Babies /Kids

8 Cara Menurunkan Berat Badan Anak yang Gemuk

Jangan Lupa Share ya

Bagi Anda para orang tua yang memiliki anak dengan kelebihan berat badan, mungkin akan mengalami kebingungan untuk mencari cara menurunkan berat badan anak yang gemuk. Belum lagi apabila anak Anda memang sebenarnya sedang membutuhkan banyak asupan makan. Sedangkan di sisi lain kelebihan berat badan pada anak juga tidak baik untuk kesehatan anak Anda. Lalu, adakah cara menurunkan berat badan anak yang gemuk dan tentunya aman? Berikut penjelasannya.

Salah satu cara menurunkan berat badan anak yang gemuk adalah dengan diet. Namun, diet untuk anak tentunya berbeda dengan diet untuk orang dewasa. Dimana anak masih mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan yang tentunya sangat membutuhkan berbagai macam nutrisi dalam jumlah yang tinggi. Sehingga apabila Anda memberlakukan diet atau membatasi asupan makanan pada anak Anda, tentunya anak Anda dapat mengalami kekurangan nutrisi. Akibatnya, diet yang Anda lakukan untuk anak justru dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangannya.

Lalu apabila diet tidak baik bagi anak, lantas bagaimanakah cara menurunkan berat badan anak yang gemuk tetapi kesehatan anak tetap terjaga? Anda dapat menurunkan berat badan anak Anda secara perlahan. Tentunya tidak dalam waktu yang singkat dan dalam  jumlah yang besar. Caranya pun bukan dengan membatasi asupan makan anak, melainkan dengan menerapkan pola makan sehat dengan diet seimbang serta olahraga secara teratur. Dengan cara ini, nantinya berat badan anak Anda dapat turun dan kesehatan anak Anda pun tetap terjaga.

Ini Dia Cara Menurunkan Berat Badan Anak yang Gemuk

  1. Makan makanan dengan diet seimbang

Dalam melakukan diet, Anda tetap harus memberikan anak berbagai makanan dengan menu yang seimbang yang terdiri dari:

  1. Sayuran dan buah-buahan
  2. Susu
  3. Daging, ikan, kacang-kacangan, dan makanan lain yang mengandung sumber protein tinggi
  4. Sumber karbohidrat, seperti nasi merah, gandum atau makanan dari gandum utuh (seperti roti gandum dan sereal)

Perlu Anda ketahui pula bahwa anak-anak membutuhkan setidaknya 5 porsi sayuran dan buah-buahan setiap harinya. Hal ini dilakukan guna mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang sangat diperlukan bagi anak. Selain itu juga untuk mencukupi kebutuhan serat anak supaya terhindar dari konstipasi. Makanan yang mengandung protein pun diperlukan anak untuk membangun sel-sel dalam tubuh. Sedangkan, makanan yang mengandung karbohidrat diperlukan sebagai sumber energi.

  1. Merubah kebiasaan anak secara perlahan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan anak Anda, janganlah coba-coba untuk merombak kebiasaan dietnya secara langsung. Hal ini dikarenakan dapat membuat anak kaget dan menjadi kesulitan.

  1. Membatasi asupan gula tambahan

Yaitu dengan membiasakan anak untuk meminum air putih atau susu rendah lemak ataupun bebas lemak.

  1. Pastikan Anda tidak melewatkan waktu makan anak Anda

Terutama adalah waktu sarapan. Lakukanlah sarapan sehat dengan sumber karbohidrat dan protein baik pada anak Anda, karena sarapan yang sehat dapat membuat anak menjadi merasa kenyang, sehingga nantinya anak Anda tidak makan berlebihan di lain waktu. Bawakan anak bekal untuk dimakan di sekolah sebagai makan siangnya. Dengan begitu Anda pun masih tetap dapat mengawasi apa yang anak Anda makan.

  1. Batasi anak untuk makan di restoran

Jangan terlalu sering mengajak anak Anda untuk makan di restoran, tapi biasakan anak Anda untuk selalu makan di rumah bersama dengan keluarga. Sebab menurut penelitian, anak yang sering melakukan makan bersama keluarganya cenderung memiliki kemungkinan 20% lebih kecil untuk makan makanan yang tidak sehat sehingga memiliki kemungkinan 12% lebih kecil untuk menjadi gemuk.

  1. Mengawasi porsi anak makan

Jangan bosan-bosan untuk mengingatkan anak Anda untuk tidak memakan berlebihan. Menggunakan piring ukuran kecil dapat membantu Anda dalam membatasi porsi makan anak.

  1. Mengajak anak untuk olahraga secara teratur

Sebenarnya, anak-anak dapat lebih mudah membakar kalori dengan berbagai macam kegiatan. Ditambah lagi biasanya anak-anak menyukai berbagai aktivitas dan permainan. Pilihlah berbagai macam kegiatan yang sekiranya anak Anda sukai, seperti bermain sepeda, sepak bola, menari, dan sebagainya.

  1. Jangan biarkan anak menonton TV dalam durasi yang lama

Hal ini dapat membuat anak menjadi malas untuk bergerak. Sehingga membuat anak lebih mungkin untuk mengalami kenaikan berat badan. Para ahli juga menyarankan supaya anak menonton tv tidak lebih dari dua jam dan sebaiknya tidak menaruh tv di kamar tidur anak. Karena meletakkan tv di kamar tidur anak dapat memengaruhi waktu tidur anak, yang dapat mempengaruhi berat badan anak.

Demikian artikel mengenai cara menurunkan berat badan anak yang gemuk, ingatlah untuk tetap memperhatikan kesehatan anak Anda dan selamat mencoba. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply