Beauty & Health

7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kanker

Jangan Lupa Share ya

Kanker merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan karena pertumbuhan sel di dalam tubuh yang tidak normal dan tidak terkendali. Pertumbuhan sel-sel baru ini tidak sama dengan sel aslinya, sehingga keberadaannya akan sangat merusak fungsi organ asalnya. Kanker juga merupakan salah satu penyakit yang berpotensi kematian terhadap penderitanya. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan mengubah pola hidup, misalkan mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh penderita penyakit kanker.

Penderita kanker memang tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan, mereka harus bisa mengontrol setiap makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. hal itu karena ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan penyakit kanker semakin memburuk. Kali ini kami akan membahas terkait makanan yang harus dihindari oleh penderita kanker.

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kanker

Memiliki penyakit tertentu akan sangat berpengaruh terhadap jenis makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Beberapa makanan memang harus dihindari oleh penderita kanker. Berikut 7 jenis makanan yang harus dihindari penderita kanker…

  1. Daging

Penderita kanker sebaiknya memang menghindari memakan daging, karena makanan ini merupakan salah satu makanan yang pantang untuk dikonsumsi oleh penderita kanker, terutama penderita kanker kelenjar getah bening, kanker prostat, dan kanker payudara. Ada beberapa jenis daging tertentu yang sangat tidak baik dikonsumsi oleh penderita kanker, seperti daging sapi, daging kambing, babi, dan daging kerbau.

Selain beberapa daging tersebut daging unggas juga tidak baik dikonsumsi oleh penderita kanker, seperti daging bebek, burung, ayam, atau daging unggas lainnya. Hal itu karena pertumbuhan daging unggas ini kebanyakan dilakukan dengan menyuntikkan hormon yang dapat memicu penyakit kanker yang dideritanya akan menjadi lebih parah.

  1. Ikan asin

Ikan asin juga termasuk makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita kanker. Hal ini karena sekarang ini banyak oknum yang mengawetkan ikan asin menggunakan bahan yang sangat berbahaya untuk tubuh, terutama untuk penderita kanker, yaitu formalin. Banyak oknum yang menggunakan formalin untuk mengawetkan ikan asin dengan harapan lebih tahan lama dan memiliki tampilan yang lebih menarik.

Penggunaan formalin ini lama kelamaan akan menyebabkan keracunan pada organ hati (hepatotoksik), sehingga akan menyebabkan gangguan pada sel dan memicu perkembangan sel kanker di dalam tubuh penderita. Maka dari itu, sebaiknya penderita kanker tidak mengonsumsi ikan asin karena memiliki dampak yang sangat buruk.

  1. Sea food

Sea food tentu merupakan salah satu makanan yang banyak disukai karena rasanya yang memang sangat lezat, namun untuk penderita kanker sea food ini merupakan yang juga sebaiknya dihindari. Hal ini karena sea food memiliki lemak yang sangat tinggi yang sangat tidak baik untuk dikonsumsi oleh penderita kanker, karena dapat menyebabkan sel kanker akan dapat berkembang. Mengingat akan sangat berbahaya apabila dikonsumsi penderita kanker, sebaiknya pilih makanan yang lain saja, meskipun sea food memang memiliki rasa yang lezat.

  1. Makanan yang dibakar atau dipanggang

Makanan selanjutnya yang harus dihindari oleh penderita kanker, yaitu makanan apa saja yang dibakar atau dipanggang, karena makanan- yang dibakar atau dipanggang mengandung banyak zat yang berbahaya, seperti zat karsinogenik, zat yang sangat berbahaya untuk penderita kanker, karena dapat menyebabkan sel kanker di dalam tubuh penderita semakin berkembang.

  1. Makanan yang diawetkan

Makanan yang diawetkan juga harus sangat dihindari oleh penderita kanker. Hal itu karena makanan ini memiliki kandungan zat berbahaya, seperti nitrit. Nitri merupakan suatu zat yang dapat dikonversi menjadi N-nitrosamine. Zat ini merupakan salah satu zat pemicu kanker dalam tubuh manusia. Selain karena dapat menyebabkan kanker, rupanya zat N-nitrosamine ini juga dapat mengakibatkan dampak buruk lainnya, seperti dapat menyebabkan kerusakan pada hati atau organ tubuh lainnya.

  1. Makanan yang mengandung penguat rasa

Sekarang ini banyak makanan yang ditambahkan dengan penguat rasa, seperti MSG, vetsin, atau yan lainnya. Sebaiknya penderita kanker menghindari makanan yang mengandung penguat rasa ini, karena makan tersebut dapat menjadikan penyakit kanker menjadi lebih buruk.

  1. Makanan beryodium tinggi

Ternyata mengonsumsi yodium dalam jumlah yang banyak dapat memicu terjadinya penyakit kanker tiroid, kanker nesofaring, dan lainnya. Jadi usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung yodium secara berlebihan.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari penderita kanker, karena beberapa makanan tersebut dapat menyebabkan penyakit kanker semakin parah. Sebaiknya pilih makanan lain yang lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply