Hobby

7 Jenis Burung Kenari yang Populer di Indonesia

Sedikitnya ada 7 jenis burung kenari yang sedang populer saat ini. Bagi para pecinta burung mungkin akan merasa kebingungan untuk memelihara jenis burung ini karena jenisnya yang sangat banyak.

Ada beberapa alasan mengapa banyak orang yang memelihara burung kenari. Salah satunya adalah karena burung ini mudah untuk dipelihara dan suaranya pun cukup indah jika didengarkan. Pada awalnya burung kenari adalah burung yang ditemukan oleh seorang pelaut yang berasal dari Perancis yang bernama Jean de Berthan Cout pada abad ke 15 di kepulauan Kanary.

Karena burung ini memiliki suara yang indah, maka orang-orang sering kali mengadakan perlombaan suara burung kenari yang merdu. Dalam perlombaan tersebut, kita jangan sampai salah memilih burung yang akan kita ikutkan. Jika kita salah memilih burung yang akan dikonteskan maka akan semakin kecil peluang kita untuk memenagkan perlombaan tersebut. Jika ingin memperoleh hasil yang baik, maka sering-seringlah untuk melatih burung kenari yang kamu miliki dengan benar supaya kamu mendapatkan hasil yang maksimal dan peluang menjadi juara pun semakin besar. Bahkan orang-orang di luaran sana rela mengeluarkan uang yang cukup besar untuk membeli burung kenari yang paling bagus untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam perlombaan.

Inilah 7 Jenis Burung Kenari yang Populer di Indonesia

Burung Kenari Yorkshire

Apakah kalian pernah mendengar nama burung yang satu ini? Burung kenari Yorkshire adalah jenis burung kenari yang sangat mahal dibandingkan dengan burung-burung kenari lainnya. Hal ini terjadi karena burung ini merupakan burung yang di impor dan memiliki suara yang sangat indah dengan bulunya yang sangat lembut. Burung ini berasal dari Inggris dan memiliki bentuk tubuh yang berbeda dengan burung kenari lainnya. Terdapat beberapa jenis burung Yorkshire yang disebabkan oleh banyaknya persilangan antara burung kenari Lanchasire, Norwich, Belgia dan yang lainnya sehingga burung ini memiliki jenis yang beragam.

Burung Kenari Lanchasire

Burung kenari jenis ini adalah burung kenari yang sangat terkenal di dunia dan memiliki tubuh yang tegak serta gagah jika dipandang oleh mata. Burung kenari lanchasire merupakan burung yang terbilang langka, bahkan di Indonesia pun kita sudah jarang menjumpainya. Burung kenari yang berasal dari Inggris ini memiliki panjang tubuh sekitar 20 cm. kenari ini terdiri dari dua jenis yaitu, ada yang memiliki jambul di kepalanya dan ada pula yang tidak.

Burung Kenari Border

Burung kenari yang memiliki tubuh lebih kecil ini adalah jenis kenari yang sangat merdu suaranya. Burung kenari border merupakan kenari yang berasal dari negara perbatasan antara Scotlandia dan Inggris. Meskipun memiliki bentuk yang mungil, tetapi burung kenari border memiliki suara yang lumayan merdu. Selain itu, burung kenari border juga sering diikutkan dalam perlombaan di berbagai tempat.  Jika kamu memelihara burung kenari ini, maka rumah kamu akan terlihat lebih indah.

Burung Kenari Gloster

Burung kenari gloster adalah salah satu jenis burung kenari yang mudah diternak. Selain itu, kenari gloster memiliki bentuk tubuh yang sangat kecil dan memiliki dua jenis kepala yaitu kepala berjambul atau yang sering kita sebut corona dan kepala yang tidak berjambul atau biasa disebut consort. Burung kenari gloster memiliki bulu yang lembut dengan warna yang bervariasi. Selain indah, burung ini juga cukup lincah dan membuat mata kita ingin selalu melihat gerakannya.

Burung Kenari Phaeo

Burung kenari phaeo merupakan burung kenari yang saat ini sedang diidolakan oleh para pecinta burung. Burung ini mempunyai warna yang cukup bagus dan suarnya yang merdu membuat kita akan semakin tertarik. Burung kenari ini adalah burung impor yang berasal dari Eropa seperti Belgia, Belanda, Spanyol dan Italia.

Burung Kenari Frill

Burung kenari frill merupakan salah satu burung yang unik karena burung ini memiliki bulu yang bergelombang dan sangat indah. Pada dasarnya, burung ini dikembangkan di negara seperti Perancis, Belanda dan Italia. Akan tetapi, saat ini burung kenari frill sudah tersebar bahkan sudah sampai ke Indonesia. Burung ini memiliki postur tubuh yang cukup besar dan gagah. Selain itu, burung ini mempunyai suara yang merdu sehingga banyak oranya yang sangat tertarik untuk memeliharanya.

Burung Kenari Lizard

Salah satu jenis burung kenari ini memiliki bentuk yang unik karena memiliki postur yang besar dan gagah. Burung ini memiliki bulu yang unik menyerupai kadal yang membuat para pecinta kenari semakin bersemangat untuk memelihara kenari dengan jenis ini. Burung ini mulai dikembangkan di negara Eropa seperti Perancis. Ukuran tubuh burung kenari ini mencapai 14 cm, jauh lebih besar dibandingkan dengan burung kenari lainnya.

Itulah 7 Jenis Burung Kenari Populer di Indonesia. Semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin segera memelihara burung kenari. (elevenia)

Leave a Reply