Beauty & Health

7 Kebiasaan Tidak Sehat Orang Indonesia

7 Kebiasaan Tidak Sehat Orang Indonesia

Jangan Lupa Share ya

Indonesia adalah negara yang besar, dari ujung Sabang, hingga ujung Merauke. Dengan banyak ragam ras dan budaya, dan generasi ke generasi. Tapi ada saja kebiasaan tidak sehat sebagai penduduk Indonesia, terutama penghuni kota-kota besar. Mari kita bedah, apa saja sih kebiasaan kurang sehat yang biasa dilakukan oleh orang Indonesia?

1. Sering Begadang

7 Kebiasaan Tidak Sehat Orang Indonesia - 1

Ketika malam tiba, apa yang sering anda lakukan? Bermain game? Nonton film? Mengerjakan tugas atau mungkin anda belajar? Kebiasaan ini sering terlihat pada usia-usia yang lebih muda, ketika tubuh masih sangat fit sehingga begadang tidak memberikan efek yang signifikan.

Tahukah anda? Ketika anda kurang istirahat di malam hari, terutama bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan, pertumbuhan tinggi badan anda akan terhambat. Mungkin bagi anda yang punya genetik tinggi, anda bisa tetap tinggi. Tetapi bagi anda yang genetiknya tidak tinggi, maka berusahalah untuk tidur lebih cepat supaya hormon pertumbuhan anda dapat bekerja dengan baik. Untuk anda yang bekerja dengan banyak menggunakan pikiran, maka tidur anda harus cukup. Jumlah waktu yang baik untuk istirahat adalah enam sampai delapan jam per hari.

2. Kurang Jalan Kaki

7 Kebiasaan Tidak Sehat Orang Indonesia - 2

Orang Indonesia itu kurang aktivitas jalan kaki. Jika anda pergi ke negara-negara tetangga, contohnya seperti Singapore, kemudian Malaysia, dan Taiwan, disana banyak orang yang berjalan kaki. Maka dari itu tingkat obesitas di sana sangat rendah jika dibandingkan dengan Indonesia. Orang Indonesia lebih ingin sesuatu yang praktis dan terfokus pada hasil. Contohnya, pergi ke minimarket yang terbilang dekat, mereka menggunakan sepeda motor. Mau pesan makanan, tinggal ambil handphone, lalu mungkin pesan makanan dan sebagainya. Akhirnya, mereka semua minim aktivitas fisik dalam satu hari.

3. Konsumsi Makanan/Minuman Manis

7 Kebiasaan Tidak Sehat Orang Indonesia - 3

Siapa yang tidak suka dengan makanan atau minuman manis? Walaupun teh, kopi, jus buah, cokelat sangat enak ketika ditambahkan gula, sebenarnya tidak berguna bagi tubuh manusia. Mengkonsumsi gula terlalu banyak justru dapat memicu penyakit diabetes. Kencing manis atau diabetes adalah penyakit yg disebabkan lebih pada gaya hidup daripada keturunan, dan di Indonesia banyak sekali penderita diabetes yang masih berusia remaja karena pola makan yang salah.

4. Merokok

7 Kebiasaan Tidak Sehat Orang Indonesia - 4

Kebiasaan buruk nomor empat adalah merokok. Kalau yang ini, kebanyakan ditemukan pada pria dibandingkan wanita, walau untuk kota besar seperti Jakarta, tidak jarang kita jumpai wanita yang juga merokok. Bahkan banyak yang dari usia remaja mereka sudah merokok. Dari segi kesehatan, merokok pastinya tidak baik bagi kesehatan. Anda sendiri pasti sudah sering membaca peringatan pada kemasan rokok. Lalu, bagaimana dengan orang yang sudah kecanduan merokok? Kurangilah secara perlahan-lahan. Jangan langsung berhenti, karena nantinya emosi dan mood anda menjadi tidak baik.

5. Kurang Konsumsi Air

7 Kebiasaan Tidak Sehat Orang Indonesia - 5

Banyak pertanyaan seberapa banyak air yang kita perlu konsumsi dalam sehari? 8 gelas? 2 liter? Jawaban tepatnya, kalikan berat badan dengan 40cc/ml. Kebutuhan akan air akan lebih tinggi ketika cuaca panas atau setelah berolahraga, anda bisa kalikan berat badan dengan 50cc/ml. Konsumsi air akan berkurang untuk para lansia, perkaliannya dengan 30cc/ml. Minum air lebih banyak tidak akan menimbulkan masalah, asal jangan lebih sedikit, akan menyebabkan dehidrasi. Efek dehidrasi adalah mata menjadi cekung dan aliran darah anda tidak akan lancar.

6. Makan Pedas dan Telat Makan

7 Kebiasaan Tidak Sehat Orang Indonesia - 6Makanan pedas adalah salah satu cita rasa yang amat populer di Indonesia, sebut saja gorengan, penyet, bahkan rujak buah pun mayoritas manis pedas. Makanan pedas yang terlalu banyak, apalagi pada orang yang telat makan, maka akan menyakiti lambung. Jadi sebenarnya bukan dilarang untuk makan makanan pedas atau gorengan, tetapi harus dibatasi. Bukan makan dalam jumlah banyak.

7. Cemas Berlebihan

7 Kebiasaan Tidak Sehat Orang Indonesia - 7Salah satu kebiasaan yang tidak sehat bagi orang Indonesia adalah seringkali dalam keadaan khawatir atau cemas yang berlebih. Kecemasan berlebih akan mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan GERD/penyakit asam lambung, insomnia/sulit tidur, dan gangguan-gangguan lainnya. Rasa cemas berlebih ini sebenarnya tidak berguna bagi tubuh manusia dan bila disimpan dalam jangka panjang, maka hal ini dapat mengganggu sistem di dalam tubuh anda. Sistem syaraf, sistem hormon, sistem daya tahan tubuh anda, sistem pencernaan anda, itu semuanya akan kacau.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply