Sports /Hobi /Otomotif

7 Trik Bermain Futsal Agar Tidak Cepat Lelah

Jangan Lupa Share ya

Menjaga ketahanan tubuh sangatlah penting. Bahkan ketika berolahraga sekalipun, menjaga stamina tubuh haruslah diutamakan agar tidak mudah merasa kelelahan. Kelelahan saat bermain futsal sangatlah disayangkan, karena tujuan utama adalah untuk menyehatkan badan dengan mencari keringat, alih – alih harus beristirahat di kursi penonton karena kehabisan tenaga.

Karena tempat bermain futsal lebih kecil dibandingkan dengan tempat bermain sepak bola, seorang pemain futsal dituntut bisa bergerak lebih gesit dalam berlari. Anda harus bisa menguasai tempat dengan baik dan mampu berlari dengan cepat. Mungkin karena hal ini yang membuat pemain merasa mudah lelah dan Stamina jadi menurun. Agar tubuh tetap fit maka yang perlu diperhatikan 7 trik bermain futsal agar tidak cepat lelah.

Langkah – langkah agar tidak mudah lelah

Agar kesehatan dan kebugaran tubuh bisa tetap terjaga, maka Anda harus melakukan 7 trik bermain futsal agar tidak cepat lelah berupa olah raga ringan berikut ini.

  • Lakukanlah lari kecil – kecil

Sebaik nya melakukan lari spint. Hal ini akan melatih otot Anda bisa bergerak secara lincah dan cepat. Hal ini akan membuat otot kaki Anda terbiasa digerakkan dengan cepat. Untuk arena lintasan pilihlah area yang lurus dengan jarak 30 meter. Setelah itu, lakukanlah secara berulang – ulang. Minimal lari dilakukan sebanyak 7 kali berulang dengan jeda sekitar 30 detik saja. Catatlah waktu berlari Anda, hal ini untuk melatih kekonsistenan.

  • Melakukan latihan interval

Latihan ini berguna untuk melatih tubuh bisa menyesuaikan kegiatan fisik yang selalu berubah. Latihan ini berupa intensitas olahraga berat kemudian beralih ke olahraga ringan. Diawali dengan melakukan pemanasan sekitar 15 menit, setelah itu, Anda bisa melakukan lari dengan kecepatan tinggi selama sekitar 3 menit. Kemudian dilanjutkan dengan intensitas lari yang lebih pelan selama 3 menit juga. Lakukan pengulangan hingga tiga kali pengulangan, setelahnya lakukan pendinginan 10 menit.

  • Melakukan olahraga kardio

Olahraga ini berguna untuk memperkuat jantung, dengan memompa pasokan darah ke seluruh tubuh. Olah raga ini harus dilakukan secara rutin. Olahraga kardio ini bisa berupa olahraga yang sangat Anda gemari.

  • Lakukan pola hidup yang sehat

Biasa nya seseorang akan merasa cepat lelah karena gaya hidupnya yang tidak sehat. Misalnya Anda kurang berolahraga, atau mengalami obesitas. Merokok pun juga bisa menyebabkan kondisi mudah lelah.

Untuk memulai menjalani pola hidup yang sehat Anda bisa dengan memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan tubuh, banyak mengonsumsi air mineral, melakukan istirahat yang cukup dan tidak merokok.

  • Melakukan latihat wall sit

Latihan ini bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot paha dan tungkai. Dengan melakukan olahraga ini, Anda bisa tahan berlari lama tanpa merasa kelelahan.

Cara melakukan olah raga ini sangatlah mudah, yaitu dengan berdiri dan punggung lurus bersandar pada dinding. Bukalah kaki selebar pundak, turunkan tubuh Anda sampai posisi lutut tertekuk, seperti Anda sedang duduk di atas kursi. Jarak betis dan kaki minimal 30 centimeter dari dinding.

Angkatlah dan turunkan lah tubuh Anda secara berulang. Setiap seperti posisi duduk tahan selama satu menit. Setelah itu berdirilah dengan tegap. Jika Anda sudah terbiasa melakukan olahraga ini, Anda bisa menambahkan beban di masing – masing tangan.

  • Selalu lakukanlah pemanasan sebelum melakukan futsal

Pemanasan sangatlah penting selain mencegah cidera juga membuat tubuh menjadi lebih siap untuk beraktivitas.

  • Teruslah berlatih agar tubuh senantiasa terbiasa untuk melakukan futsal

Ketika tubuh sudah berada dalam kondisi yang terbiasa maka ketika melakukan aktivitas futsal akan terasa ringan dan menyenangkan.

Cara pemanasan sebelum berolah raga futsal

Berikut ini adalah beberapa tata cara pemanasan yang baik sebelum Anda berolah raga, terutama olah raga futsal.

  1. Mulailah dengan melakukan lari – lari kecil, lari spint sangat disarankan agar jantung bisa terpacu secara teratur.
  2. Lakukan gerakan senam sederhana untuk melemaskan bagian persendian.
  3. Mulai dari kepala diputar, tengok kanan tengok kiri hingga tengok atas dan tengok bawah.
  4. Selanjutnya untuk tangan, bisa dilakukan gerakan menyilang, melipat dan gerakan sederhana lainnya
  5. Dari tangan selanjutnya adalah bagian pinggul agar kemungkinan cedera bisa berkurang, maka memutar pinggul seperti orang menari sangatlah dibutuhkan.
  6. Jika bagian pinggul sudah, lanjutkan lah kebagian betis, dengan gerakan jongkok berdiri secara berulang – ulang.
  7. Selanjutnya adalah kaki, Anda bisa melakukan gerakan ringan berupa melipat, memutar dan menendang. Gunanya adalah agar kaki terasa lemas dan siap untuk digunakan bermain futsal.

Nah, itulah sedikit latihan – latihan yang bisa membuat stamina Anda meningkat dan tidak mudah merasa kelelahan saat bermain futsal berupa 7 trik bermain futsal agar tidak cepat lelah. Olahraga ini seperti halnya pemanasan harus dilakukan secara terus menerus agar manfaat yang ada bisa dirasakan oleh mereka yang mempraktekkannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply