Beauty & Health

7 Manfaat Kopi Pahit Bagi Kesehatan

Jangan Lupa Share ya

Bukan hanya di negara Indonesia saja, kopi termasuk salah satu minuman yang menjadi pilihan dan digemari bagi banyak orang di dunia ini. Tentunya sebagai warga negara yang tinggal di Indonesia kita akan merasa beruntung karena negara kita ini karena biji kopi yang tumbuh di Indonesia memiliki berbagai macam jenis serta aroma. Bahkan kopi peristiwa yang ada di Indonesia telah diakui akan kualitasnya di seluruh penjuru dunia.

Kopi sendiri memang terkenal kaya akan kandungan kafein. Kandungan kafein tersebut memang sangat terkenal akan manfaatnya untuk tubuh kita. Akan tetapi, kamu juga harus selalu ingat bahwa sebaiknya takaran kafein tetap terjaga supaya tidak terlalu banyak yang masuk ke dalam tubuh.

Apabila takaran kafein yang masuk ke dalam tubuh sesuai tentunya bisa menambah energi serta stamina kita. Stamina hasil dari kafein tersebutlah yang akan membantu kamu tetap terjaga. Maka dari itu banyak orang yang mempercayai bahwa minum kopi bisa menghilangkan kantuk.

Sedangkan manfaat kopi pahit bagi kesehatan sendiri ternyata sangat menakjubkan dan banyaknya tidak bisa kita bayangkan. Mengkonsumsi kopi pahit bukan berarti minum kopi tanpa gula, melainkan bisa berarti minum kopi menggunakan gula sedikit. Lalu apa saja sebenarnya manfaat kopi pahit bagi kesehatan tubuh kamu? Berikut ulasannya.

Baca Juga: 10 PERBEDAAN KOPI ROBUSTA DAN ARABIKA YANG WAJIB DIKETAHUI PECINTA KOPI

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat kopi pahit bagi kesehatan yang pertama yaitu meningkatkan kesehatan jantung. dengan minum kopi tanpa gula bisa mengurangi kemungkinan terjangkit sakit jantung serta peradangan dan bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Hal tersebut berdasarkan penelitian bahwa minum kopi bisa menurunkan risiko stroke sampai 20%. Akan tetapi kopi juga bisa menyebabkan sedikit peningkatan terhadap tekanan darah namun tidak menyebabkan masalah.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat kopi pahit yang selanjutnya yaitu membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan kopi pahit bisa membantu kamu untuk membakar lemak dengan cara meningkatkan metabolisme dalam tubuh. kandungan kafein pada kopi tersebut terbukti bisa membantu pembakaran lemak serta meningkatkan metabolisme sebesar 3 sampai 11%. Penelitian juga telah membuktikan efektivitas kafein pada kopi bisa membantu pembakaran lemak sampai 10% pada orang gemuk serta 29% pada orang yang kurus.

Meningkatkan Daya Ingat

Kopi pahit juga bermanfaat meningkatkan daya ingat karena bisa meningkatkan fungsi memori pada otak sehingga membantu otak kamu tetap aktif. maka otak akan aktif serta mengurangi kemungkinan terjadinya alzaimer serta demensia. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang menyatakan bahwa minum kopi pahit bisa menurunkan penyakit alzaimer sampai 65%.

Mengurangi Risiko Diabetes

Manfaat minum kopi pahit juga bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang telah membuktikan bahwa orang yang minum kopi pahit mempunyai risiko 23 sampai 50% rendah akan penyakit diabetes.

Menurunkan Risiko Penyakit Parkinson

Manfaat minum kopi pahit yang selanjutnya yaitu bisa menurunkan risiko penyakit parkinson. hal tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh profesor Ahmad Subagyo dari lembaga penelitian bahwa minum kopi hitam sehari dua kali bisa mencegah risiko penyakit parkinson. Hal tersebut dikarenakan kandungan kafein pada kopi akan meningkatkan kadar dopamin di dalam tubuh.

penyakit parkinson sendiri akan mempengaruhi sel-sel saraf otak yang bertugas menghasilkan dopamin, suatu neurotransmitter yang memiliki tanggung jawab guna mengirimkan sinyal ke antar sel-sel saraf otak.

Mengurangi Kerusakan Fungsi Kognitif pada Lansia

Minum kopi pahit bisa mengurangi kerusakan fungsi kognitif pada lansia. bagi pria maupun wanita yang sering minum kopi pahit bisa mempunyai saraf motorik serta sensorik yang bagus. Biasanya penurunan fungsi saraf akan terjadi terhadap orang tua dan akan menurunkan kemampuan mereka beraktivitas. Akan tetapi, minum kopi hitam dengan teratur telah terbukti bisa mengurangi semua risiko penuaan yang memiliki hubungan dengan saraf. Hal tersebut juga pernah dibuktikan oleh Joan Salge Blake yakni seorang ahli nutrisi dan diet yang telah ia tulis di dalam American journal of epidemiology di tahun 2002.

Meningkatkan Produktivitas

Manfaat minum kopi pahit yang terakhir yaitu bisa meningkatkan produktivitas. Hal tersebut dikarenakan mampu untuk membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh. Kandungan kafein pada kopi juga bisa mengirimkan efek stimulan terhadap saraf pusat sehingga akan membuatnya meningkatkan proses oksidasi lemak serta bisa memperlancar metabolisme.

Nah, itulah tadi 7 manfaat kopi pahit bagi kesehatan yang perlu kamu tahu. ternyata minum kopi tidak identik dengan penyakit melainkan memberikan banyak manfaat pada tubuh. semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang suka minum kopi maupun yang ragu-ragu minum kopi.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply