Mother & Baby

7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil

Jangan Lupa Share ya

Pada awal masa kehamilan, seorang ibu harus sudah menjaga janin dalam kandungannya, baik itu secara fisik maupun mental. Hal ini dimaksudkan agar janin dapat berkembang dengan dengan baik. Banyak sekali larangan atau pun pantangan yang harus kamu hindari semenjak kehamilan pada trimester pertama sampai trimester terakhir. Namun ada sejumlah hal yang mungkin tidak terpikirkan atau bahkan disepelekan oleh ibu hamil sehingga dapat membahayakan janin dalam kandungannya. Untuk itulah kamu sebagai ibu hamil atau calon ibu harus tahu sejumlah larangan yang tidak boleh dilakukan ibu hamil.

Memakan Buah Durian

Buah durian punya banyak sekali penggemar, utamanya para wanita. Tak jarang, wanita yang tengah mengandung kadang kali tetap memaksa ingin makan durian, dengan alasan ngidam. Padahal kebanyakan ibu hamil sudah tahu bahwa buah durian ini tidak baik bagi ibu hamil karena dapat membahayakan janin. Buah durian mengandung asam arachidonat yang dapat memancing kontraksi dan bisa menyebabkan keguguran atau kelahiran premature. Tak hanya itu buah durian pun mengandung alkohol yang tentu saja tidak baik bagi kesehatan ibu hamil bila dikonsumsi secara berlebihan. Untuk itu akan lebih baik jika kamu mengkonsumsi durian atau bahkan olahan dari durian guna menjaga kesehatan kamu dan calon bayi kamu.

Merokok atau Dekat-Dekat Dengan Asap Rokok

Sangat bahaya untuk perkembangan janin bila bersinggungan dengan asap rokok, bahkan untuk perokok pasif sekalipun tetap saja berbahaya. Bahanyanya sendiri sangat banyak, di antaranya adalah menyebabkan kelahiran premature, berat badan bayi rendah, gangguan pernafasan pada bayi sampai kematian janin dalam kandungan. Untuk wanita perokok, usahakan untuk berhenti merokok saat hami. Sementara itu, untuk wanita yang tidak merokok, usahakan untuk menghindari asap rokok. Jika pasangan kamu merokok, maka mintalah dia untuk berhenti merokok demi kamu dan janin dalam kandunganmu.

Menggunakan Obat-Obatan Tertentu

Apakah kamu tahu ada sejumlah obat yang mengandung sejumlah bahan berbahaya bagi ibu hamil? Sejumlah kandungan dari obat yang berbahaya tersebut adalah obat-obatan yang mengandung antibiotik, obat maag, obat inhalasi untuk penderita asma yang mengandung steroid, obat sembelit dan lainnya. Inilah kenapa seringkali yang beranggapan ibu hamil haru selalu sehat karena tidak semua obat baik untuk ibu hamil. Untuk itu saat kamu sakit, usahakan untuk memberitahukan keaadaanmu yang sedang hamil kepada dokter supaya bisa meresepkan obat yang tepat.

Mengkonsumsi Makanan Mentah atau Tidak Matang

Apakah kamu sangat menyukai salad atau mungkin makanan lain yang dikonsumsi secara mentah atau bahkan setengah matang? Jika iya, maka sebaiknya selama hamil kamu harus menghindari makanan tersebut karena akan membahayakan kesehatan janin dalam kandunganmu. Bahkan, sejumlah makanan yang diolah tanpa adanya proses pemanasan dengan suhu tinggi tetap akan mengandung bakteri di dalamnya sehingga bakteri tersebut akan berdampak buruk pada janin kamu. Bayi yang terkontaminasi bakteri biasanya akan lahir dengan catat atau bahkan dapat menyebabkan kematian janin. Infeksi bakteri yang terjadi pada janin pun merupakan salah satu dari penyebab kematian pada janin. Untuk itu sebaiknya mengkonsumsi makanan yang benar-benar matang selama hamil supaya tidak terjadi hal=hal yang tidak diinginkan.

Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Mungkin hal ini tidak pernah terpikirkan oleh kamu sebelumnya terutama bagi kamu yang sudah terbiasa menggunakan sepatu hak tinggi. Namun bila kamu dalam keadaan hamil, usahakan untuk menghindari menggunakan sepatu hak tinggi karena dapat mengganggu kesehatan kamu selama hamil. Memang, pengaruhnya tidak akan kamu rasakan secara langsung, hanya saja menggunakan sepatu hak tinggi akan mengakibatkan sejumlah kondisi fisik yang tak baik untuk kesehatan, misalnya saja dapat menyebabkan kaki kamu bengkak, varises, nyeri para syarat, bahkan sampai sakit punggung yang berlebihan. Untuk itu, usahakan untuk menggunakan sepatu yang senyaman mungkin supaya kesehatan kamu tidak terganggu.

Stress yang Berlebihan

Tak hanya kesehatan fisik saja yang harus kamu jaga, tapi kamu juga harus menjaga kondisi mental kamu. Stress yang berlebihan dapat berpengaruh pada kondisi ibu yang akan merasa tidak nyaman selama masa kehamilan. Untuk itu seorang ibu harusnya dapat mengendalikan stress dan harus mencoba untuk tidak mengalami stress berkepanjangan karena nantinya stress yang kamu alami akan berdampak panjang pada janin dalam kandungan kamu. Dampak stress untuk janin adalah terjadinya kerusakan pada otak secara permanen, kelahiran prematur dan terganggunya asupan oksigen atau makanan ke rahim lewat plaesenta.

Mengkonsumsi Minuman Bersoda dan Beralkohol

Mengkonsumsi minuman bersoda dan beralkohol tinggi tentu saja sangat dilarang selama hamil. Hal ini karena kandungannya akan sangat berbahaya untuk kehamilan. Kandungan seperti pemanis buatan atau sakarin yang biasanya ada pada minuman bersoda maupun beralkohol akan membuat bayi terlahir cacat. Tak hanya itu, kadar kafein yang tinggi pun akan mengakibatkan kecanduan dan bila kadar berlebih dapat mengakibatkan kelahiran prematur.

Itulah sejumlah hal-hal yang dilarang untuk dilakukan oleh wanita hamil. Sebab, hal-hal di atas dapat membahayakan ibu hamil dan janinnya. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply