Culinary

8 Kuliner Pekanbaru Yang Bikin Kangen

Bukan menjadi rahasia umum jika di Indonesia memiliki banyak kuliner yang bahkan di beberapa daerah terdapat kuliner khas yang di beberapa daerah lainnya tidak ada. Karena semua daerah di Indonesia memiliki ciri khas kuliner inilah yang menjadikan Indonesia memiliki makanan yang banyak sehingga lidah orang Indonesia tak akan bosan.

Jadi, tidak salah jika setiap tahunnya akan selalu datang para pelancong yang tak hanya sekedar liburan namun juga ingin menikmati kuliner. Seperti halnya kuliner Pekanbaru yang memang sangat banyak sehingga membuat kangen anak perantauan. Apa saja sih kulinernya? Simak ulasan berikut ini…

Martabak purnama

Apakah Anda termasuk orang yang menyukai martabak? Kuliner yang satu ini memang menjadi jajanan yang paling terkenal di kalangan anak muda. Martabak purnama ini menjadi kuliner yang bikin kangen dari Pekanbaru dimana martabak ini memiliki banyak varian dan Anda bisa memilih sesuai keinginan.

Martabak sendiri terbagi menjadi 2 yakni martabak manis dan asin namun dari masing-masing jenis ini terdapat banyak varian dari toping dan juga ukuran sehingga menjadikan setiap varian martabak manis dan asing tidak memiliki harga yang sama. Untuk Anda yang penasaran, datang saja ke JL. Sudirman yang bua dari jam 6 sore hingga 12 malam.

Es cendol Pak Jenggot

Pastinya Anda semua sudah tidak asing dengan es cendol yang merupakan es kebanggaan masyarakat Indonesia. Es cendol ini berlokasi di JL. Prof. M. Yasmin yang sudah sangat terkenal di Pekanbaru. Es cendol ini menggunakan gula enaunya yang sangat kental sehingga mirip caramel. Es cendol ini sudah ada sejak tahun 1984 dan menjadi kuliner yang cukup di rekomendasikan.

Kerupuk jengkol Bu Yusnimar

Kuliner Pekanbaru yang selanjutnya adalah kerupuk jengkol. Untuk beberapa orang yang merupakan pecinta kerupuk ini akan merasa ketagihan. Kerupuk jengkol ini dijual di lokasi JL. Sam Ratulani yang di sepanjang jalan tersebut akan terlihat banyak lapak- lapak yang menjual kerupuk jengkol tersebut dan salah satunya adalah lapak Bu Yusnimar. Umumnya kerupuk jengkol ini akan di jual pada malam hari.

Pukis padusari

Pukis itu merupakan menu kuliner yang banyak di jumpai di berbagai daerah dan sala satunya adalah Pekanbaru. Camilan yang satu ini termasuk kuliner street food yang sudah ada sejak tahun 1982. Pukis padusari adalah pukis yang dijual di lokasi JL. Sudirman yang dekat dengan mall Pekanbaru. Untuk masalah harga memang cukup variatif dan terdapat beberapa rasa yang bisa disesuaikan dengan lidah Anda.

Putu bambu

Pastinya Anda sudah mengenal kuliner putu bukan apalagi putu bambu. Putu bamboo ini adalah kuliner tradisional yang tak mudah untuk di jumpai seperti dulu. Walaupun masih ada yang menjualnya namun sudah sangat jarang sekali. Nah, di Pekanbaru ini terdapat putu bamboo yang berada di JL. Melur hingga ke JL. Cempaka, Sukajadi kota Pekanbaru. Yang berbeda dari putu yang lain adalah putu bambu di sini tidak berwarna hijau melainkan warna putih. Untuk harganya juga sangat terjangkau.

Cakwe M. Yamin

Selanjutnya adalah kuliner cekwe M. Yamin yang berada di JL. Ahmad Yani yang mana memang merupakan kuliner murah dari yang manis maupun yang asin. Untuk yang asing memiliki bentuk panjang dan untuk yang manis memiliki bentuk bulat. Untuk Anda yang ingin mencoba kuliner ini bisa datang jam 2 siang sampai jam 5 sore.

Pisang cokelat panam

Untuk berikutnya adalah kuliner pisang cokelas panam yang memang sangat terkenal dengan kelezatannya. Salah satu penjual legendaris adalah dengan gerobak kuning yang memiliki tulisan pisang cokelat keju-Wen Star Banana. Kuliner ini memiliki banyak varian dengan topping yang bisa Anda pilih sesuai keinginan. Untuk jam bukanya adalah jam 6 sore hingga jam 12 malam.

Jagung bakar

Kuliner yang terkenal berikutnya adalah jagung bakar, walaupun kita bisa membuat sendiri namun kuliner yang ada di Pekanbaru ini memang memiliki cita rasa yang khas sekali. Jagung bakar yang satu ini bertempatkan di bawah jembatan Leigton. Nama penjualan jagung bakar fenomenal ini adalah Brosis yang juga berjajar dengan lapak- lapak lainnya. Brosis ini sudah ada sejak lama yakni sekitar 30 tahun yang lalu. Harganya juga sangat terjangkau.

Itulah informasi mengenai kuliner Pekanbaru yang bikin kangen untuk Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply