Home /Food

7 Manfaat Air Cucian Beras untuk Kecantikan Kulit Wajah

Jangan Lupa Share ya

Kebanyakan orang akan membuang air cucian berasnya karena dianggap air tersebut tidak punya manfaat apapun. Tapi tahukah kamu jika air beras mengandung Oryzanol yang mampu merawat kulit dari kerusakan akibat dari dampak buruk sinar matahari. Ya, tentu saja fakta ini belum banyak diketahui oleh banyak orang, makanya masih banyak orang membuang air beras begitu saja. Inilah sejumlah manfaat dari air beras yang harus kamu tahu:

Manfaat Air Cucian Beras untuk Kecantikan Kulit Wajah

Memudarkan Flek Hitam

Flek hitam adalah masalah kulit yang sering membuat sebal penderitanya. Bila kamu biasanya mengatasi hal ini kosmetik berbahan kimia, maka sekarang cobalah yang lebih alami yaitu menggunakan air cucian beras. Tak hanya lebih murah, cara ini bisa dibilang sangat aman untuk kulit. Terlebih tidak semua kulit cocok dengan semua kosmetik penghilang flek hitam.

Caranya adalah dengan mencuci muka dengan air cucian beras secara langsung dan secara rutin. Tak hanya bisa menghilangkan flek hitam, mencuci wajah dengan air beras secara rutin pun dapat membuat kulit lebih bercahaya. Hal ini karena cucian beras mengandung nutrisi dan juga protein yang mampu meningkatkan produksi kolagen dalam kulit.

Pembersih Wajah

Wajah adalah bagian tubuh yang paling penting bagi wanita, hal ini karena wajah yang sehat dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam diri kamu. Tidak heran jika wajah yang bersih menjadi dambaan setiap wanita. Nah, cucian air beras ini membuat wajah bersih tanpa noda sedikitpun.

Caranya pun sangat mudah, kamu tinggal mengambil satu cangkir beras kemudian cuci beras tersebut hingga kotoran dan debunya hilang. Pada bilasan ketiga, rendam beras tersebut kurang lebih 30 menit agar nutrisi yang terdapat dalam beras ikut mengalir dan menyatu dalam air. Saring beras tersebut, kemudian basuh pada wajah sambil dipijat halus kurang lebih 6 menit. langkah selanjutnya, bilas dengan air bersih.

Mengobati Jerawat

Jerawat di wajah merupakan masalah yang sangat mengesalkan. Jerawat membuat tampilan wajah menjadi tidak menarik bahkan sering kali berpengaruh pada tingkat kepercayaan diri seseorang. Namun kali ini kamu tidak usah lagi khawatir karena air cucian beras ternyata dapat menghilangkan jerawat di wajah, bahkan dengan noda bekas jerawatnya sekaligus.

Tak hanya itu, air cucian beras pun mampu mengencangkan pori wajah sehinga mampu meminimalisir timbulnya jerawat. Caranya adalah dengan menyiapkan air cucian beras terakhir, kemudian diendapkan selama beberapa jam, hingga mengendap. Setelah itu, pisahkan air dengan endapan tersebut, kemudian balurkan ke seluruh bagian wajah yang terdapat jerawat. Diamkan sampai mongering kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Mengontrol Minyak Berlebihan

Bila jerawat yang muncul pada wajah diakibatkan oleh produksi minyak berlebih, maka sekarang kamu tidak perlu khawatir sebab air cucian beras dapat mengatasi hal ini. Caranya pun tidak sulit. Bersihkan wajah dengan sabun muka, kemudian cuci lagi muka dengan air cucian beras yang sudah disiapkan. Diamkan 5 sampai 10 menit, kemudian bilas dengan air. Jika kamu melakukan perawatan ini secara rutin, maka akan mengurangi minyak yang berlebih pada wajah.

Mencerahkan Kulit

Semua wanita tentu ingin memiliki wajah yang cerah. Ternyata hanya dengan air cucian beras saja sudah cukup untuk mewujudkannya. Kamu bisa mewujudkan impianmu ini tanpa menimbulkan efek samping apapun. Caranya pun sederhana, kamu tinggal siapkan air cucian beras ke dalam baskom, kemudian diamkan air tersebut hingga keesokan paginya. Pisahkan endapan dengan air. Selanjutnya, pakai endapan tersebut sebagai scrub. Jika sudah, bilas kembali wajah dengan air beras. Tunggu sebentar, setelah itu baru bilas dengan air bersih.

Mengobati Iritasi

Manfaat dari air cucian beras lainnya adalah mampu mengobati iritasi kulit. Penggunaan air beras pada wajah yang satu ini dapat menenangkan peradangan yang terjadi dan juga kemerahan pada wajah. Caranya pun sangat mudah, tinggal masukkan beras ke dalam kain katun, kemudian tumbuk beras secara perlahan hingga hancur. Beras yang sudah bubuk dalam kain katun tersebut masukkan ke dalam air hangat lalu usapkan secara menyeluruh pada wajah.

Mengobati Kulit yang Terbakar

Saat kamu melakukan banyak aktivitas di luar ruangan, biasanya kulit wajah akan lebih mudah terbakar sinar matahari yang dapat mengakibatkan kulit wajah menjadi lebih gelap. Hal ini sangat wajar terjadi karena memang paparan sinar matahari tak bisa dihindari.

Untuk kamu yang bingung bagaimana cara mengatasinya, maka air cucian beras ini dapat menjadi solusi yang tepat. Kamu hanya perlu mengaplikasikan air cucian beras pada kulit yang terbakar dan diamkan beberapa saat. Setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini secara rutin.

Itulah sejumlah manfaat dari air cucian beras yang harus kamu tahu. Dengan informasi di atas semoga kamu tidak menyia-nyiakan lagi air cucian beras yang dihasilkan. Selamat mencoba. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply