Culinary

7 Oleh Oleh Khas Palangkaraya Kalimantan Tengah

Oleh-Oleh-Khas-Palangkaraya[1]

Jangan Lupa Share ya

Mempunyai wilayah yang masih banyak didominasi oleh hutan lindung dan juga kawasan konservasi jadi tak heran jika kota Palangkaraya memiliki daya tarik yang cukup kuat untuk disinggahi menjadi tempat tujuan liburan. Pada saat kamu telah memiliki rencana liburan datang saja ke Palangkaraya sebab di sana memiliki banyak oleh-oleh khas Palangkaraya.

Nah, untuk kamu yang kebingungan akan membeli buah tangan asal Palangkaraya yang cocok bagi sanak saudara, untuk itu simaklah ulasan di bawah ini:

Jajanan Keripik Kelakai


7-Oleh-Oleh-Khas-Palangkaraya-Kalimantan-Tengah[1]Memang terdengar tidak lazim di mana tanaman kelakai adalah salah satu tumbuhan yang sering kali dipakai oleh nenek moyang masyarakat dari keturunan Dayak. Tumbuhan kalaki sendiri dipercaya mempunyai khasiat kesehatan yang mampu untuk mengobati masalah darah rendah, diare, bahkan sampai membuat kulit tampak lebih awet muda.

Dan rupanya, tumbuhan kelakai ini menjadi cemilan lezat yang sangat pas jika digunakan menjadi alternatif untuk buah tangan khas kota Palangkaraya.

Jajanan Tahu Bakso Ijo


Oleh-oleh yang sangat disukai dari kota Palangkaraya berikutnya ialah tahu bakso ijo. Walaupun sebetulnya tahu bakso ijo tersebut ialah tempat makan, tapi dikarenakan kelezatan dari menu tahu bakso tersebut sehingga seringkali para wisatawan menjadikan itu menjadi oleh-oleh bagi sama keluarga.

Handmade Dari Kulit Kayu


Oleh-oleh khas Palangkaraya yang berikutnya merupakan cinderamata maupun souvenir yang mana kota Palangkaraya sendiri sangat khas dengan kerajinan kulit kayu. Kamu bisa menemukan kerajinan dimulai dari topi khas bahkan sampai beberapa kerajinan lain yang pastinya memiliki desain yang unik serta otentik.

Dan oleh-oleh ini sangat cocok bagi kamu atau sanak saudara yang memang sangat suka dengan barang yang unik.

Baca juga: 7 Souvenir Khas Lombok yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh

Olahan Rabuk Patin Kandas Sarai


Apabila kamu sudah familiar dengan sebutan abon, namun untuk wilayah Kalimantan sendiri masyarakatnya akan menyebut abon dengan nama rabuk. Abon itu sendiri biasanya akan terbuat dari daging sapi namun hal itu berbeda dengan Rabu patin kandas Sarai dimana produk tersebut terbuat dari bahan dasar daging ikan patin.

Rabuk itu sendiri memiliki banyak varian rasa pedas bahkan sampai extra pedas, sehingga rabuk ini sangat cocok untuk dijadikan buah tangan bagi para sanak keluarga untuk menemani sepiring nasi hangat. Untuk menemukan rabuk ini memang sangat mudah, karena hampir semua toko oleh-oleh menyediakan rabuk patin kandas sarai.

Kuliner Kue Wadai Apam


Ketika kamu tidak menyukai oleh-oleh yang memiliki rasa pedas seperti kuliner sebelumnya maka kamu bisa memilih oleh lain sebagai alternatif. Dan salah satunya ialah kue wadai apam, dimana kue tersebut adalah khas dari Kalimantan tengah. Kue ini memiliki rasa yang sangat manis apalagi dengan tekstur yang lembut sehingga pas menjadi buah tangan bagi keluarga. Walaupun gue ini seringkali disaksikan di beberapa acara perayaan tertentu namun rupanya bagi para wisatawan juga tidak kesulitan untuk menemukan kue wadai apam ini karena juga dijadikan menjadi oleh-oleh khas Palangkaraya.

Kuliner Wadi Ikan


Tak hanya rabuk saja terdapat beberapa olahan ikan yang menjadi oleh-oleh khas kota Palangkaraya yakni wadi patin. Kuliner wajib ini cara masaknya ialah di goreng dan di kukus, namun sebelumnya perlu di fermentasi. Hasil dari fermentasi tersebut menjadikan wadi patin menjadi salah satu kuliner khas dari Palangkaraya dengan cita rasa asin dan juga asam sehingga sangat cocok dijadikan buah tangan.

Untuk masalah harga memang tergolong murah, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli buah tangan.

Kerajinan Tangan Pernak-Pernik Khas Dayak


Yang terakhir adalah pernak-pernik souvenir yang berasal dari Palangkaraya, karena memang souvenir khas dari Palangkaraya sangat mudah ditemukan apalagi pernak-pernik tersebut memiliki desain yang cukup unik dan menarik. kamu dapat menemukan berbagai macam kerajinan dimulai dari dompet, cincin, gantungan kunci, kalung, bahkan sampai yang memiliki ukuran besar seperti tas yang bisa kamu temui di beberapa pusat oleh-oleh kota Palangkaraya.

Kerajinan yang satu ini memang cukup unik di mana memiliki rangkaian pola yang unik dari manik-manik yang khas dari suku Dayak sehingga pernak-pernik ini sangat cocok jika dijadikan kenang-kenangan sehabis berlibur ke kota Palangkaraya.

Demikianlah sekilas info yang bisa diberikan kepada kamu mengenai 7 oleh-oleh khas Palangkaraya yang cocok menjadi buah tangan. Semoga dengan adanya artikel diatas bisa membantu kamu yang ingin berlibur ke kota Palangkaraya bersama dengan sahabat maupun keluarga.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply