Culinary

7 Cara Membuat Pentol Tanpa Menggunakan Daging Sapi

Pentol merupakan salah satu makanan yang penggemarnya tak pernah surut. Sejauh ini banyak sekali yang menyukai pentol sebagai camilan berat sehari-hari mereka. Akan tetapi, untuk membuat pentol ini tentu saja di butuhkan banyak dana karena bahannya adalah daging sapi. Selain itu, untuk makan pentol ini tidak semua orang boleh makan daging sapi. Kadang untuk beberapa kondisi daging sapi di larang di konsumsi.

Nah, jika Anda penggemar pentol tetapi berada di salah satu situasi sulit di atas, jangan khawatir karena Anda bisa membuat pentol tanpa harus menggunakan daging sapi dan tetap mendapatkan hasil masakan yang lezat. Tapi bagaimana cara membuat pentol seperti itu? Penasaran bukan dengan solusi nya. Untuk itu silahkan simak ulasannya berikut ini.

Menggunakan Tepung Saja

Jika Anda tidak menyukai daging sapi atau ingin makan yang seperti pentol tetapi kurang ada modal membeli daging sapi, bisa juga loh membuat pentol dengan tepung saja. untuk cara pembuatannya sama saja, bahkan lebih simpel karena tidak perlu menggiling daging. Bahan-bahannya hanya cukup di campurkan yakni berupa bumbu-bumbu, tepung terigu, tepung kanji dan bahan pelengkap lainnya. Kemudian di bentuk kecil-kecil seperti pentol dan di rebus. Setelah matang, rasanya pun lezat sekalipun tidak mirip dengan yang terbuat langsung dari daging sapi. Namun untuk namanya mungkin akan lebih tepat jika di sebut dengan cilok.

Menggunakan Daging Ayam

jika Anda ingin membuat pentol dari daging tetapi tidak ingin menggunakan daging sapi, entah karena mempertimbangkan biaya yang cukup tinggi atau alergi, bisa juga memilih bahan dengan menggunakan daging ayam. Pentol daging ayam ini sendiri sudah banyak di temukan dan rasanya pun cukup lezat asalkan yang membuat campurannya sudah pas. Bahkan tidak jarang pula di temukan bakso yang pentol nya merupakan campuran antara daging ayam dan daging sapi. Sedangkan kelebihannya, menggunakan daging ayam ini tentunya akan lebih irit lagi. Dan bagi And ayang masih coba-coba atau masih belajar membuat pentol dan banyak ketagihan tapi dana pas-pasan, menggunakan daging ayam adalah solusi paling tepat.

Menggunakan Tepung Plus Irisan Daging Ayam

Jika Anda ingin membuat pentol dari tepung saja alias cilok tetapi inginnya agak istimewa, bisa juga loh memasukkan irisan daging ayam di dalamnya. Atau untuk pilihan dagingnya bisa memilih sesuai selera. Daging sapi pun bisa dan ini tentu saja akan lebih irit. Sedangkan cara membuat pentol yang seperti ini sama saja dengan cara di poin pertama. Sedangkan untuk irisannya bisa Anda masukkan sambil membulatkan, atau bisa juga di campur dalam pengadukan.

Menggunakan Tepung Plus Sosis

Memasukkan campuran dalam cilok atau pentol dari tepung ini tidak hanya daging ayam saja lo. Jika Anda adalah penggemar sosis, maka bisa juga memasukkannya dalam resep Anda. Kalau untuk rasanya jangan khawatir karena di jamin sudah cukup terjamin dan akan bertambah lezat. Apalagi jika sosisnya Anda potongi kecil-kecil dan di aduk dalam adonan.

Dengan Pilihan Daging Sesuai Selera Selain Daging Sapi

Dalam membuat pentol, Anda tidak harus menggunakan daging sapi atau ayam saja sebagai pilihan bahan utama. Di sini ada banyak sekali pilihan daging yang bisa di gunakan. Jadi, Anda tinggal pilih daging apa yang Anda inginkan dan bisa Anda olah menjadi pentol yang lezat.

Membuat Pentol Sesuai Langkah-Langkah Yang Di Haruskan

Nah, jika Anda memutuskan untuk membuat pentol yang unik dan jarang di buat, jangan bingung bagaimana caranya. Hal ini karena dalam cara membuat pentol, langkahnya sama saja dengan cara pembuatan yang menggunakan daging sapi. Jadi yang pertama adalah di giling, kemudian di beri bumbu dan di aduk, setelah itu, baru akan di rebus dan jadikan pentol.

Di Sajikan Sesuai Dengan Selera

Dalam penyajiannya, pentol ini biasa di sajikan beragam. Oleh karena itu jika Anda ingin bisa menikmatinya dengan puas, maka silahkan piliha penyajian yang paling Anda sukai. Dalam hal ini, Anda bisa memilih penyajian sebagai bakso, atau bisa juga memilih penyajian sebagaimana pentol yang dijadikan camilan.

Itulah beberapa cara membuat pentol dengan bahan yang tanpa menggunakan daging sapi. Tentu aja bahan-bahan di atas semakin membuat masakan Anda hemat. Apalagi mengingat harga pentol semakin hari semakin tinggi. Jadi, jika Anda tertarik bisa pilih salah satu resep nya.

Leave a Reply