Beauty & Health

8 Cara Menghilangkan Keputihan dengan Tanaman Herbal

Jangan Lupa Share ya

Tanaman merupakan makhluk hidup ciptaan Tuhan yang memberikan banyak manfaat bagi manusia, salah satunya adalah sebagai obat. Tanaman yang digunakan sebagai obat biasanya dikenal dengan nama tanaman herbal atau tanaman obat. Ada berbagai jenis tanaman yang bisa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan suatu penyakit. Dan juga berbagai macam cara untuk mengolahnya. Salah satu penyakit atau gangguan yang dapat disembuhkan dengan tanaman herbal adalah keputihan.

Keputihan adalah masalah klasik bagi seorang wanita dan banyak wanita yang menyepelekan masalah keputihan. Padahal apabila tidak segera ditangani, keputihan akan berakibat fatal. Seperti dapat menyebabkan kehamilan di luar rahim, kemandulan, bahkan sebagai gejala awal kanker rahim. Memang sangat mengerikan dampaknya dan harus segera ditangani.

Keputihan ada dua jenis yaitu keputihan normal atau fisiologis dan juga keputihan abnormal atau patologis. Keputihan normal biasanya terjadi pada masa subur wanita dan tidak berbahaya bagi kesehatan wanita dan ibu hamil. Keputihan ini juga tidak menimbulkan bau tidak sedap dan gatal-gatal. Sebaliknya, keputihan patologis menimbulkan gatal-gatal dan bau tak sedap yang disebabkan oleh adanya virus maupun bakteri dan jamur. Keputihan jenis inilah yang harus segera ditangani. Berikut ini adalah 8 cara menghilangkan keputihan dengan tanaman herbal.

Cara Menghilangkan Keputihan Secara Natural

Kunyit


Kunyit adalah salah satu tanaman yang termasuk dalam tanaman obat keluarga atau TOGA. karena termasuk tanaman obat, maka kunyit sangat bermanfaat sebagai obat untuk berbagai penyakit, salah satu penyakit yang bisa diatasi dengan kunyit adalah penyakit keputihan. Kunyit dapat mengatasi keputihan dengan adanya kandungan zat anti bakteri pada kunyit, sehingga dapat menghilangkan keputihan pada miss V. Caranya Anda bisa mengonsumsi air perasan kunyit yang dicampur dengan 1 sendok makan madu.

Biji Fenugreek


Biji fenugreek adalah biji-bijian yang berasal dari tanaman dengan nama yang sama yaitu tanaman fenugreek. Mungkin tanaman ini terdengar asing di telinga Anda, dan biasa disebut dengan klabet. Dengan teratur mengonsumsinya maka keputihan Anda akan segera teratasi. Karena biji fenugreek dapat meningkatkan jumlah kadar pH pada miss V. Caranya, adalah dengan mengonsumsi air rendaman biji fenugreek yang telah direndam air hangat selama satu malam penuh.

Bawang Putih


Bawang putih adalah salah satu bahan rempah yang digunakan untuk memasak. Akan tetapi, selain dapat digunakan untuk menambah cita rasa masakan, bawang putih juga dapat digunakan sebagai bahan untuk mengatasi keputihan pada wanita. Hal ini karena bawang putih mengandung zat-zat yang bersifat anti bakteri dan anti jamur yang dapat menghambat masuknya bakteri pada area kewanitaan. Caranya sangat mudah, yaitu hanya dengan mengonsumsi bawang putih secara teratur.

Daun Sirih


Daun sirih memang memiliki banyak manfaat untuk area kewanitaan. Buktinya, banyak produk pembersih area kewanitaan yang menggunakan daun sirih sebagai bahan dasarnya. Hal ini karena adanya kandungan antibakteri dan antijamur pada daun sirih. Untuk caranya sangat mudah, yaitu hanya dengan rutin mengonsumsi air rebusan daun sirih secara teratur.

Daun Sambiloto


Daun sambiloto juga merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai obat mengatasi keputihan. Cara penggunaannya sama dengan daun sirih. Yaitu dengan mengonsumsi secara teratur air rebusan daun sambiloto.

Manjakani


Manjakani juga merupakan tanaman herbal yang banyak dimanfaatkan untuk produk area kewanitaan sebagai bahan pembuatnya. Selain sebagai obat yang mengatasi keputihan, manjakani juga memiliki banyak manfaat lain untuk organ reproduksi wanita. Seperti gatal-gatal, becek, dan kering. Selain itu juga sebagai pembersih bakteri dan jamur pada area kewanitaan.

Cuka Apel


Cuka apel memang dikenal bisa mengatasi leukorea, dengan mengembalikan keseimbangan pH alami tubuh. Cuka apel juga mengandung zat yang memiliki sifat asam dan antiseptik yang bisa mengembalikan kualitas asam flora vagina dan mengurangi bau pada vagina. Karena bersifat asam cuka apel juga dapar membasmi mikroorganisme yang tumbuh pada organ reproduksi.

Lidah Buaya


Lidah buaya memang dikenal sebagai tanaman yang memiliki sejuta manfaat dan sangat multifungsi. Seperti dapat mengobati luka bakar, radang sendi, hingga keputihan patologis. Lidah buaya menghasilkan dua zat yang bisa digunakan pengobatan pada gel sel-sel bagian tengah dan bawah lateks. Mengandung berbagai macam zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh, salah satunya adalah antibakteri dan antivirus.

Itulah beberapa informasi mengenai 8 cara menghilangkan keputihan dengan menggunakan tanaman herbal yang aman untuk kesehatan. Semoga bermanfaat. (elevenia)

BACA JUGA! 7 OBAT HERBAL NYERI SENDI LUTUT

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply