Culinary

8 Makanan Khas Sumatera Utara Terpopuler

Jangan Lupa Share ya

Bagi Anda yang ingin liburan di Sumatera Utara, Anda juga harus melengkapi liburan Anda dengan mencicipi berbagai makanan khas Sumatera Utara yang bakal buat Anda ketagihan datang lagi-lagi ke Sumatera.  Jadi,  sebaiknya Saat  Anda Berencana untuk datang ke Sumatera Utara baik berlibur atau ada agenda khusus sebaiknya Anda juga memasukkan agenda wisata kuliner untuk melengkapi kedatangan dan wisata Anda di Sumatera Utara.

Nah, buat Anda yang masih pertama kali datang ke Sumatera Utara dan masih belum mengetahui makanan khas sumatera utara apa saja yang tak hanya enak tapi juga unik. Untuk mengetahui tentang list makanan tersebut, Anda bisa bertanya pada orang asli Sumatera Utara atau tanya pada tour guide yang telah Anda sewa. Namun, jika Anda masih kesusahan, berikut saya akan memberikan beberapa info tentang makanan khas sumatera Utara yang recommended untuk And coba.

Daftar Makanan Khas Sumatera Utara

Nah,  buat Anda yang berencana untuk datang ke Sumatera Utara dan bingung untuk mencari makanan khas sumatera Utara yang enak dan unik berikut saya akan menguraikannya untuk Anda.

  1. Kue Ombus-ombus

Makanan atau jajanan khas Batak yang berasal dari Siborongborong, Tapanuli Utara. Kue ombus-ombus ini terbuat dari tepung beras yang diberi gula di tengahnya kemudian dibungkus dengan daun pisang. Nama Ombusombus itu sendiri konon ceritanya, harus memberi tiupan ketika memakannya.  Selain itu  kue ini enak dimakan di saat masih hangat. Dan sangat nikmat jika dinikmati dengan teh atau kopi.

  1. Itak Gurgur

Makanan tradisional khas Batak yang satu ini tidak absen saat acara adat Batak tertentu. Itak gurgur dibuat dari bahan yang sama dengan lampet. Yakni dari bahan beras yang telah dihaluska Dengan metode yang masih tradisional. Tepung beras ini disebut dengan itak.  Rasa yang dihasilkan juga hampir sama dengan lampet, yaitu manis dan gurih.

Namun dalam pembuatan itak gurgur, sangat  jauh berbeda dengan cara membuat lampet. Itak gurgur dibuat dengan cara mengadun itak, kelapa muda yang telah diparut, gula pasir, dan sedikit air panas. Setelah semua tercampur rata, adonan tersebut dicetak secara manual dengan tangan sendiri.

  1. Saksang

saksang Merupakan masakan khas dari tanah Batak yang terbuat dari daging babi atau daging anjing yang dicincang dan dimasak dengan menggunakan darah dan juga santan. Rempah-rempah yang dicampurkan seperti Jeruk purut dan daun salam, merah, bawang putih, cabai, merica, serai, jahe, lengkuas, kunyit, ketumbar, bawang dan andaliman. Saksang sendiri menjadi makanan wajib saat pernikahan adat Batak

  1. Dengke Masna Niura

Makanan ini dikenal juga istilah ikan Mas Na Niura. Makanan ini merupakan makanan tradisional  khas Batak yang berasal dari Tapanuli. Dulu,  masakan na niura dikhususkan untuk raja saja, namun karena rasanya yang enak dan cocok di lidah masyarakat Sumatera Utara sehingga semua orang ingin menikmatinya dan tidak lagi jadi makanan khusus.

Sedangkan Ikan Mas Na Niura ini merupakan Lauk Pendamping,  yang cara  membuatnya tidak dimasak, direbus, digoreng terlebih dulu. Karena na niura dalam bahasa Batak artinya ikan yang tidak dimasak atau ikan mentah. Ikan mentah tersebut disajikan dengan bumbu yang lengkap. Dan itulah Rahasia yang membuat ikan tersebut lebih enak tanpa dimasak, bumbu-bumbu itulah yang memasak ikan mas tersebut

  1. Mie Gomak

Makanan ini Merupakan makanan  khas dari daerah  Batak Toba. Termasuk semua daerah Batak Toba, dan juga menjadi masakan khas di Sibolga dan Tapanuli.

Mie ini Juga sering disebut Spageti Batak karena Mienya yang mirip dengan spageti dari Itali. Mienya bentuknya mirip sekali dengan lidi. Cara penyajiannya yakni Mie yang sudah direbus terpisah dengan kuah dan sambalnya. Penyajian yang unik,  karena berbeda dengan mie ayam atau mie goreng pada umumnya.

  1. Dalini Horbo

Atau Bagot ni horbo adalah air susu kerbau yang diolah secara tradisional. Dalino horbun Sendiri merupakan makanan khas Batak dari daerah Tapanuli. Sebenarnya, tradisi mengolah susu kerbau menjadi dali ini sebenarnya telah dimulai sejak leluhur orang batak. Pada setiap rumah makan khas batak, Menu khas yang satu ini menjadi menu utama. Jika Anda ingin mendapatkan Dali, Anda bisa datang ke onan, karena biasanya di setiap onan (pasar) di daerah Tapanuli, dali menjadi komoditas dagangan.

  1. Sasagun

Makanan tradisional khas dari Sumatera Utara yang satu ini merupakan Makanan yang dibuat dari tepung beras yang digongseng dengan kelapa dan dicampur dengan gula merah atau aren. Jika Anda ingin rasa yang lebih bervariasi bisa dicampur dengan nanas atau durian, kacang atau sesuai dengan selera. Pada zaman dulu,  makanan ini selalu  berikan oleh orang tua kepada anak-anaknya yang akan pergi merantau, Selain itu juga kepada mereka para anak-anak yang akan pulang ke perantauan.

  1. Kacang sihobuk

Makanan khas batak ini berasal dari Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara. Dan termasuk Cemilan yang dicari oleh banyak Wisatawan.

Nama Sihobuk adalah nama merk dagang yang diambil dari nama desa Sihobuk. Kemudian nama daerah ini dikembangkan menjadi merk. Sebenarnya  tidak terlalu berbeda dengan kacang lain, namun kacang tersebut telah dipilih Kacang-kacang terbaik untuk dijual. Istimewanya Kacang sihobuk ini juga telah menjadi oleh-oleh terkenal, bahkan sampai ke luar negeri.

Kacang sihobuk tersebut merupakan kacang tanpa Kulit yang dimasak di kuali besar yang telah diisi dengan pasir. Kacang dan pasir ini diaduk atau digongseng supaya kacang masak, dan garing secara merata Itulah beberapa makanan khas Sumatera Utara yang wajib Anda coba saat berkunjung ke sana. Semoga beberapa list makanan khas di atas bisa menambah referensi makanan khas Sumatera Utara yang bisa Anda coba. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply