Mother & Baby

7 Cara Menurunkan Berat Badan Saat Menyusui

Jangan Lupa Share ya

Bagi seorang wanita, kehadiran sang buah hati tentu saja sudah di tunggu-tunggu. Namun ada banyak hal penting yang selalu terjadi saat kehamilan ini. Salah satunya adalah penambahan berat badan. Bahkan, ini di alami oleh mayoritas wanita hamil. Hanya saja ada yang intensitasnya tinggi dan ada yang tidak. Nah, jika Anda salah satu korbannya, tentu saja setelah melahirkan mulai bingung bagaimana cara untuk menurunkannya.

Akan tetapi jangan lupa karena masih ada proses selanjutnya untuk sang buah hati yang harus Anda perjuangkan yakni menyusui. Berkaitan dengan hal ini, program diet tidak bisa di jalankan sembarangan. Sedangkan untuk mengetahui cara menurunkan berat badan saat menyusui yang benar, silahkan langsung simak ulasannya berikut ini.

Jangan Diet

Meskipun saat menyusui Anda sedang kebingungan untuk menurunkan berat badan, satu hal yang harus selalu menjadi perhatian adalah untuk tidak diet. Diet akan membuat asupan gizi untuk buah hati Anda menjadi berkurang. Namun, diet yang di maksud di sini tidak lain adalah diet yang terlalu ketat dan tidak memperhatikan konsumsi makanan dan gizi yang masuk. Jadi, dalam hal ini Anda bisa sedikit demi sedikit mengurangi porsi makan, tanpa diet ketat.

Makan Sedikit Tapi Sering

Nah, cara menurunkan berat badan, memang tidak mudah apalagi ketika Anda sedang menyusui. Kadang orang yang ingin menurunkan berat badan sangat menekan porsi dan intensitas makannya. Dalam hal ini, sebenarnya jika Anda terlalu banyak mengurangi makan malah tidak baik. Sedangkan yang harus Anda lakukan tidak lain adalah dengan lebih sering makan. Namun, jangan lupa porsinya harus di kurangi. Jadi, makannya sedikit-sedikit tapi sering. Dengan begini, kebutuhan nutrisi untuk Anda sendiri maupun untuk buah hati akan tetap tercukupi. Sedangkan berat badan Anda pun bisa ikut turun.

Tetap Sering Menyusui Tanpa Ada Batas

Meskipun Anda sedang dalam program pengecilan berat badan, namun jangan lupa untuk tetap menyusui. Jangan sampai Anda membatasinya karena sang buah hati sangat membutuhkan ASI yang cukup sehingga bisa menunjang pertumbuhannya. Bahkan, dalam beberapa penelitian pun telah di buktikan bahwasanya menyusui selama 6 bulan secara eksklusif bisa membantu berat badan Anda turun. Oleh karenanya jangan takut menyusui hanya karena khawatir berat badan akan naik.

Minum Yang Banyak

Selama Anda dalam proses menyusui, pastikan kandungan air dalam tubuh Anda cukup. Oleh karena itu sangat di sarankan untuk memperbanyak minum. Hal ini bisa menghindarkan diri dari sembelit maupun dehidrasi. Dengan begini pula, selama menyusui Anda bisa tetap sehat dan kuat. Cara untuk memperbanyak minum ini tidak lain adalah minum saat Anda merasakan haus. Jadi, tetap sediakan air minum di dekat Anda sehingga akan semakin mudah untuk meminumnya ketika haus pun mulai terasa.

Lakukan Olahraga Secara Teratur

Baik dalam hal kesehatan maupun kecantikan, olahraga adalah salah satu aspek penting yang harus selalu menjadi perhatian. Bagi Anda yang sedang menyusui, sebenarnya olahraga juga sangat penting sehingga harus di lakukan secara rutin. Olahraga secara teratur akan membantu mempermudah pembakaran lemak sehingga berat badan pun bisa ikut menurun. Selain itu, olahraga juga baik untuk beberapa aspek kesehatan lainnya. Dengan rajin berolahraga tentu saja Anda akan tetap sehat sehingga sang buah hati pun juga ikut tetap sehat.

Tidur Yang Cukup

Satu hal yang ini sangat penting namun sering di anggap sepele. Tidur yang cukup tentu saja berpengaruh pada kesehatan terutama yang di sebut dengan kesehatan mental. Dengan tidur yang cukup maka Anda pun bisa sehat lahir batin tanpa tekanan. Hal ini juga akan mempermudah penurunan berat badan Anda dengan mudah dalam masa menyusui.

Jangan Terlalu Stres

Ketika seseorang sedang dalam masa menyusui, dan sebelumnya telah mengalami penambahan berat badan yang significant, bisa jadi akan merasa tidak percaya diri dan putus asa. Hal ini bisa berakibat pada stress sehingga Anda harus berhati-hati. Pastikan Anda terhindar dari stress karena stress bisa memperburuk keadaan Anda. Di tambah lagi Anda tidak akan bisa melakukan program ini ketika mengalami stress.

Demikianlah ulasan mengenai cara menurunkan berat badan saat menyusui dengan mudah tanpa harus mengurangi intensitas pemberian ASI pada buah hati. Nah, Anda bisa menerapkannya jika Anda salah satu dari ibu hamil yang mengalami penambahan berat badan tinggi. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply