Home /Food, Uncategorized

8 Cara Menambah Nafsu Makan dengan Langkah Mudah

Jangan Lupa Share ya

Tidak sedikit orang yang terkadang kehilangan nafsu makan. Namun, hal itu tentu saja tidak dapat dibiarkan. Nafsu makan harus tetap dijaga karena tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi dalam jumlah yang tidak sedikit. Apalagi yang memiliki aktivitas kerja yang padat, kamu tentu harus menjaga nafsu makan. Untuk kamu yang memiliki masalah dengan nafsu makan, kami akan memberikan beberapa cara untuk menambah nafsu makan.

Cara Menambah Nafsu Makan

Apakah kamu salah satu orang yang memiliki masalah dengan nafsu makan? Jangan khawatir, karena pada pembahasan kali ini kami akan menunjukkan beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menambah nafsu makan. Simak uraiannya berikut ini.

  1. Menjadikan waktu makan sebagai waktu berkumpul

Untuk menambah nafsu makan, usahakan untuk selalu mengajak orang lain ketika sedang makan, jangan sampai makan sendirian. Makan bersama teman biasanya akan lebih menyenangkan karena pasti disertai dengan obrolan-obrolan yang membuat mood menjadi baik. Dengan obrolan-obrolan tersebut makanan Kamu tau-tau pasti sudah habis. Jadi usahakan untuk makan bersama orang lain, karena apabila Kamu makan sendirian, Kamu tidak akan menikmati makanan dan bahkan terkadang juga memilih untuk melewatkan waktu makan.

  1. Makan sedikit-sedikit tapi sering

Untuk kamu yang memiliki masalah dengan nafsu makan usahakan untuk makan dalam jumlah yang sedikit namun sering. Hal ini juga dapat membantu Kamu mengurangi jatah untuk ngemil. Dari pada ngemil, lebih baik Kamu makan makanan yang memberikan banyak kalori agar tubuh lebih sehat. Makanan ringan tentu tidak akan memiliki banyak kalori ketimbang Kamu makan. Selain itu, nafsu makan Kamu lama kelamaan juga akan meningkat.

  1. Menyetok makanan favorit

Makanan fovorit juga dapat menambah nafsu makan. Untuk kamu yang bermasalah dengan nafsu makan yang kurang, sebaiknya pastikan di rumah selalu tersedia stok makanan favorit Kamu. Usahakan makanan tersebut juga makanan yang baik untuk tubuh.

  1. Membuat tampilan makanan lebih menarik

Terkadang penampilan makanan juga mempengaruhi nafsu makan, apabila tampilan makan tidak menarik dapat membuat orang tidak memiliki selera makan, namun beda apabila tampilan makanannya terlihat menarik dan menggugah selera. Coba kombinasikan beberapa warna untuk membuat tampilan makanan lebih menarik. Kamu juga dapat menghias makanan semenarik mungkin sekiranya dapat menggoda selera makan orang yang mlihat nya. Apabila tidak tahu cara menghias makanan, jangan khawatir, karena kamu dapat melihatnya di internet, bagaimana cara menghias makanan agar telihat menarik. Di internet pasti akan kamu temukan banyak sekali varian penyajian makanan yang dapat menggugah selera makan.

  1. Atur minum air di saat makan

Jangan minum air dalam jumlah yang banyak sebelum kamu makan. Juga jangan banyak minum ketika sedang makan. Kedua hal itu akan menjadikan perut kamu kenyang karena terisi banyak air. Hal itu tentu saja akan mengurangi jumlah makanan yang akan masuk ke dalam perut kamu. Kamu dapat minum sesekali di saat makan atau dapat minum setelah selesai makan sekalian.

  1. Olahraga

Menjalankan aktivitas fisik seperti berolahraga akan menambah nafsu makan Anda. Coba pikirkan setelah berolah raga, pasti akan banyak kalori yang terbuang di dalam tubuh, banyaknya kalori yang terbuang itu pasti akan membuat kamu cepat merasa lapar. Selain itu, aktivitas fisik juga dapat merangsang reaksi kimia dalam otak yang akan menyebabkan mood baik, sehingga nafsu makan juga akan meningkat. Jadi usahakan untuk rutin berolahraga, selain dapat menambah nafsu makan, berolahraga juga sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda.

  1. Menggunakan rempah-rempah ketika memasak

Rempah-rempah akan menyebabkan aroma harum pada makanan, aroma harum tersebut akan menambah nafsu makan. Ketika sedang memasak pastikan untuk menambahkan rempah-rempah ke dalam masakan, karena rempah-rempah itulah yang akan memberikan aroma lezat pada masakan Anda. Selain memberikan aroma yang dapat menggugah selera, rempah-rempah juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

  1. Menghindari makanan dengan bau yang tidak kita suka

Bau makanan tentu saja sangat berpengaruh terhadap selera makan seseorang. Apabila kamu tidak menyukai bau makanan tertentu, tentu kamu juga tidak akan mau memakannya. Jadi sebaiknya hindari makanan yang memiliki bau-bau yang tidak kamu sukai, karena hal itu dapat menurunkan nafsu makan kamu.

Itulah beberapa cara menambah nafsu makan yang dapat kamu terapkan. Bagaimana pun juga tubuh tetap membutuhkan suplay gizi yang cukup yang berasal dari makanan. Pastikan kamu dapat tetap menjaga nafsu makan agar tubuh kamu juga tetap sehat.Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya batu bara? Apakah Anda pernah mendengar tentang batu bara? Ya, batu bara merupakan sumber energi yang di Indonesia mudah ditemukan. Bahkan Indonesia masuk ke dalam peringkat ke 4 dari 10 besar negara-negara penghasil batu bara terbaik di dunia.

