Home & Garden

7 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk

Lavender Zodia

Anda mungkin khawatir membiarkan putra atau putri bermain di area kebun karena banyaknya nyamuk yang berkeliaran. Nyamuk, termasuk juga penyebab demam berdarah memang terkenal suka bersembunyi di tempat yang teduh, lembap, dan rimbun seperti di semak-semak pohon. Untuk mengusir nyamuk di kebun rumah Anda, ada beberapa tanaman hias yang membuat serangga ini enggan mendekat. Berikut diantaranya:

  1. Lavender

Lavender memiliki aroma segar yang berasal dari minyak esensial pada daunnya. Aroma ini dibenci nyamuk sehingga tidak akan mendekati daerah yang ditanami lavender. Selain mampu mengusir nyamuk, lavender juga cocok dijadikan tanaman hias karena bunganya yang berwarna ungu cerah dan juga ketahanannya di daerah yang kering.

  1. Zodia

Zodia merupakan tanaman asli Papua yang termasuk ke dalam Rutaceae atau suku jeruk-jerukan. Seperti halnya lavender, zodia juga memiliki minyak esensial dalam daunnya yang aromanya tidak disukai nyamuk.  Daunnya yang ramping memanjang dan berwarna hijau cerah menjadikan zodia cocok dijadikan tanaman hias pemanis kebun.

  1. Lemon grass

Kita mengenal lemon grass atau serai sebagai bumbu penyedap pada masakan. Ternyata, minyak esensial citronellal yang ditemukan dalam daun serai berfungsi sebagai pengusir nyamuk alami. Tanaman serai ini selain bermanfaat, juga mempunyai bentuk yang unik untuk dijadikan tanaman hias.

  1. Geranium

Bunga geranium atau yang dikenal juga dengan tapak dara merupakan tanaman hias yang paling banyak dipelihara karena mudah dibudidayakan dan memiliki bunga yang berwarna cerah. Daun geranium memiliki aroma seperti serai yang juga sangat dibenci nyamuk. Bunga ini dapat dengan mudah tumbuh di dalam pot dengan sinar matahari yang cukup.

  1. Rosemary

Daun rosemary kering sering digunakan untuk campuran masakan Barat karena aromanya yang khas. Rosemary memiliki bentuk meruncing dengan bunga-bunga kecil berwarna putih yang cocok dijadikan sebagai tanaman hias. Agar rosemary Anda tumbuh maksimal, pastikan tanaman ini mendapat sinar matahari secara langsung.

  1. Marigold

Warnanya yang cerah dan bunganya yang mudah tumbuh dengan lebat membuat marigold sering digunakan sebagai tanaman hias. Orang Indonesia biasa menyebut marigold sebagai bunga tahi kucing karena aromanya yang tidak sedap. Aroma tidak sedap ini ternyata ampuh juga untuk mengusir nyamuk.

  1. Ageratum

Bunga ageratum memiliki warna biru keunguan yang sangat cantik dengan kombinasi merah muda di bagian tengahnya. Anda bisa menjadikannya tanaman hias dengan menanamnya dalam pot dan meletakkannya di teras rumah. Bunga ageratum memiliki kandungan coumarin yang aromanya dibenci nyamuk.

Nah, itu tadi adalah 7 tanaman hias yang berfungsi ganda sebagai pengusir nyamuk. Anda pun tidak perlu khawatir lagi dengan banyaknya nyamuk yang bersarang di kebun rumah, bukan?

Share

Leave a Reply