Mother & Baby

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Seorang ibu akan sangat khawatir jika bayinya sedang mengalami sakit pilek yang mengakibatkan hidungnya tersumbat. Ketika bayi hidungnya tersumbat, biasanya bayi akan mengalami kesulitan untuk tidur, rewel, dan bahkan kesulitan untuk bernafas. Nah, sebagai seorang ibu yang baik harus mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi hidung pada bayi yang tersumbat. Ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang aman yang dilakukan ibu di rumah. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak lebih jauh artikel ini.

Hidung tersumbat membuat bayi merasa tidak nyaman

Bayi yang sedang pilek akan membuat bayi merasa tidak nyaman karena otomatis hidungnya tersumbat. Selain itu, pilek pada bayi juga menyebabkan hidung tersumbat, sakit kepala, demam dan beberapa gejala lainnya. sehinga bayi menangis terus menerus sehingga banyak orang tua yang merasa khawatir berlebihan. Tetapi, terkadang pilek juga merupakan tanda ketika bayi tumbuh gigi. Tetapi bagi ibu, tidak perlu khawatir karena masih ada beberapa cara untuk mengatasi bayi hidungnya tersumbat dengan aman.

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi dengan aman

  1. Letakkan kepala bayi lebih tinggi

Saat bayi mengalami hidung tersumbat, maka ketika bayi tidur cobalah meletakkan kepala bayi lebih tinggi dari badannya. Cara ini sangat fekstif agar lendir yang berada di saluran pernafasan tidak menumpuk pada hidung sehingga bayi dapat bernafas kembali dengan baik. Posisi seperti ini juga bsia membantu semua lendir pada hidung bayi bisa keluar secara alami. Tetapi, ketika bayi tidur dengan posisi seperti ini, sebaiknya Anda tetap menjaga agar bayi tidak terjatuh dari tempat tidur.

  1. Pijat badan bayi dengan bawang merah

Umumnya hidung tersumbat pasti disertai dengan kondisi tubuh yang tidak nyaman, apalagi bagi bayi. Dalam kondisi seperti ini, Anda bisa mencoba untuk memijat bayi dengan bawang merah yang sudah dihaluskan. Bawang merah mengandung alisin dan sulfur yang bisa membantu menghangatkan tubuh bayi. Pijatlah tubuh bayi mulai perut hingga ke arah leher. Setelah itu, bersihkan dengan handuk yang bersih dan lembut. Cara ini juga bisa Anda lakukan ketika bayi sedang demam.

  1. Berjemur di pagi hari

Hidung yang tersumbat disebabkan karena lendir di dalam saluran pernafasan seperti hidung yang mengental. Lendir yang mengental dan tidak dikeluarkan bisa menyebabkan infeksi pada sistem pernafasan. Maka dari itu, menjemur bayi di pagi hari saat sinar matahari masih hangat bisa Anda lakukan. Caranya, hadapkan dada dan wajah bayi ke sinar matahari tetapi tutup mata bayi dengan kacamata atau penutup mata. Setelah itu, tepuk sebentar pada bagian punggung bayi dengan lembut. Mungkin beberapa bayi akan menangis, tetapi hal ini sangatlah baik karena akan banyak lendir yang keluar.

  1. Menguap hidung bayi dengan air hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi bisa Anda lakukan dengan cara meletakkan air panas di kamar mandi dalam ember atau wadah lain. Kemudian tutup pintu kamar mandi dengan rapat dan biarkan uap dari air panas keluar semua. Kemudian ajak bayi untuk masuk ke kamar mandi. Metode seperti ini sama seperti baby spa. Bayi Anda hanya membutuhhkan uap hangat yang keluar dari air panas. Kemudian tunggu hingga semua lendir keluar dari hidung sang bayi.

  1. Oleskan sedikit Vicks VapoRub pada punggung dan dada

Jika bayi Anda sudah berumur lebih dari enam dan tidak mempunyai riwayat penyakit asma, maka Anda bisa menggunakan Vicks VapoRub. Bahan olesan ini memang sangat aman bagi bayi. Caranya, oleskan sedikit pada bagian punggung dan dada bayi, kemudian usap dengan handuk bersih. Lakukan ketika bayi akan tidur sehingga pernafasan bayi menjadi lebih sehat.

  1. Bersihkan hidung bayi dengan handuk bersih

Anda bisa membersihkan lendir di hidung bayi menggunakan handuk yang tipis kemudian dipilin hingga kecil. Lalu masukkan ke hidung bayi dan tarik semua lendir bayi secara perlahan dan lembut. Dengan cara ini bisa membuat bayi kembali bernafas dengan baik dan mengurangi pilek.

  1. Berikan ASI

ASI sebenarnya menjadi obat yang sangat berkhasiat untuk bayi ketika mengalami hidung tersumbat. Berikan ASI secara rutin. Karena ASI mengandung antibiotik alami dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi.

Demikian ulasan mengenai 7 cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang aman dan bisa dilakukan di rumah. Ingat, ketika melakukan cara-cara tersebut, lakukan dengan perlahan dan lembut. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply