Babies /Kids

7 Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak

Jangan Lupa Share ya

Sebagai orang tua, tentunya ingin memiliki anak yang cerdas. Untuk itu lah sedapat mungkin mereka berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak mereka salah satunya dengan mengikutkan anak ke les akademik, dan lain sebagainya. Padahal, ada cara yang lebih mudah untuk meningkatkan kecerdasan anak, salah satunya yaitu dengan memberikan perhatian terhadap minat kesenangan anak dan faktor penunjang lainnya. Dengan orang tua memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anak-anak mereka, tidak hanya fokus kepada kecerdasan anak di bidang akademis dapat membuat anak terhindar dari perasaan tertekan dan stress.

Oleh sebab itu sebagai orang tua sudah sepatutnya untuk mengenali anak  dan memahami kegiatan-kegiatan apa saja yang dapat meningkatkan kecerdasan anak, sehingga nantinya anak dapat tumbuh berkembang secara maksimal.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak

  1. Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak

Ajarkan kepada anak Anda untuk mengonsumsi makanan sehat sejak dini, yaitu dengan membiasakannya untuk makan sayur-sayuran atau buah-buahan. Hindarilah memberikan kepada anak Anda dengan terlalu sering. Anda juga sebaiknya tidak memberikan snack yang tidak baik kepada anak, pilihlah snack yang sekiranya baik untuk perkembangan otak anak. Selain itu anda sebagai orang tua jangan sampai membiarkan anak Anda mengonsumsi makanan atau snack yang mengandung MSG. Mengapa demikian? Karena terlalu banyak mengonsumsi MSG nantinya dapat menyebabkan kerusakan sel pada otak. Jangan lupa untuk memberikan anak makanan-makanan yang mengandung Omega-3 yang bisa didapatkan dari ikan. Sebab beberapa penelitian telah membuktikan bahwa anak-anak yang lebih banyak mengonsumsi ikan seperti tuna atau salmon memiliki tingkat kritis yang lebih tinggi.

  1. Tunjukan Kasih Sayang Kepada Anak

Memang tidak semua orang tua khususnya ibu dapat menemani anaknya setiap hari,  sehingga mengakibatkan intensitas bersama anak menjadi berkurang. Tetapi hal tersebut bukanlah alasan bagi orang tua untuk tidak menunjukkan kasih sayang mereka kepada anak. Tidak perlu susah-susah, tunjukkanlah bentuk kasih sayang yang paling mudah dilihat yaitu dalam bentuk fisik seperti berupa pelukan atau ciuman kepada anak. Tidak hanya itu, melakukan komunikasi yang baik juga merupakan salah satu bentuk penunjukan kasih sayang Anda kepada anak Anda. Kurangnya komunikasi dengan anak nantinya dapat berdampak negatif kepada anak, seperti anak menjadi tertutup kepada orang tua dan bahkan dapat menimbulkan stress pada anak.

  1. Budayakan Anak Membaca

Maraknya tayangan televisi di zaman sekarang, mengakibatkan minat anak terhadap membaca kian menjadi semakin menurun. Hal tersebut dikarenakan anak telah terbiasa melihat gambar visual di televisi yang dilengkapi dengan suara sehingga menjadikan anak malas untuk membaca. Oleh sebab itu, sejak dini anak sudah harus dibiasakan untuk membaca, caranya pun cukup mudah yaitu Anda dapat memulai dengan membacakan anak cerita tentang kesukaan mereka. Setelah itu barulah Anda dapat memberikan anak Anda beberapa buku yang ia gemari. Sebab dengan membaca buku dapat membuat anak menjadi kritis dan menjadikan imajinasi anak berkembang.

  1. Doronglah Anak Untuk Mengembangkan Hobby dan Bakat Yang Dimiliki

Sebagai orang tua sudah sepatutnya mengetahui bakat yang dimiliki oleh anak yaitu dengan melihat hobinya sejak dini. Misalnya, jika anak Anda memiliki bakat menari maka doronglah anak Anda dengan memasukkannya ke tempat les khusus menari. Ingat, jangan memaksakan anak Anda untuk melakukan hal-hal yang tidak disenanginya karena hal tersebut justru dapat menghambat proses berkembangnya otak anak itu sendiri.

  1. Ajaklah Anak Untuk Melakukan Olahraga Secara Rutin

Olahraga selain dapat menjadikan sehat juga terbukti dapat mengurangi tingkat stress pada anak. Selain itu olahraga juga dapat melatih anak untuk menjadi lebih percaya diri serta mampu untuk bekerja secara tim dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi.

  1. Tidak Memberikan Gadget Terlalu Dini

Pada era globalisasi ini gadget memang mampu memberikan hal yang positif, namun memberikan gadget kepada anak terlalu dini justru dapat memberikan dampak yang cukup buruk bagi anak khususnya bagi kecerdasannya. Dimana dengan Anda memberikan gadget terlalu dini kepada anak nantinya dapat menyebabkan proses perkembangan anak Anda menjadi terhambat. Hal tersebut terjadi karena anak yang memiliki ketergantungan gadget akan cenderung jarang dan malas untuk bergerak sehingga dapat menghambat proses pertumbuhannya.

  1. Rekreasi Dengan Anak

Tujuan mengajak anak Anda rekreasi adalah supaya anak belajar melihat alam secara langsung dengan praktik langsung melihat dan menyentuh. Dengan melakukan rekreasi positif dapat membuat anak memiliki pengetahuan umum yang luas dan anak pun cenderung memiliki sifat penasaran yang tinggi serta semakin kritis. Rekreasi yang dapat anda lakukan bersama anak yaitu dengan mengunjungi kebun bunga, kebun binatang, outbond dan lain sebagainya.

Demikianlah artikel mengenai 7 cara meningkatkan kecerdasan anak. Semoga bermanfaat dan ingat, setiap anak tentunya memiliki kelebihan masing-masing dan jangan memaksakan anak untuk melakukan apa yang Anda suka bukan yang mereka suka. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply