Culinary

7 Makanan Sunda yang Terkenal dengan Rasa Super Nikmat

Jangan Lupa Share ya

Tanah Sunda memang sangat terkenal akan berbagai hidangan yang lezat dan menggugah selera. Baik hidangan utama maupun hidangan berupa kue atau jajanan ringan lainnya. Sangking enaknya dan disukai banyak orang, rumah makan khas Sunda bisa ditemukan dengan mudah di berbagai daerah di luar Jawa Barat. Apa saja sih makanan Sunda yang terkenal dengan rasa super nikmat? Berikut ini informasi selengkapnya.

Nasi Liwet

Nasi liwet ini merupakan hidangan yang banyak disukai orang, ada beberapa versi atau resep dari beberapa daerah di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Dan salah satu yang paling digemari adalah nasi liwet khas Sunda atau Jawa Barat.

Nasi liwet dari Sunda ini memiliki rasa yang gurih  meski tidak menggunakan campuran santan di dalamnya. Rasa gurih yang ada pada nasi liwet ini dihasilkan dari beberapa bumbu rempah yang ditambahkan pada saat meliwet nasi. Misalnya seperti bawang merah, bawang putih, daun serai, daun salam, kemangi, dan lain-lain.

Jadi, menyantap nasinya saja tanpa lauk pun rasanya sudah sangat menggugah selera. Tetapi kebanyakan orang di Sunda menyantap nasi liwet ini dengan tambahan lauk seperti ayam goreng, ikan goreng, ikan bakar, dan sebagainya. Terbayang kan kelezatannya?

Mie Kocok

Selain nasi, dataran Sunda juga terkenal dengan salah satu olahan mie yang unik dan menggugah selera. Tak lain yaitu olahan mie kocok, dimana penamaan ini dikarenakan cara membuatnya yang sambil dikocok-kocok ketika merebusnya di dalam air panas.

Olahan ini memiliki cita rasa yang gurih dan berbahan utama mie kuning yang ditambahkan tauge, bakso, dan juga kikil. Kombinasi keempat bahan tersebut kemudian disiram dengan kuah kaldu sapi yang kaya dan sangat gurih. Membayangkannya saja pasti membuat lapar bukan?

Baca Juga: 13 MAKANAN TRADISIONAL INDONESIA YANG BERASAL DARI BERBAGAI DAERAH

Karedok

Kuliner khas Sunda selanjutnya yang tak boleh dilewatkan adalah karedok. Karedok adalah  olahan dari dataran Sunda yang sedikit memiliki kemiripan dengan gado-gado. Tetapi karedok terdiri dari beberapa sayuran yang sudah direbus maupun tidak, sedangkan gado-gado umumnya hanya diisi sayuran yang sudah matang. Kemudian disiram dengan saus atau bumbu kacang yang gurih, pedas, dan manis. Selain sayur-sayuran, bahan lain yang ditambahkan dalam karedok ini biasanya adalah lontong dan juga telur rebus.

Empal Gentong

Makanan Sunda yang terkenal lezat lainnya adalah Empal Gentong. Makanan ini merupakan makanan yang awalnya berasal dari daerah Cirebon, tetapi karena rasanya yang enak makanan ini pun tersebar luas ke daerah Sunda yang lain.

Empal Gentong ini terbuat dari bahan daging sapi yang pengolahannya dilakukan atau dimasukkan ke dalam wadah berupa gentong. Tak heran jika olahan ini disebut dengan Empal Gentong karena memang proses memasaknya menggunakan gentong. Sedangkan bumbu masakan yang digunakan adalah bumbu untuk memasak gulai sapi dan ditambahkan bumbu rahasia yang lain.

Asinan Bogor

Selanjutnya, makanan dari Sunda yang tak kalah populer adalah asinan bogor. Asinan bogor ini sebenarnya memiliki tiga varian atau tiga jenis berbeda, yaitu asinan sayur, asinan buah, dan asinan campur. Tetapi yang paling populer adalah asinan buahnya.

Buah yang biasa digunakan untuk membuat asinan bogor ini cukup mudah didapatkan yaitu pepaya, bengkoang, jambu, nanas, mangga muda, kedondong, dan buah segar lainnya. Buah yang sudah dicuci dan dipotong lalu disiram dengan bumbu asinan bogor yang manis, asin, dan pedas.

Laksa Bogor

Makanan khas Sunda yang juga banyak digemari orang adalah laksa bogor. Bahan yang digunakan dalam laksa bogor ini adalah mie dan juga oncom yang kemudian disiram dengan kuah laksa yang kaya rempah. Tak lupa ditambahkan telur rebus sebagai pelengkap laksa bogor ini.

Bakakak Hayam

Terakhir yaitu menu makanan bakakak hayam merupakan menu yang paling di rekomendasikn ketika singgah di rumah makan Sunda. Menu ini terbuat dari daging ayam yang dipanggang bersama bumbu panggang khas Sunda yang manis, pedas, dan gurih menjadi satu. Ayam panggang ini kemudian dihidangkan dengan sambal yang tak kalah sedap, yaitu sambal hayam atau sambal merah sesuai dengan pilihan Anda.

Itulah 7 makanan Sunda yang terkenal lezat dan sangat populer di kalangan masyarakat. Kamu mungkin sudah tahu dan pernah mencoba beberapa atau semua makanan di atas. Tetapi, jika kamu termasuk yang belum pernah mencoba makanan Sunda, maka cobalah menu makanan seperti di atas ketika kamu di restoran Sunda. Dijamin kamu bakalan ketagihan dengan makanan yang kamu coba!

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply