anda menyebut astaghfirullah ha’adzim tent saja hal ini akan mengingatkan Anda pada dosa-dosa yang telah di lakukan selama ini. nah, ketika seseorang telah mengingat dosa-dosanya dengan baik, maka dia pun akan mulai takut untuk berbuat dosa yang sama dan teringat bahwa dia barus saja memohon ampun pada Tuhannya. Oleh karena itu, bagi Anda yang merupakan tipe orang dengan tindakan yang suka tak fikir panjang, lebih baik mulai mempebanyak istighfar saja sehingga tidak mudah berbuat dosa karea takut pada Allah.

Takut Menambah Dosa

Bukan hanya rasa takut akan berbuat dosa yang muncul di fikiran Anda. Tentu saja Anda akan merasa khawatir manambah-nambah dosa padahal dosa yang Anda miliki saat ini sudah terasa sangat banyak. Bukan hanya dosa pada Allah tetapi juga dosa sesama manusia. Padahal dosa sesama manusia ini sangat sulit untuk di atasi. Jadi, jika Anda mulai berhasil menghindarinya, tentu saja akan semakin baik untuk Anda.

Menghindari Sikap Sombong

Sikap sombong merupakan sikap yang sangat tidak baik di mata Allah maupun dimata manusia. Sifat ini sangat penting untuk di hindari setiap orang dari berbagai kalangan termasuk Anda. Nah, jika Anda bingung bagaimana menghindarinya, salah satu manfaat istighfar dalam kehidupan sehari-harinya seseorang adalah terhindar dari sikap sombong loh. Ketika beristighfar maka Anda tentunya merasa lemah karnea dosa-dosa yang di miliki. Oleh karena itulah istighfar sangat efektif untuk menghindarinya.

Mendapat Ampunan Setiap Saat

Satu kalu Anda beristighfar maka dosa Anda pun akan mulai termapuni satu persatu. Nah, jika Anda banyak menyebutnya, tentu saja tak terhitunglah jumlah dosa yang akan di ampuni Allah. Hal ini merupakan salah satu manfaat yang tidak terasa. Namun tidak dapat di pungkiri juga jika tujuan dari istighfar sendiri adalah untuk memohon ampunan.

Mudah Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Menyebut dzikir untuk mohon ampun berkali-kali tentu saja Anda menyadari kekurangan yang selalu berbuat salah sehingga harus minta maaf. Nah, ketika di terapkan dalam kehidupan sehari-hari, dengan kesadaran ini Anda pun akan menjadi pemaaf untuk orang lain dengan mudah. ketika orang lain minta maaf pada Anda, tentu saja Anda akan mulai berfikir bahwa setiap hari saja Anda minta maaf, maka harus bisa memaafkan orang lain.

Fikiran Dan Hati Menjadi Lebih Tenang

Dengan memperbanyak istighfar, maka hati dan fikiran Anda akan menjadi lebih tenang setiap saat. hal ini tentu saja akan mendukung segala aktivitas Anda, mulai dari pekerjaan hingga ibadah. Anda pun lebih mudah menyelesaikan urusan sehari-hari.

Fikiran Semakin Fokus

Jika Anda sudah berhasil mendapatkan ketenangan yang tinggi, kini saatnya Anda merasakan buah hasilnya. Dengan banyak-banyak istighfar, maka akhirnya pun Anda bisa merasakan hidup dengan tingkat kefokusan yang tinggi. Jadi, Anda bisa lebih tanggap menyelesaikan berbagai masalah yang datang.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa manfaat istighfar yang bisa Anda dapatkan dengan memperbanyak dzikir tersebut. Sangat menarik bukan khasiatnya, padahal hanya dengan kata sependek itu. Nah, jika Anda ingin mendapatkan khasiatnya juga, maka latih diri untuk senantiasa membaca istighfar.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply