Hobby

7 Oleh Oleh Khas Kendari Paling Terfavorit

Oleh-Oleh-Khas-Kendari[1]

Jangan Lupa Share ya

Saat tengah mampir atau bertandang ke Kendari, tentu oleh-oleh menjadi suatu hal yang wajib dibawa pulang. Oleh-oleh sendiri menjadi suatu tanda yang khas bahwa kita baru saja mampir atau datang dari suatu tempat. Kota kendari merupakan ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara yang wilayahnya terbagi ke dalam zona teritorial. Sebagian berada di daratan dengan dikelilingi Teluk Kendari juga satu Pulau ikoniknya Pulau Bungkutoko.

Berkunjung ke Kota Kendari, daerah teluk itu tidak afdal rasanya jika tidak membeli berbagai oleh-oleh khas Kendari. Beberapa oleh-oleh khas Kendari mudah kok dijumpai di berbagai gerai maupun toko pusat oleh-oleh disana. Produk yang banyak dijual beberapa diantaranya memang yang paling di favoritkan dan cukup banyak direkomendasikan. Nah, berikut 7 oleh-oleh khas Kendari yang patut Anda ketahui:

  • Kain Tenun Khas Kendari

7-Oleh-Oleh-Khas-Kendari-Paling-Terfavorit[1]Pilihan pertama  yang khas serta ikonik adalah kain tenun khas Kendari yang cukup populer. Kain tenun khas Kendari pun banyak diminati wisatawan karena menampilkan keindahan motif kain yang beragam. Tidak hanya motifnya, warna kain tenun nya pun bervariatif. Ragam motif dan warna ini mempunyai nilai yang melambangkan berbagai suku-suku yang tersebar di Sulawesi meliputi suku Buton dan Muna.

Membawa kain tenun Khas Kendari sebagai oleh-oleh tentu akan bernilai istimewa. Oleh-oleh khas yang satu ini tentu akan sangat berkesan dan menyimpan kenangan menyenangkan selama berada di Kendari.

  • Kerajinan Perak

Nah, selain kain tenun Kendari, oleh-oleh khas Kendari yang istimewa lainnya adalah kerajinan perak. Sudah tidak awam lagi bahwa Kendari dikenal sebagai salah satu daerah penghasil perak terbaik. Bahkan kerajinan khas berbahan perak ini sudah dikenal baik di luar daerah bahkan mancanegara.

Anda bisa membeli berbagai pernak-pernik semacam bros, anting, gelang, kalung, gantungan kunci dan sebagainya untuk dijadikan oleh-oleh bagi yang tersayang di rumah. Kerajinan perak khas Kendari ini pun dijual dengan harga variatif tergantung ukuran serta kerumitan nya.

  • Pernak-pernik Domestik

Oleh-oleh khas lainnya adalah berupa berbagai pernak-pernik domestik alias dekorasi rumahan. Di Kendari Anda bisa menemukan beragam produk dekorasi rumah yang khas, unik dan menarik. Sehingga cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Dekorasi rumahan yang paling banyak dijumpai adalah dengan tema laut, contohnya miniatur kapal laut, pernak-pernik dari cangkang kerang dan sebagainya.

  • Kacang Mete

Selain produk kerajinan, oleh-oleh berupa makanan juga menjadi yang patut dijajal. Salah satu paling favorit adalah berbagai olahan dari kacang mete. Yang pertama ada kacang mete rasa-rasa, yang umumnya dijual dengan 5 rasa untuk tiap paketnya. 5 rasa kacang mete ini belum termasuk ras yang original. Kacang mete rasa ini diolah khusus dengan berbagai bumbu sehingga memiliki rasa yang khas dan unik.

Selain itu kacang mete juga diolah menjadi produk lain seperti coklat kacang mete dan keripik. Kacang mete dapat dijadikan oleh-oleh khas Kendari karena lebih praktis. Apalagi daya tahannya cukup lama sehingga dapat disimpan dalam kurung waktu sedikit lebih lama.

  • Brownies Mete

Sebagai salah satu daerah penghasil kacang mete terbaik, selain sebagai camilan kering, kacang mete pun oleh masyarakat Kendari diolah juga sebagai brownies. Brownies khas Kendari ini juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh karena cita rasa unik yang ditawarkan. Perpaduan antara kelembutan brownies dengan renyahnya mete nyantol banget di lidah. Istimewanya lagi terdapat topping tambahan, yaitu parutan keju yang semakin menambah nikmat rasanya.

  • Abon Ikan Marlin

Oleh-oleh berikutnya yang sangat sayang dilewatkan adalah oleh-oleh kuliner khas Kendari. Salah satunya adalah Abon khas Kendari dari olahan ikan Marlin. Kota Kendari yang memang berbatasan langsung dengan garis pantai tentu tidak sulit untuk menemukan berbagai makanan dari olahan ikan segar.

Baca juga: 9 Oleh Oleh Khas Makasar Paling Populer

Abon ikan Marlin ini memiliki bermacam varian rasa, mulai dari original, pedas, asam manis hingga balado. Abon khas Kendari yang satu ini pun menawarkan cita rasa gurih yang cocok disantap dengan makanan jenis apapun, terutama dengan nasi hangat.

  • Bagea

Dan yang terakhir ada bagea yang merupakan kue tradisional yang berbahan dasar tepung sagu. Selain di Sulawesi, di Kepulauan Maluku pun Anda dapat menemukan Bagea, karena kedua daerah ini sama-sama daerah penghasil Sagu. Kendati demikian, bagea khas Kendari memiliki cita rasa tersendiri yang unik. Rasanya manis dengan tekstur nya yang cukup keras, cocok untuk menikmati acara ngeteh atau ngopi Anda di sore hari.

Sekian daftar oleh-oleh khas Kendari yang paling favorit dan banyak direkomendasikan, semoga bermanfaat dan selamat berbelanja!

Jangan Lupa Share ya

William

Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.
William

Leave a Reply