Babies /Kids

7 Daftar Makanan Untuk Perkembangan Otak Janin Dalam Kandungan

Jangan Lupa Share ya

Pada saat dalam kandungan otak mengalami pertumbuhan yang pesat. Bahkan, pembentukan awal otak janin dapat menentukan pertumbuhan dan perkembangan otak anak selanjutnya. Dalam kandungan, otak bayi Anda mulai terbentuk pada saat tiga minggu setelah pembuahan. Perkembangan otak bayi di dalam kandungan akan berlangsung sangat cepat, saat usia kehamilan 24 hingga 42 minggu, dan mulai signifikan pada usia 34 minggu.

Oleh karena itu, makanan untuk perkembangan otak janin dalam kandungan tentunya harus Anda perhatikan karena  sangat berperan penting dalam perkembangan janin Anda. Dan tentunya Anda tidak dapat sembarangan dalam memilih makanan. Berbagai macam nutrisi sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin Anda diantaranya yaitu untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan otak bayi dalam kandungan Anda. Hal itulah yang membuat Anda harus memperbanyak mengonsumsi makanan yang baik untuk mendorong perkembangan otak bayi dalam kandungan.

Ini Dia Makanan untuk Perkembangan Otak Janin

  1. Ikan

Ikan sangat dibutuhkan bagi ibu hamil untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak bayi dalam kandungan. Di dalam tubuh ikan banyak sekali mengandung asam lemak omega-3, terutama DHA (asam dokosaheksanoat). Nah, DHA memiliki peran yang sangat penting untuk membantu pertumbuhan otak dan sistem saraf anak dalam kandungan. Anda bisa mendapatkan nutrisi ini dalam ikan, terutama ikan berlemak seperti ikan salmon, tuna, dan sarden.

Sarden merupakan ikan yang terbaik yang dapat Anda konsumsi selama hamil karena sarden lebih sedikit terkontaminasi oleh merkuri dibandingkan dengan ikan lain dan sarden juga mengandung vitamin D. Vitamin D ini juga nantinya dapat mendukung pertumbuhan tulang dan gigi bayi dalam kandungan. Sebaiknya konsumsi ikan setidaknya 2 porsi per minggu. Ini baik dilakukan untuk Anda dan calon bayi Anda.

  1. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang mudah untuk Anda dapatkan. Apalagi manfaat bayam ini sangatlah banyak. Bayam yang mengandung asam folat memiliki peran penting bagi ibu hamil. Mengapa dikatakan penting? Karena asam folat sangat dibutuhkan bagi ibu hamil untuk membantu proses pembentukan awal otak dan sumsum tulang belakang pada bayi, membantu produksi DNA baru, dan untuk mengatur metabolisme sel. Selain itu, asam folat juga dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi jaringan otak bayi Anda dari kerusakan.

Sedangkan kekurangan asam folat pada saat kehamilan dapat meningkatkan risiko bayi Anda mengalami cacat lahir. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mencukupi kebutuhan asam folat selama kehamilan, bahkan sebelum hamil.

  1. Daging

Ketika mendengar kata daging mungkin akan banyak orang yang berpikir bahwa daging kurang baik bagi tubuh karena dapat menyebabkan kegemukan, meningkatkan kolesterol, dan efek negatif lainnya. Padahal, sebenarnya daging juga mengandung banyak sekali nutrisi, seperti zat besi dan seng. Nah, zat besi dan seng ini juga merupakan nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak bayi dalam kandungan.

Anda disarankan untuk memasukkan daging ke dalam daftar makanan untuk perkembangan otak janin dalam kandungan Anda dan Anda mengonsumsinya satu atau dua porsi dalam sehari untuk mendapatkan nutrisi penting yang terkandung di dalamnya. Tapi untuk menghindari dampak negatif dari daging, sebaiknya Anda memilih daging tanpa lemak.

  1. Telur

Telur mengandung banyak zat gizi penting, seperti zat besi dan kolin. Kedua zat gizi ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi dalam kandungan. Pada 1 buah telur rebus bisa mengandung kolin sebanyak 113 mg, sedangkan kebutuhan kolin Anda per hari adalah 450 mg.

  1. Susu dan produk susu

Susu merupakan salah satu produk yang mengandung banyak kalsium yang tentunya diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak dalam kandungan. Tidak hanya itu, susu dan produk susu juga mengandung yodium yang penting untuk perkembangan otak dan mental bayi dalam kandungan.

  1. Kacang-kacangan

Selain kaya akan protein, niasin, asam lemak omega-3, dan asam folat, kacang-kacangan juga merupakan sumber yang baik untuk vitamin E. Vitamin E sendiri diperlukan untuk mendukung fungsi DHA dan juga untuk melindungi membran sel otak bayi dalam kandungan. Sebagai salah satu makanan untuk perkembangan otak janin dalam kandungan, kacang-kacangan juga mengandung vitamin B6 yang dapat membantu fungsi otak normal karena dapat membantu komunikasi antar sel-sel otak.

  1. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang mengandung lemak baik dan lemak baik sangat diperlukan otak, karena otak yang sedang berkembang terdiri dari 60% lemak. Karena manfaatnya ini, alpukat menjadi salah satu buah yang disarankan untuk Anda konsumsi selama kehamilan.

Demikian artikel tentang 7 daftar makanan untuk perkembangan otak janin dalam kandungan. semoga artikel ini bermanfaat dan ingat tetap jaga kesehatan Anda selama proses kehamilan berlangsung. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply