Culinary

7 Manfaat Makan Pedas Bagi Kesehatan

Jangan Lupa Share ya

Jika Anda merupakan pecinta makanan pedas, maka tentu Anda sudah mengetahui apa saja bahaya yang muncul apabila Anda terlalu sering memakan makanan pedas kesukaan Anda, seperti diare, maag, dan lain sebagainya.

Tapi sudah tahukah Anda bahwa makanan pedas juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan Anda? Berikut akan diulas mengenai 7 manfaat makanan pedas bagi kesehatan.

Manfaat Makan Pedas Bagi Kesehatan

  1. Mampu menurunkan berat badan

Mungkin Anda penasaran mengapa makanan pedas mampu untuk menurunkan berat badan? Ternyata makanan pedas mampu meningkatkan sistem metabolism yang terjadi di dalam tubuh hingga mencapai 8 persen. Dan penelitian menunjukkan bahwa makanan pedas dapat membakar kalori dalam tubuh Anda, hal ini disebabkan karena makanan pedas dapat menghasilkan panas dalam tubuh sehingga kalori dan lemak menjadi lebih banyak terbakar saat Anda mengonsumsi makanan pedas dibanding ketika Anda mengonsumsi makanan yang tidak pedas.

  1. Menyehatkan jantung

Ketika Anda memakan makanan pedas, tentunya Anda akan merasakan sensasi panas pada lidah, sensasi panas tersebut dihasilkan dari capsaicin yang terkandung pada makanan pedas yang Anda konsumsi. Nah, sensasi panas itulah yang dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Selain itu capsaicin juga berfungsi untuk meningkatkan aliran darah dan mampu menghambat gen yang dapat menyebabkan penyempitan arteri pada jantung.

  1. Mampu mencegah terkena kanker

Ternyata, selain dapat menyehatkan jantung capsaicin yang terkandung dalam makanan pedas juga memiliki fungsi menangkal kanker, dengan cara menghambat pertumbuhan sel-sel yang mampu menyebabkan kanker prostat. Bukan hanya makanan pedas yang dari cabai saja yang mengandung curcumin antioksidan, makanan pedas dari rempah-rempah juga dikatakan dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker.

  1. Mampu menurunkan tekanan darah

Lagi-lagi kandungan capsaicin yang terdapat di dalam makanan pedas mampu untuk meningkatkan nitric oxide. Apa itu nitric oxide? Nitric oxide merupakan senyawa yang mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh dan dapat melindungi dari peradangan. Salah satunya yaitu yang terdapat pada cabe rawit. Ia dipercaya sebagai sumber makanan pedas yang dapat menurunkan tekanan darah dalam jangka waktu singkat dibanding dengan jenis cabai lainnya.

  1. Meringankan sinusitis

Ketika Anda memakan makanan pedas tentunya Anda merasakan hidung Anda menjadi berair. Hal itu terjadi karena capsaicin yang terkandung di dalam cabai memiliki kemiripan dengan banyak ramuan obat dekongestan, sehingga menyebabkan hidung Anda berair ketika memakan makanan pedas dan semakin pedas yang Anda makan maka hidung Anda akan semakin berair pula.

Jadi, Anda dapat mengonsumsi makanan pedas ketika Anda sedang pilek. Atau Anda dapat menambahkan sedikit bubuk cabai kering ke dalam cangkir teh hangat Anda untuk kemudian Anda minum sambil menghirup uapnya perlahan, hal itu dapat merangsang membrane mucus untuk menguras lendir yang ada di hidung Anda sehingga Anda dapat bernapas dengan baik. Tidak hanya itu, vitamin A yang terkandung di dalam capsaicin juga dapat memperkuat membrane mucus. Membran mucus sendiri memiliki fungsi sebagai pelindung dari bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui hidung.

  1. Menjaga mood

Makanan pedas dipercaya mampu meningkatkan hormon serotonin dan endorphin yang dapat membuat perasaan Anda menjadi lebih senang atau bahagia. Sehingga makanan pedas cocok untuk menurunkan tingkat stress atau depresi seseorang. Mengapa demikian? Alasannya adalah ketika seseorang kepedasan, maka otak akan menginterpretasikannya sebagai rasa sakit. Sehingga membuat tubuh memproduksi hormone endorphin dalam jumlah yang besar. Hormon endorphin merupakan hormone untuk menghilangkan rasa sakit. Sehingga seseorang yang kepedasan akan merasakan senang ataupun bahagia.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Pada makanan pedas terdapat capsaicin yang berfungsi meningkatkan hormon endorphin, dan hormone endorphin inilah yang dapat meningkatkan rasa nikmat sekaligus rasa bahagia sehingga membuat nafsu makan Anda menjadi bertambah.

Bagaimana Menghilangkan Rasa Pedas pada Lidah?

Ketika Anda memakan makanan pedas, seringkali Anda merasa tidak kuat untuk menahan rasa pedas tersebut sehingga Anda memilih untuk meminum air sebanyak mungkin untuk mengurangi atau menghilangkan rasa pedas tersebut. Tapi tahukah Anda bahwa cara tersebut adalah salah? Caspsaicin yang terdapat pada makanan pedas ternyata tidak bisa larut dalam air, sama halnya dengan minyak. Sehingga bukannya mengurangi, rasa pedas itu justru merata di dalam rongga mulut Anda. Lalu apa yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi atau menghilangkan rasa pedas pada lidah? Dengan susu. Ya, susu dipercaya mampu menghilangkan rasa pedas. Sebab, susu mengandung kasein yang mampu menyerap dan menetralkan capsaicin yang ada di lidah Anda.

Demikianlah artikel tentang 7 manfaat makanan pedas bagi kesehatan. Tetap diingat biarpun makanan pedas memiliki manfaat bagi kesehatan Anda, bukan berarti Anda dapat mengonsumsinya tanpa batas dan tanpa takaran, karena hal tersebut justru akan menimbulkan risiko bagi kesehatan Anda, khususnya bagi pencernaan Anda. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply