Hobby

7 Permainan Waktu Kecil yang Perlu Dilestarikan

Di zaman sekarang ini permainan tradisional sudah mulai banyak ditinggalkan oleh anak-anak. Padahal permainan-permainan tersebut merupakan kearifan lokal yang dimiliki oleh bangsa kita. Perkembangan teknologi yang semakin pesat ini yang menjadi penyebab tergeser nya permainan tradisional. Anak-anak lebih suka bermain gadget, di gadget bahkan sudah menyediakan berbagai game-game menarik. Bahkan, game online, maupun game offline bisa di download secara gratis di gadget.

Melastarikan Kembali Permainan Tradisional

Permainan tradisional tentu saja memiliki banyak sekali hal yang akan didapatkan oleh anak-anak ketika mereka memainkan, seperti anak dapat bersosialisasi dengan teman sebayanya, bertukar pikiran (pendapat), belajar untuk bekerja sama, dan masih banyak lagi. Selain itu, permainan tradisional juga pastinya menyebabkan aktifitas fisik, oleh karena itu anak-anak secara tidak langsung akan menggerakkan tubuh mereka, sehingga tubuh akan lebih sehat dan tahan terhadap berbagai macam penyakit.

Coba bedakan dengan game online seperti sekarang ini. Seringkali game online dimainkan di laptop atau di hp, sehingga hal tersebut akan menuntut anak untuk dalam posisi duduk yang lebih lama. Duduk lama tentu saja memiliki dampak yang cukup berbahaya terhadap kesehatan tubuh.

Meskipun begitu perkembangan zaman tidak dapat kita hentikan dan kita pungkiri keberadaannya. Perkembangan zaman yang mulai menggeser kearifan lokal yang ada pada bangsa kita. Maka dari itu beberapa orang di Surabaya, Jakarta, dan di daerah lainnya mulai membuat komunitas pelestari permainan tradisional. Kami akan membahasnya permainan waktu kecil yang perlu dilestarikan dalam pembahasan berikut.

Permainan Waktu Kecil

Banyak sekali permainan tradisional yang dimiliki oleh bangsa kita. Nyatanya bangsa sebesar ini tidak dapat membendung aliran modernitas. Teknologi yang semakin maju mau tidak mau berhasil mendorong posisi permainan tradisional anak-anak menjadi game online. Nah guys, apa saja sih permainan waktu kecil yang perlu dilestarikan? Berikut ini beberapa permainan waktu kecil yang perlu dilestarikan.

Egrang atau Kaki Hantu

Egrang merupakan permainan waktu kecil yang perlu dilestarikan. Sekarang ini, apabila diamati hampir sudah tidak pernah ada lagi orang yang bermain permainan ini. Permainan ini cukup baik untuk dimainkan oleh anak-anak, karena dapat membantu anak-anak dalam hal keseimbangan. Egrang secara tidak langsung dapat membantu melatih daya keseimbangan pada anak-anak. Sehingga permainan ini merupakan permainan yang perlu dilestarikan.

Gobak Sodor

Gobak sodor menjadi permainan kedua yang perlu dilestarikan. Permainan ini cukup bagus untuk melatih kemampuan anak dalam bekerjasama dengan orang lain. Sadar tidar sadar, game online yang belakangan ini banyak dimainkan, mengakibatkan anak bersikap individualis. Mereka lebih suka memainkan game sendiri, sehingga tidak tahu bagaimana cara bekerjasama dalam tim yang sesungguhnya.

Congklak atau Dakon

Congklak merupakan salah satu permainan yang harus dilestarikan. Permainan ini dimainkan oleh 2 orang. Cara mainnya, yaitu mengumpulkan biji congklak sebanyak-banyaknya ke lubang congklak miliknya. Permainan ini cukup bagus, karena akan melatih seorang anak terkait kemungkinan atau peluang anak mendapatkan biji dakon yang banyak. Mereka mau tidak mau akan berfikir, bagaimana cara mendapatkan biji dakon yang banyak.

Engkel

Dalam permainan ini, terlebih dahulu seorang anak harus menggambar pola kotak-kotak di tanah. Cara mainnya yaitu dengan mengangkat salah satu kaki dan melakah menggunakan satu kaki lainnya melewati kotak-kotak yang sudah digambar tadi. Langkah kaki tidak boleh mengenai atau melewati batas kotak, apabila melewati mereka kalah. Nah, ini juga permainan yang cukup baik untuk melatih keseimbangan anak-anak.

Kelereng

Permainan ini merupakan salah satu permainan yang cukup terkenal pada masanya. Banyak sekali anak-anak yang bermain kelereng. Sebenarnya bermainan kelereng bisa dimainkan oleh siapa saja, namun kebanyak dimainkan oleh anak laki-laki. Permainan ini bagus untuk melatih anak dalam hal persaingan. Beberapa hal kerja sama dan beberapa hal persaingan. Jadi di dunia ini memang bukan hanya ada kerja sama atau persaingan, tetapi ada keduanya.

Bola Bekel

Merupakan salah satu permainan yang terdiri dari bola kecil dan bekel (bisa juga diganti dengan batu). Bisa dimainkan oleh 2 orang atau lebih. Permainannya cukup mudah, namun dalam permainan ini anak juga akan belajar banyak hal.

Petak Umpet

Apakah Anda cukup familiar dengan permainan yang satu ini? Nah, permainan ini biasanya dilakukan dengan salah satu yang menjaga. Penjaga ini harus menutup matanya dan anak-anak yang lainnya mencari tempat persembunyian yang aman agar tidak mudah ditemukan.

Nah guys, itu dia 7 permainan waktu kecil yang perlu dilestarikan. Selain karena permainan tersebut merupakan kearifan lokal ternyata permainan tersebut juga baik untuk proses tumbuh kembang anak.

Leave a Reply