Culinary

8 Makanan Tradisional Lampung yang Paling Populer

8-Makanan-Tradisional-Lampung-yang-Paling-Populer[1]

Jangan Lupa Share ya

Lampung adalah salah satu kota yang cukup populer di Indonesia. Kota ini disebut-sebut sebagai kota potensial yang berada di pulau Sumatera, Indonesia. Bisa dilihat dalam perkembangan industri skala kecil hingga besar yang bertengger di wilayah Lampung, terutama dalam bidang agrobisnis.

Makanan-Tradisional-Lampung[1]Selain itu, Lampung ternyata juga sering dijadikan sebagai pusat wisata para turis saat liburan. Lampung letaknya dekat dengan laut, dan banyak makanan khas yang patut dicoba jika kamu ke sana!

Simak makanan tradisional Lampung yang paling populer berikut ini. Jika kamu berencana untuk mengunjungi Lampung, jangan lupa untuk mencatatnya, ya!

  • Gulai Taboh

Gulai Taboh adalah salah satu masakan khas Lampung yang cukup dikenal. Sebenarnya tidak begitu jauh beda dengan gulai yang ada di daerah lain, yaitu berbahan dasar santan. Hanya saja, bumbu dan bahan-bahannya dipilih dan dicocokkan dengan lidah orang Lampung. Dan juga, gulai ini tidak memakai daging ayam atau sapi, melainkan menggunakan daging ikan.

  • Gagodoh

Kalau makanan tradisional yang satu ini termasuk makanan manis alias appetizer. Gagodoh atau nama lainnya Gaguduh adalah makanan yang terbuat dari pisang dan cempedak. Bentuknya seperti perkedel, namun rasanya manis. Gagodoh lebih enak dinikmati ketika kala musim hujan, dengan ditemani secangkir teh.

  • Keripik Pisang

Keripik pisang khas Lampung sudah tidak diragukan lagi kenikmatannya. Camilan ini selalu jadi pilihan wisatawan yang berkunjung di kota ini. Lampung terkenal dengan produksi pisangnya, sehingga tidak aneh jika produk keripik pisang adalah makanan yang paling populer di Lampung.

Baca juga: Inilah 7 Makanan Khas Sunda yang Enak dan Terkenal

Baru-baru ini, Lampung menginovasi keripik pisang menjadi banyak varian rasa. Mulai dari keju, coklat, strawberry, dan lainnya. Tertarik? Kamu bisa mengunjungi outlet-outlet-nya yang tersebar di Lampung.

  • Durian Kopi Luwak

Hah? Kopi luwak kok digabung dengan durian? Rasanya gimana tuh? Mungkin banyak dari kamu yang bertanya-tanya seperti itu. Tapi nyatanya, minuman ini ada dan termasuk populer lho! Khususnya di Lampung bagian barat.

Cukup sederhana, kopi luwak yang diseduh panas-panas, kemudian dicampur dengan daging durian. Kemudian diaduk sampai tercampur dan merata. Bagi kamu yang ingin sedikit ‘tantangan’ dengan minuman unik ini, coba saja nikmati sensasinya!

  • Gabing Lampung

Gabing merupakan salah masakan khas Lampung yang mungkin pernah kamu jumpai di daerah lainya. Gabing sendiri berbahan baku yang cukup unik. Makanan satu ini terbuat dari bahan dasar batang kelapa yang masih sangat muda, yang biasa disebut dengan pondoh.

Cara membuat gabing Lampung adalah dengan memotong dasar batang kelapa muda. Batang muda itu selanjutnya dipotong menjadi irisan-irisan tipis memanjang. Setelah itu direbus dengan air yang diberi bumbu khas Lampung. Jadi deh! Kamu bisa menambahkan bahan lainnya seperti daging dan jamur.

  • Kemplang Lampung

Kemplang Lampung adalah makanan khas Lampung yang mempunyai bahan dasar ikan. Cara memasaknya tergolong mudah, yaitu dengan dipanggang. Tidak perlu minyak lho, jadi kamu yang sedang menghindari makanan berminyak, bisa dicoba makanan satu ini! Rasanya gurih dan renyah, cocok untuk menjadi teman camilan kamu.

  • Sambal Asam Kembang

Makanan khas Lampung selanjutnya adalah sambal asam kembang. Makanan ini tidak ada bunganya ya, meskipun namanya kembang. Makanan ini terbuat dari bahan dasar terasi yang ditambah dengan mangga muda atau buah kemang. Sambal ini akan terasa lebih nikmat jika kamu memadukannya dengan goreng-gorengan seperti ikan, ayam dan lainnya.

  • Sambal Tempoyak Udang Lampung

Terakhir, makanan khas dari Lampung adalah sambal tempoyak udang Lampung. Berbeda dengan sambal asam kembang, sambal ini terbuat dari tomat, pete kunyit dan yang utama adalah udang. Rasa dari sambal ini cukup unik dan menggoda lidah kamu, khususnya bagi kamu yang menyukai rasa pedas-asin.

Kamu bisa menikmati sambal tempoyak udang Lampung ini dengan berbagai makanan. Yang umum adalah dengan nasi, ikan dan goreng-gorengan. Kamu juga bisa memadukannya dengan makanan lain yang cocok dengan sambal pada umumnya.

Itu tadi adalah 8 makanan tradisional Lampung yang paling populer. Kamu bisa mencobanya jika kamu berada di Lampung, atau berencana untuk berwisata ke sana. Menjelajahi kota lampung akan menjadi pengalaman yang sangat mengenyangkan apalagi jika kamu merasakan banyak sekali kuliner khas lampung yang begitu istimewa. Nikmati masa wisata kamu di Lampung dengan mencoba setiap makanan khas yang anda temui selama di sana.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply