Culinary, Home /Food

7 Resep Pepes Ikan Untuk Menu Buka Puasa Dan Sahur

Jangan Lupa Share ya

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah karena di bulan ini Allah memuliakan siapa saja orang yang mau menjalankan ibadah puasa. Sejarah dari bulan ramadhan juga sangat bermakna terutama bagi kita umat Islam. Seperti yang kita ketahui di dalam bulan Ramadhan kita umat Islam pasti melaksanakan ibadah puasa sebanyak 30 hari. Tentu saja, bagi orang yang tidak terbiasa menjalankan puasa hal ini akan terasa cukup berat.

Namun jangan khawatir, jangan sampai menjadikan perasaan yang berat tersebut sebagai alasan Anda untuk tidak melaksanakan ibadah puasa, justru dengan ini Anda perlu untuk membiasakan diri dengan selalu belajar menahan hawa nafsu. Nah, untuk itu ada baiknya jika Anda mengisi menu buka dan sahur bersama keluarga dengan menu yang menarik sekiranya menambah semangat Anda untuk berpuasa. Mengenai hal ini, kami akan membagikan sebuah resep yang pas untuk Anda sajikan ketika berbuka ataupun sahur. Menu apakah itu?

Resep Pepes Ikan Sederhana nan Nikmat

Yaps, pepes ikan dengan aneka resep masakan! Ingin tahu apa saja resep yang bermacam tersebut? Berikut kami berikan tips memasaknya!

  1. Pepes Ikan Mas Pedas (Goreng)

Untuk memasak pepes ikan mas pedas ini caranya adalah dengan menyiapkan ikan mas yang berukuran besar secukupnya, 1 buah jeruk nipis untuk penghilang bau amis, 1 sachet santan, air, daun pisang, beberapa daun daunan pelengkap sesuai dengan selera, lengkuas, cabe, bawang merah beserta teman-temannya, kemiri, ketumbar, kunyit, jahe, dan saori.

Setelah semua bahan terkumpul, cuci dengan bersih dan cincang beberapa bahan yang perlu untuk dicincang. Haluskan bumbu yang sudah disediakan, tumis, tambahkan air, bumbu pelengkap, kemudian masukan ikan mas yang sudah di cuci. Tunggu sampai bumbunya merasuk dan angkat. Kemudian bungkus masakan dengan daun pisang, jadilah pepes ikan mas yang lezat!

  1. Bandeng Bumbu Goreng Pepes

Resep selanjutnya adalah bandeng bumbu goreng pepes. Resep nya hampir sama dengan resep ikan mas diatas namun yang membedakan hanyalah ikannya saja. namun yang perlu ditambahkan adalah kacang tanah, penyedap rasa, dan vitcin. Untuk pepes yang satu ini bisa Anda masukan kedalam daun pisang bisa juga tidak sesuai dengan selera Anda dan keluarga.

  1. Pepes Ikan Bumbu Goreng

Pada resep yang satu ini dibutuhkan ikan nila atau ikan buntut kuning secukupnya saja, bumbu yang harus disediakan sama dengan yang disebutkan diatas ditambah dengan sereh yang di geprek. Jadi setelah Anda mencuci ikan pilihan dengan bersih tumislah bumbu yang sudah disiapkan hingga halus kemudian tambahkan pelengkap lainnya, masukan ikan dan aduk sampai masakan merata. Kemudian siapkan daun pisang yang sudah disiapkan dan taruh ikan yang sudah dibalur dengan bumbu kemudian dikukus di sebuah panci. Menu ikan sudah siap untuk dihidangkan.

  1. Ikan Segar Pais Goreng

Untuk menu yang satu ini Anda memerlukan cabai merah dalam jumlah banyak karena ikan segar pais goreng sengaja dimasak dengan bumbu merah. Bumbu yang dipakai tetap sama seperti diatas dan caranya juga hampir sama, namun yang membedakan menu yang satu ini lebih nikmat di santap di piring saja tidak perlu di masukan kedalam daun pisang.

  1. Pepes Pindang Juwi

Dengan cara yang sama pula namun bahan dasar yang berbeda pindang juwi siap untuk di jadikan menu buka puasa maupun sahur. Namun perlu diketahui sebaiknya jika ingin memasak pindang juwi sebagai pepes sebelum memasukan pindang ke dalam daun lebih baik hilangkan dulu semua duri yang menyelinap did aging ikan. Dengan demikian Anda akan lebih mudah melahap nya ketika berbuka ataupun sahur.

  1. Lele Pepes Daun Kemangi

Selain dijadikan menu penyetan, ternyata lele juga sangat lezat dijadikan pepes. Anda tinggal menambahkan beberapa cabai merah dan tomat agar warna pepes lele semakin bergairah. Anda bisa menggunakan daun jati untuk membungkus pepes lele ini. dijamin semua keluarga akan lahap berbuka dan sahur dengan pepes lele ini.

  1. Pepes Ikan Jatul Lezat

Selanjutnya adalah ikan jatul atau ikan sungai yang berbentuk kecil dan gurih. Ketika memasak ikan jatul sebagai pepes Anda perlu menyiapkan kelapa untuk bahan dasar pepesnya. Dengan bantuan bumbu lengkap, tomat, daun jeruk, dan sebagainya sesuai selera. Nikmati sendiri kegurihan dari pepes ikan jatul ini.

Itulah 7 rekomendasi Resep pepes ikan yang cocok untuk buka dan sahur, semoga bermanfaat! (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply