Hobby

7 Permainan Tradisional yang Harus Kamu Lestarikan

Jangan Lupa Share ya

Permainan tradisional adalah permainan yang biasanya dimainkan oleh anak-anak zaman dulu atau anak-anak pedesaan. Saat ini permainan tradisional sudah sangat jarang ditemukan. Pada masa kini, permainan tradisional sudah mulai tergeserkan dengan teknologi-teknologi yang ada sehingga anak-anak bisa bermain tanpa harus keluar rumah.

Permainan tradisional dimainkan secara beramai-ramai oleh anak-anak. Kebersamaan yang ditimbulkan dengan memainkan permainan ini menyebabkan kita lebih banyak berinteraksi dan bersosialisasi dengan teman sebaya di lingkungan.

Selain itu, dengan memainkan permainan ini berarti kita turut menjaga dan melestarikan budaya tradisional Indonesia sehingga tetap hidup di tengah masyarakat. Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan untuk menjaga agar permainan tradisional tidak punah seiring dengan perkembangan zaman.

Inilah 7 Permainan Tradisional yang Harus Kamu Lestarikan

Layang-layang

Ketika masih kecil, permainan ini biasanya kita mainkan di lapangan atau di petak persawahan. Layang-layang terbuat dari beberapa bahan seperti ketas tipis, bambu, dan benang yang kemudian dirakit. Keseruan dari permainan ini adalah ketika layang-layang yang kita mainkan terbang tinggi.

Bermain layang-layang akan terasa menyenangkan apabila kita bermain dengan banyak orang dan saling beradu layang-layang di udara. Layang-layang yang menang adalah layang-layang yang mampu bertahan dan benangnya tidak putus.

Ketika benang dari layang-layang yang kita mainkan putus, maka semuanya beramai-ramai akan mengejar layang-layang tersebut. Bagi siapapun yang mendapatkan layang-layang yang jatuh tersebut, maka secara otomatis layang-layang itu akan menjadi miliknya.

Gelasing

Permainan gelasing atau yang lebih dikenal dengan gasing adalah salah satu permainan tradisional di Indonesia. Permainan gelasing ini memanfaatkan kayu yang yang dibentuk melingkar dan memiliki tonjolan di bagian atas maupun bawahnya. Pada bagian atas digunakan untuk mengikat tali yang dapat membuat gelasing berputar.

Gelasing yang tidak mudah pecah dan tahan banting biasanya menggunakan kayu pilihan seperti kayu Belian atau Mahoni. Untuk mendapatkan kayu dengan jenis ini, anak-anak di desa biasanya betah berlama-lama di dalam hutan untuk mencari kayu dengan jenis yang terbaik.

Boi-Boian

Alat yang digunakan untuk memainkan permainan tradisional ini sangat gampang ditemukan dalam kehidupan sehari hari. Permainan ini menggunakan genteng yang pecah dan kemudian disusun berundak-undak. Selain itu, bahan lain yang digunakan adalah kertas yang tidak dipakai, kemudian ditumpuk hingga berbentuk bulat.

Permainan ini biasanya dilakukan oleh empat orang atau lebih dan terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok yang pertama memeiliki tugas untuk menyusun genteng sedangkan kelompok yang kedua menghalangi kelpmpok lawan dengan cara melemparkn bola kertas. Permainan ini akan sangat mengundang gelak tawa dan membutuhkan gerak yang gesit untuk menghindari lemparan bola.

Gatrik

Gatrik merupakan salah satu permainan zaman dahulu yang cukup populer di Indonesia. Sebagian besar orang berpendapat bahwa permainan ini berasal dari Jawa Barat yang kemudian penyebarannya menjadi meluas. Alat yang digunakan dalam permainan ini adalah dua buah kayu dengan ukuran yang berlainan. Kayu yang satu sebagai anak berukuran pendek dan biasanya dipukul atau dikait dengan kayu yang lebih panjang.

Dalam permainan ini, orang-orang yang memainkannya akan dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama yang akan memukul kayu dan kelompok yang kedua akan menangkap kayu tersebut. Pada akhir permainan biasanya kelompok yang kalah akan menggendong kelompok yang menang sejauh kayu yang dipukul. Menyenangkan bukan?

Egrang

Permainan ini adalah salah satu permainan tradisional Indonesia yang terbilang unik. bahan yang digunakan untuk bermain egrang adalah bamboo yang berukuran panjang dan pendek. Bambu yang pendek dijadikan sebagai pijakan kaki, dan bambu yang panjang berfungsi sebagai pegangan dan tempat melekatkan bambu yang pendek.

Egrang biasanya dimainkan oleh satu orang ataupun beramai-ramai. Dalam beberapa acara, egrang sering dimainkan untuk pertandingan. Orang yang memenangkan permainan ini adalah orang yang tidak terjatuh dan sampai ke garis finish dengan cepat.

Tarik Tambang

Tarik tambang merupakan permainan tradisional Indonesai yang keseruannya tidak perlu diragukan lagi. Permainan ini mengandalkan kekuatan dan kerjasama tim yang sangat bagus dalam membangun solidaritas sosial. Permainan ini masih sering dijadikan sebagai salah satu perlombaan pada acara Agustusan untuk memperingati kemerdekaan.

Untuk memainkan permainan ini, setiap kelompok akan dibagi dengan jumlah yang sama. Semuanya memegang tali yang sama dan saling berhadapan antar kelompok. Satelah itu, setiap permain akan menarik lawannya sekuat tenaga hingga melewati batas garis yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam permainan ini, tidak jarang ada orang yang terjatuh hingga mengundang gelak tawa siapapun yang menontonnya.

Lompat Tali

Lompat tali merupakan permainan yang sering kita jumpai di berbagai wilayah di Indonesia. Permainan ini biasanya menggunakan karet gelang yang dirajut hingga menjadi satu tali. Lompat tali sangat bagus dilakukan karena dengan memainkannya membuat kita jadi banyak bergerak sehingga berdampak seperti olah raga.

Itulah beberapa permainan tradisional yang harus kamu tahu dan harus kamu lestarikan agar kebudayaan Indonesia tetap terjaga dan tidak punah seiring dengan perkembangan zaman. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply