Hobby, Home & Garden

7 Ikan Hias Air Tawar yang Pas Hiasi Akuariummu

Jangan Lupa Share ya

Akuarium merupakan salah satu pajangan yang menarik perhatian orang-orang saat mengunjungi suatu rumah, terutama saat akuarium tersebut dihias seindah mungkin dengan berbagai hiasan tumbuhan air, dan ikan hias air tawar.

Tentunya tumbuhan dan ikan hias air tawar yang dipilih tidak bisa sembarangan karena akan berpengaruh pada kelangsungan akuarium itu sendiri. Ada banyak sekali tumbuhan dan ikan hias air tawar yang bisa dipilih. Namun untuk kali ini, kami akan membahas lebih jauh soal ikan hias air tawar.

Tidak semua ikan hias bisa disatukan dengan ikan hias lainnya. Hal ini karena tidak semua ikan hias memiliki karakter yang sama. Bisa saja, jika kamu salah mencampurkan ikan hias, akuarium kamu malah hancur karena ikan hias yang ada didalamnya saling menyerang satu sama lain.

Untuk mengetahui lebih jauh, berikut ini beberapa ikan hias air tawar yang bisa kamu jadikan pilihan:

Ikan hias di no urut 1 sampai 3 merupakan ikan akuarium air dingin, yang mana ikan ini hidup dengan baik pada air dengan temperatur ruangan ber AC rata-rata 20 derajat celcius.

Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dijadikan Pilihan

Gold Fish (Ikan Mas)

Ukuran ikan mas sangat beragam. Hal ini membuat banyak orang menyukainya. Tapi varietas ikan mas yang banyak disukai adalah ikan mas dengan kepala bergelembung dan ekor menyebar (ikan mas koki). Ikan mas ini merupakan ikan hias yang cocok untuk pemula. Hal ini karena kamu tidak usah pusing mengatur suhu ruangan. Ikan mas juga termasuk ikan yang cukup kotor karena saat makan cukup berantakan. Untuk itu, pastikan mengganti air sekitar 20 sampai 20 persen tiap minggu. Jika kamu menggunakan air pam, maka perlu menambahkan dechlorinator untuk menghilangkan klorin.

Tetra Bloodfin

Ikan dengan ukuran kecil ini dapat dikenali dengan bodinya berwarna perak dan siripnya berwarna merah mencolok. Ini merupakan ikan yang kuat. Di beberapa akuarium ikan jenis ini dapat bertahan hingga 10 tahun. Mereka juga termasuk ikan yang aktif dan banyak bergerak. Ikan ini akan hidup dengan baik di suhu berkisar 10 – 28 derajat celcius. Ikan Tetra Bloodfin ini merupakan ikan berkarakter damai, namun mereka lebih suka hidup dengan berkelompok. Tapi jika kamu hanya mempunyai satu bloodfin, ikan tersebut cenderung pemalu.

White Cloud

Ikan White Cloud merupakan salah satu ikan kecil yang mampu mentoleransi suhu dingin. Suhu dingin yang dapat mereka tolelir mencapai 16 derajat celcius. Untuk itu mereka termasuk ikan yang kuat dan cenderung hidup di tengah dan di atas tangki. Mereka juga lebih memilih untuk hidup secara berkelompok. Gaya hidup mereka ini berdampak baik pada kesehatan dan warna ikan. Bila kamu berencana menghiasi akuarium dengan ikan ini maka belilah 6 ekor atau lebih.

Ikan hias no 4 sampai 7 merupakan ikan tropis air tawar, di mana mereka bisa hidup di daerah hangat. Suhu berkisar antara 22 sampai 28 derajat celcius. Biasanya para penghobi lebih memilih ikan jenis ini karena memiliki varian yang sangat banyak.

Danios Zebra

Ikan Danios merupakan ikan yang kuat dan mendapatkan julukan “first fish”. Biasanya ikan ini dipilih sebagai uji coba untuk mengetes air di sebuah tangki. Kekuatan ikan ini memang tidak main-main, Danio bisa hidup di variasi dan kondisi. Mereka adalah pilihan pertama yang sempurna untuk akuarium kamu. Ikan yang satu ini termasuk aktif dan biasanya hidup berkelompok dekat dengan permukaan air.

Black Molly

Black Molly merupakan ikan dengan karakter damai. Mereka merupakan pilihan terbaik bila kamu ingin membuat akuarium dengan beberapa jenis ikan di dalamnya. Salah satu kelebihan yang dimiliki ikan ini adalah mereka dapat beradaptasi di lingkungan air tawar maupun payau atau bahkan air laut. Hal ini membuat kamu bisa leluasa dalam membuat tangka baru. Ikan yang satu ini termasuk jenis ikan yang Livebeares, yaitu ikan yang mengandung dan melahirkan anaknya. Bila kamu membeli sepasang jantang dan betina, jangan kaget jika tiba-tiba ada black molly kecil. Tapi mereka cenderung akan memakan anakannya jika tidak ada cukup vegetasi untuk anakan bersembunyi.

Black Skirt Tetra

Black Skirt Tetra merupakan ikan yang damai dan harusnya dipelihara berpasangan atau dalam kelompok yang cukup besar. Mereka juga termasuk ikan yang kuat dan rakus. Mereka dapat memakan apapun yang diberikan. Ikan ini lebih senang berenang di tengah tangki dan membenci konfrontasi dengan ikan lainnya. Untuk itu, kamu harus menambahkan batu, tanaman atau tempat persembunyian lainnya untuk ikan ini.

Plati

Ikan Plati sangat baik untuk seorang pemula. Hal ini karena mereka memiliki banyak varian yang bisa kamu pilih. Plati pun dapat hidup rukun dengan ikan lain dalam tangki yang terdapat beberapa jenis ikan. Saat memilih ikan ini sebagai penghias akuarium, kamu jangan kaget jika tiba-tiba muncul Plati kecil. Hal ini karena plati merupakan ikan livebearer, mereka akan sering beranak. Tapi sering kali bayi mereka menjadi santapan ikan lain. Saking banyaknya varian, kamu pasti akan menemukan ikan Plati yang sesuai dengan seleramu.

Itulah beberapa ikan hias air tawar yang bisa kamu pilih untuk menghiasi akuarium kamu. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply