Sports /Hobi /Otomotif

7 Olahraga Saat Puasa yang Tak Menyita Banyak Tenaga

Puasa tentu saja bukan alasan untuk bermalas-malasan. Puasa juga bukan halangan untuk kita tidak melakukan olahraga. Bagaimana pun tubuh tetap membutuhkan olahraga.

Tubuh harus tetap digerakkan agar tetap terjaga kesehatan dan kebugaran pada tubuh. Namun, banyak orang yang belum tahu jenis olahraga apa yang tidak menyita banyak tenaga pada saat puasa. Kali ini kami akan menunjukkan beberapa olahraga yang cocok dilakukan pada saat sedang berpuasa.

Olahraga Saat Puasa

Ada beberapa olahraga yang cocok dilakukan pada saat puasa dan tidak menyita banyak tenaga, untuk lebih jelasnya simak paparan berikut…

  1. Joging

Joging atau berlari kecil dapat menjadi pilihan untuk Anda lakukan ketika bulan puasa. Pilihlah waktu pada sore hari, karena di pagi hari Anda harus menyimpan tenaga Anda untuk melakukan aktivitas selanjutnya. Jadi pilihlah waktu di sore hari untuk melakukan olahraga ini. Agar tenaga Anda tidak terkuras lakukan joging di tempat gym di sekitar tempat tinggal atau sekitar kantor Anda, lakukan gym ini di atas treadmil saja.

Selain di tempat gym, Anda juga dapat dapat melakukan jogging di sekitar tempat tinggal Anda, pilihlah jalanan yang dipenuhi dengan pepohonan, karena jalanan yang memiliki pepohonan yang rindang akan menghemat energi yang ada pada tubuh Anda. Olahraga ini sangat cook dilakukan pada saat puasa, karena memiliki banyak sekali manfaatnya, seperti menjaga kesehatan jantung dan paru-paru Anda, menurunkan berat badan, serta membantu Anda membakar lemak menjadi energi.

Namun, apabila joging sudah menjadi kebiasaan Anda sehari-hari, yang harus diperhatikan ketika Anda sedang berpuasa adalah mengurangi waktu jogging Anda. Apabila biasanya Anda joging selama 1 jam, pada saat puasa Anda dapat menguranginya menjadi 30 menit. Hal tersebut untuk menjaga agar tubuh Anda tidak lemas dan tetap bugar. Apabila biasanya Anda juga melakukan joging di pagi hati, sebaiknya ketika puasa pindahkan jam joging Anda di sore hari.

  1. Push up

Olahraga ini juga cocok Anda lakukan ketika sedang berpuasa, karena energi yang dikeluarkan untuk melakukan push up juga tidak begitu banyak. Push up merupakan olahraga yang sangat baik dilakukan untuk melatih otot bisep dan trisep Anda. Selain itu, juga merupakan jenis olahraga yang dapat dilakukan di mana saja. Lakukan sekitar 10 sampai 15 kali kali setiap sesinya. Ada beberapa variasi juga dalam olahraga push up ini.

  1. Zumba dan Aerobik

Biasanya olah raga ini sangat identik dengan perempuan, namun tak sedikit juga laki-laki yang melakukan senam zumba atau aerobik ini. Senam zumba dan aerobik biasanya diiringi dengan berbagai musik agar terkesan lebih fun dan juga santai. Gerakan-gerakannya juga cukup ringan. Namun, meskipun gerakannya cukup ringan senam ini dapat membakar banyak kalori dalam tubuh, yaitu sekitar 350 kalori. Hal tersebut tentu akan menurunkan berat badan Anda. Untuk Anda yang memiliki program penurunan badan dengan olahraga, senam zumba dan aerobik ini dapat menjadi salah satu alternatifnya.

  1. Bersepeda

Sama halnya dengan joging, Anda juga dapat memilih bersepeda sebagai olahraga si saat sedang berpuasa. Usahakan Anda juga bersepeda di tempat gym, yaitu dengan sepeda static, agar energi Anda lebih hemat, karena tidak terpapar oleh matahari langsung. Atau juga bisa bersepeda di sekeliling komplek rumah Anda yang memiliki jalan dengan pohon yang cukup rindang.

  1. Stretching dan Pemanasan Ringan

Di waktu puasa Anda juga dapat berolahraga dengan melakukan streatching, misal sit up, push up, plank, lunges, atau berlari-lari kecil di tempat. Hal tersebut berfungsi untuk mencegah badan menjadi kaku, melancarkan peredaran darah, dan ,melatih otot tubuh Anda.

  1. Yoga

Yoga dapat menjadi pilihan selanjutnya. Yoga tidak hanya dapat membuat tubuh Anda bugar, tetapi juga dapat membuat pikiran Anda tenang dan tetap fokus. Olahraga ini berfungsi untuk membantu produksi hormon, melatih pernafasan agar menambah suplay oksigen dalam tubuh, dan juga membantu mempercepat proses detoksifikasi dalam tubuh. Olahraga ini sangat cocok dilakukan pada saat puasa, karena olahraga ini hanya membutuhkan energi yang sangat minim.

  1. Squat Jump

Olahraga ini merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat membantu membentuk otot Anda. Walaupun jenis olahraga yang terlihat mudah, namun olahraga ini harus dilakukan dengan hati-hati, karena apabila tidak Anda dapat mengalami cidera. Lakukan setidaknya 10 sampai 15 kali pada setiap sesinya.

Itulah beberapa jenis olahraga yang dapat Anda lakukan di saat puasa. Olahraga-olahraga tersebut tentu saja tidak akan menyita banyak energi Anda. Anda akan tetap bugar dan sehat ketika menjalankan puasa. Puasa tentu saja bukan alasan untuk tidak olahraga. (elevenia)

Leave a Reply