Babies /Kids

7 Penyebab Berat Badan Janin Kurang dalam Kandungan dan Cara Mengatasinya

Jangan Lupa Share ya

Seorang ibu hamil pasti memiliki kebutuhan gizi dan asupan makanan yang lebih dari ketika tidak hamil. Gizi yang bagus untuk ibu hamil, nyatanya memang akan berpengaruh terhadap kesehatan bayi di dalam kandungannya. Jadi pastikan ketika hamil, Anda mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gizi dan sehat. Pastikan juga makanan tersebut aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Selain karena akan berpengaruh terhadap kesehatan janin di dalam tubuh, makanan yang bergizi juga akan berpengaruh terhadap berat badan janin di dalam kandungan. Ada beberapa kasus bayi di dalam kandungan ibu memiliki berat badan yang kurang. Berat janin di dalam kandungan ibu ternyata dipengaruhi oleh kenaikan berat badan ibu yang sedang mengandungnya. Namun, selain itu ada beberapa penyebab yang membuat berat badan janin kurang di dalam kandungan.

Apa penyebabnya? Dan bagaimana cara mengatasinya? Dalam artikel kali ini kami akan tunjukkan kepada Anda apa saja penyebab berat badan janin kurang dalam kandungan dan cara mengatasinya.

Penyebab Berat Badan Janin Kurang dalam Kandungan

Berat badan janin di dalam kandungan ini cukup penting, karena hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap berat badan bayi ketika ia dilahirkan nantinya. Ketika bayi lahir, setidaknya ia harus memiliki berat badan yang normal, yaitu sekitar 3,300 gram atau 3,3 kilogram. Berat badan bayi dinyatakan kurang apabila ia lahir dengan berat kurang dan 2,800 gram atau 2,8 kilogram.

Bayi yang lahir tidak dengan berat badan yang normal, tentu saja bukan hal tidak perlu dikhawatirkan, karena bayi yang lahir dengan berat badan yang kurang akan lebih mudah terserang infeksi dan lebih sulit untuk mengontrol suhu tubuhnya. Ketika besar nanti, bayi yang terlahir dengan berat badan yang kurang kemungkinan akan memiliki berbagai keluhan penyakit tertentu. Maka dari itu, sebaiknya ibu hamil menjaga dan memperhatikan dengan sungguh-sungguh perkembangan bayinya.

Ada beberapa penyebab berat badan janin kurang dalam kandungan, agar lebih jelasnya, kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa penyebab tersebut. Simak beberapa hal berikut ini!

  1. Selama kehamilan ibu tidak makan dengan cukup
  2. Melakukan diet yang tidak aman ketika hamil
  3. Pola hidup yang tidak sehat dari ibu yang sedang mengandung, seperti minum alkohol, merokok, mengonsumsi obat-obatan yang tidak sesuai dengan resep dokter, atau banyak mengonsumsi makanan-makanan di restoran cepat saji yang mengandung banyak bahan berbahaya untuk ibu hamil.
  4. Hamil bayi kembar, juga menjadi penyebab janin di dalam kandungan terlihat lebih kecil dari ukuran biasanya, namun tentu saja ini normal.
  5. Penyakit jantung yang diderita oleh ibu hamil ternyata juga menjadi penyebab berat badan janin kurang di dalam kandungan, seperti penyakit jantung, paru-paru, anemia, atau lainnya.
  6. Ibu hamil yang terinfeksi dengan beberapa virus atau bakteri juga dapat membuat berat badan janin yang dikandungnya kurang, misal terinfeksi CMV, Sifilis, Rubella, atau Toxoplasmosis.
  7. Tempat tinggal ternyata juga menjadi penyebab berat badan janin kurang juga. Ibu hamil yang tinggal di daerah dataran tinggi atau yang memiliki kadar oksigen lebih rendah, kemungkinan akan membuat berat badan janin yang dikandungan kurang.

Selain beberapa penyebab berat badan janin kurang dalam kandungan, agar Anda dapat mengatasi beberapa masalah tersebut, kami memiliki beberapa cara untuk mengatasi berat janin kurang dalam kandung.

Cara Mengatasi Berat Badan Janin Kurang dalam Kandungan

Mom, jangan khawatir apabila berat badan kurang dalam kandungan, karena setiap masalah pasti akan ada cara untuk mengatasinya juga. Kami akan menunjukkan cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah berat janin kurang dalam kandungan. Berikut beberapa cara untuk mengatasinya.

  1. Makan lebih banyak kalori menjadi salah satu cara mengatasi masalah berat badan pada janin.
  2. Selain makan makanan yang mengandung banyak kalori, ibu hamil juga dapat melakukan cara yang selanjutnya, yaitu makan salad buah dan sayur setelah waktu makan utama.
  3. Hindari untuk makan junk food, karena junk food tentu saja akan memiliki beberapa dampak negatif apabila dikonsumsi oleh ibu hamil, salah satunya, yaitu permasalahan berat badan pada janin yang dikandungnya.
  4. Olahraga ringan juga dapat Anda lakukan. Seperti yang sudah Anda ketahui olahraga tentu saja memiliki dampak yang sangat positif untuk kesehatan tubuh.

Itulah beberapa paparan terkait penyebab berat badan janin dalam kandungan dan cara mengatasinya yang harus Anda ketahui. Sebaiknya jaga dan berikan perhatikan lebih terhadap janin yang berada di dalam kandungan Anda. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply