Beauty & Health

7 Cara Mengatasi Begadang dengan Mudah

Begadang merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Menghabiskan waktu di malam hari dengan melakukan suatu hal tertentu memang terkadang terasa sangat menyenangkan. Pada di jam-jam itulah kebanyakan orang memilih untuk tidur, sehingga suasana akan terasa lebih tenang dan nyaman.

Entah sekedar mengobrol dengan teman-teman atau melakukan sesuatu kegiatan yang lain, kita memang terkadang tidak akan terasa ketika kita menghabiskan waktu dengan teman-teman. Tanpa kita sadari terkadang waktu tersa berjalan lebih cepat dan tahu-tahu malam sudah sangat larut. Kamu tentu pernah mengalami hal tersebut juga kan?

Jadi guys apakah kamu salah satu orang yang suka begadang? Jika iya, maka sebaiknya jangan diteruskan kebiasaan begadang yang sering kamu lakukan ini, karena begadang ternyata memiliki dampak yang tidak terlalu bagus untuk kesehatan tubuh.

Waktu tidur di malam hari itu merupakan saat di mana tubuh seseorang sedang bekerja untuk membuang racun sisa aktivitas yang dilakukannya selama seharian. Jadi apabila seseorang memilih untuk tidur hingga larut malam bahkan dini hari, maka tubuhnya tidak akan melakukan hal yang seharusnya dilakukan. Karena itu akan berakibat racun di dalam tubuhnya akan menumpuk  di dalam tubuhnya, sehingga akan mengakibatkan berbagai permasalahan kesehatan.

Sebaiknya kebiasaan begadang ini sebaiknya memang harus ditinggalkan, baik untuk perempuan, laki-laki, tua, muda, dewasa, atau anak-anak. Namun, ada juga yang begadang karena memang ia memiliki masalah dengan hal ini, ia sulit tidur sehingga memaksanya untuk begadang. Jangan khawatir guys, karena kami akan menunjukkan beberapa cara mengatasi begadang.

Cara Mengatasi Begadang

Mengingat akan ada efek yang akan ditimbulkan ketika seseorang begadang, kami akan memberikan beberapa tip untuk mengatasi begadang. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi begadang.

  1. Relaksasi tubuh dan pikiran

Melakukan relaksasi tubuh dan pikiran adalah salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi begadang. Bagaimana pun tubuh kita memerlukan waktu untuk istirahat. Saat sedang banyak pikiran, seseorang kebanyakan akan sulit untuk tidur, karena akan terus menerus memikirkan masalah yang telah mengganggu pikirannya.

  1. Menjaga pola hidup sehat

Cara mengatasi begadang kedua, yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat. Kamu dapat memulainya dengan melakukan olahraga, olahraga tentu saja memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satu yang akan kamu rasakan, yaitu kamu dapat mengatasi kebiasaan begadang. Selain olahraga, tidak meminum minuman beralkohol dan juga makan makanan yang sehat juga merupakan cara menerapkan pola hidup sehat. Jangan mengonsumsi junk food atau fast food, karena jenis makanan ini memiliki banyak sekali kandungan zat yang tidak baik untuk tubuh dan juga tidak memiliki kandungan gizi yang cukup.

  1. Meditasi atau sembahyang malam

Cara mengatasi begadang selanjutnya, yaitu dengan melakukan meditasi atau sembahyang malam. Dengan melakukan sembahyang malam kamu tentu saja akan berusaha untuk tidur lebih awal dari biasanya agar dapat bangun pada dini hari untuk melakukan sembahyang malam.

  1. Tidak merokok

Sebaiknya untuk kamu yang memiliki masalah sulit tidur untuk mulai menghindari merokok, karena rokok memiliki beberapa kandungan zat yang dapat membuat seseorang susah tidur.

  1. Tidak minum kopi

Untuk yang satu ini mungkin kamu sudah tidak asing lagi. Kopi memang sangat berpengaruh membuat seseorang susah tidur. Di dalam kopi terdapat kandungan kafein yang dapat merangsang hormon di sistem syaraf pusat, sehingga akan membuat seseorang tidak merasa mengantuk.

  1. Matikan lampu kamar

Agar kamu lebih cepat tidur, salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan mematikan lampu kamar. Mematikan lampu tentu saja akan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks, sehingga tubuh akan meresponnya dengan rasa mengantuk. Jadi, sebaiknya sebelum kamu tidur matikan lampu yang ada di kamar agar kamu bisa cepat tidur.

  1. Jangan menonton tv sampai larut malam

Menonton acara yang kita sukai mungkin terkadang membuat kita lupa waktu. Acara-acara yang kita sukai itulah yang terkadang akan memaksa kita untuk begadang. Biasanya acara-acara seperti sepak bola berada di jam-jam istirahat, sekitar jam 11 ke atas. Sebaiknya tetapkan batasan waktu tertentu ketika kamu ingin menonton televisi atau film tertentu.

Itulah 7 cara mengatasi begadang yang dapat kamu lakukan. Selain yang sudah kami sebutkan, tentu saja masih banyak cara mengatasi begadang lainnya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah begadang yang kamu alami. (elevenia)

Leave a Reply