Kenyataannya, mungkin kita belum pernah melihat langsung wujud fisik dari batu bara. Tempat-tempat yang menyimpan cadangan batu bara di Indonesia yang paling banyak ditemukan di wilayah Kalimantan Selatan dan Sumatera Selatan. Manfaat Batu bara untuk industri dan perusahaan pengolah energi.

Apa itu Batu Bara?

Batubara merupakan sisa dari fosil tanaman yang terbentuk selama 370 juta tahun lamanya. Batu ini tersusun dari beberapa fosil tumbuhan yang telah mati dan terpendam selama ratusan juta tahun. Di dalam tanah, ia bercampur dengan berbagai media tanah seperti tanah gambut dan berbagai lapisan tanah lainnya yang digerakkan oleh lempengan tektonik.

Ketika tumbuhan ini masih hidup, mereka menyerap energi dari sinar matahari melalui proses fotosintesis. Tumbuhan yang mati akan terpendam di dalam tanah, lalu tercampur dengan beberapa unsur hara seperti karbon, oksigen, sulfur, hydrogen. Berbagai zat inilah yang dapat membentuk fosil tumbuhan menjadi batu bara.

Beragam Manfaat Batubara

Batubara menjadi salah satu sumber energi terbaik dan bisa didapatkan dengan sumber yang lebih mudah. Selain itu batubara mempunyai sifat ketersediaan yang panjang dan bisa bertahan dalam waktu yang lama sehingga bisa mendukung berbagai macam proyek industri dan juga perkembangan ekonomi. Berikut ini beberapa manfaat batubara…

Sumber Tenaga Pembangkit Listrik

Batubara merupakan salah satu bahan bakar yang utama pembangkit listrik di berbagai Negara seperti India, China, Jepang, dan Australia, Jerman dan beberapa negara lain.

Batubara yang dijadikan sebagai bahan bakar dikonversikan ke dalam bentuk uap panas sehingga bisa menjadi sumber tenaga pembangkit listrik dengan cara batubara dihancurkan dengan mesin penggiling sehingga berubah menjadi bubuk halus kemudian akan dibakar dalam sebuah mesin.

Uap tersebut akan ditampung kemudian disalurkan ke turbin yang di dalamnya terdapat kumparan magnet. Selanjutnya kumparan magnet tersebut bergerak dengan cepat dan bisa menghasilkan listrik. proses ini akan diulang dua kali sehingga sangat hemat dan bisa menghasilkan tenaga listrik dengan tegangan sekitar 400 ribu Volt.

Industri Produksi Baja

Sebuah industri yang memproduksi baja sudah pasti bergantung sepenuhnya pada ketersediaan batubara. Baja mempunyai fungsi penting dalam kehidupan seperti berbagai macam perlengkapan industri yang terbuat dari baja, produk kesehatan, peralatan pertanian, model transportasi dan berbagai macam produk lain yang terbuat atau membutuhkan baja.

Bahan Bakar Cair

Batubara juga bisa dirubah dalam bentuk bahan bakar cair dan bisa untuk menggantikan bahan bakar minyak. produk batubara cair bisa dimurnikan melalui proses ulang dan dapat menghasilkan bahan bakar minyak dengan kualitas yang jauh lebih baik dari bahan bakar minyak yang didapatkan langsung dari kilang minyak secara langsung. Negara yang sudah menggunakan sistem ini yaitu Afrika. Afrika dapat mengatasi kekurangan sumber minyak dengan memanfaatkan adanya batubara.

Industri Produksi Semen

Batubara menjadi salah satu bahan bakar utama dalam pembuatan semen. Semen termasuk salah satu material yang digunakan untuk pembuatan produk konstruksi seperti rumah, gedung atau produk lain. Semen terbuat dari berbagai campuran seperti oksida besi, kalsium karbonat, oksida aluminum serta silica. Batubara menjadi bahan bakar dalam proses pembuatan semen dari bahan mentah hingga matang. Sumber daya alam satu ini mampu menghasilkan suhu sangat tinggi mencapai 1500 derajat Celcius.

  1. Industri Produk Aluminum

Batubara menjadi bahan bakar untuk pembuatan aluminum. Produk alumunium dihasilkan dari proses oksidasi besi pada pembuatan baja. Batubara juga bisa membantu proses pengolahan oksidasi besi yang bisa menghasilkan panas tinggi.

Olahan besi yang menghasilkan baja akan dipisahkan sesuai dengan kualitas. produk yang tidak mempunyai syarat baja akan diolah kembali menjadi aluminum. Gas dan panas dari batubara dapat memisahkan beberapa produk baja dan bisa mendapatkan produk aluminum yang digunakan untuk berbagai kebutuhan industri seperti pertanian, peralatan dapur, kontruksi dan berbagai industri lain.

  1. Batubara Menghasilkan Produk Gas
  2. Industri Pabrik Kertas
  3. Industri Bahan Kimia
  4. Industri Farmasi
  5. Produksi Bahan Metanol

Demikian ulasan mengenai 10 manfaat batu bara. Sebenarnya masih banyak manfaat batu bara yang belum terungkap. Dengan manfaatnya tersebut, kita sebagai warga Indonesia tentunya bangga karena Indonesia merupakan salah satu penghasil batu bara terbaik. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply