Culinary

8 Makanan Khas Aceh Besar yang Wajib Dicoba

Jangan Lupa Share ya

Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat terkenal dengan aneka macam kuliner yang ada. salah satu daerah yang sangat terkenal dengan kuliner khas nya ialah Nanggroe Aceh Darussalam yang saat ini sudah berganti nama menjadi provinsi Aceh. Beragam kuliner yang menggunakan bumbu khas sehingga cita rasa yang dihasilkan berasal dari rempah-rempah yang kuat sehingga banyak sekali wisatawan yang tertarik untuk mencicipi makanan khas dari provinsi Aceh.

Meskipun pernah menjadi salah satu daerah yang terkena tsunami parah, namun pada saat ini provinsi Aceh menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Ketika kamu berkunjung ke Aceh Maka jangan sampai melewatkan 8 makanan khas Aceh besar yang cocok dengan lidahmu:

Mie Aceh

Tentunya kamu pernah mendengar olahan makanan mie Aceh bukan? Tak bisa dipungkiri jika kuliner mie Aceh adalah makanan yang sangat terkenal di tengah wisatawan. Mie Aceh sendiri dapat dihasilkan dengan cara direbus, ditumis, maupun digoreng. Selain itu kamu juga dapat memakan mie aceh dengan rasa yang sangat pedas. Apalagi dengan dipenuhi bumbu rempah yang harus menjadikan mie aceh ini kuliner yang sangat disukai para pelancong.

Baca Juga: 4 RESEP MIE ACEH YANG BISA DITIRU DENGAN MUDAH

Timphan

Untuk yang selanjutnya adalah timphan di mana makanan ini adalah kue yang sangat terkenal. Kuliner timphan sendiri adalah jajanan kue tradisional yang memakai bahan dasar tepung ketan. Karena mempunyai rasa yang manis maka timphan ini pun menjadi salah satu kuliner yang cukup digemari terlebih lagi dengan menggunakan adonan yang terbuat dari ubi serta labu yang berisikan kelapa parut yang dimasak dengan menggunakan gula merah maka tidak ada yang menandingi rasa dari kue timphan tersebut.

Sate Matang

Selanjutnya ada sate matang yang tepatnya berada di kawasan Matang, Bireuen. Sate matang sendiri memang sangat mirip dengan sate sate yang lain namun yang membedakan dari saat ini ialah menggunakan daging kambing dan juga sapi yang dipotong kecil. Sebelum dibakar daging tersebut diungkap terlebih dahulu dengan menggunakan bumbu khas dan juga rempah.

Lalu sesudah bumbu tersebut dimasukkan ke dalam daging barulah tersebut dibakar. Selanjutnya sate matang ini sendiri juga disajikan dengan cara menggunakan kuah soto yang tentunya beda dengan sate lain.

Kopi Aceh

Berikutnya adalah kopi aceh di mana kopi aceh ini merupakan kopi yang sangat terkenal sampai ke seluruh daerah di Indonesia, apalagi jika kamu adalah salah satu pencipta kopi maka kamu pun tidak akan asing dengan kopi aceh.

Ayam Tangkap

Sesuai dengan nama dari gelar tersebut makanan ini memang dibuat memakai ayam menjadi bahan utamanya, di mana ayam akan dimasak dengan cara digoreng seperti halnya menggoreng ayam pada umumnya. Yang menjadikan ayam ini spesial ialah ayam tangkap ini diolah dengan campuran daun kari dan ayam goreng nantinya akan dipotong secara kecil dan diletakkan pada bagian bawah daun kari tersebut. Kemudian akan ditambahkan taburan bawang goreng dan cepat cabe hijau di atas ayam.

Martabak Aceh

Martabak Aceh menjadi makanan khas Aceh besar yang harus kamu coba di mana martabak aja ini memang berbeda dengan martabak lain di beberapa daerah. Hal ini dikarenakan bahan dasar pada pembuatan martabak Aceh sendiri memakai bahan dasar roti cane. Sedangkan untuk isi dari martabak menggunakan bumbu yang khas dari daerah Aceh sehingga cita rasanya sangat lezat dan unik.

Meuseukat

Meuseukat ini adalah kuliner tradisional di mana ialah dodol khas dari Aceh yang memiliki cita rasa nanas yang sangat kuat. Akan tetapi, zaman sekarang kuliner meuseukat sangat susah untuk didapatkan bahkan kue ini akan muncul di sebuah acara tertentu sehingga Jika kamu ingin merasakannya maka perlu memesannya terdahulu.

Kuah Beulangong

Kuah beulangong sendiri memang kerap dijumpai pada saat acara tradisional. kuliner ini menggunakan bahan dasar daging kambing yang telah dilengkapi dengan pisang kepok nangka muda dan berbagai macam tumbuhan sehingga menjadikan kita rasa yang khas dengan daging yang empuk.

Itulah sekilas info yang butuh diberikan kepada kamu mengenai makanan khas Aceh besar. Semoga ulasan di atas bisa menjadi referensi ketika kamu akan berlibur ke kota Aceh besar. Semoga penjelasan diatas bermanfaat.

Jangan Lupa Share ya

Jihan Ariya

Halo Guys Salam Kenal, Semoga Sehat dan Sukses Selalu .. Aamiin 🙂 Follow me @Linkedin dan Sekarang lagi berkecimpung dengan blog pribadi reomit.com
Jihan Ariya

Latest posts by Jihan Ariya (see all)

Leave a Reply