Home /Food

7 Cara Membuat Es Buah Segar Untuk Takjil Buka Puasa

Jangan Lupa Share ya

Puasa merupakan bulan yang kehadirannya selalu di nantikan. Dalam hal ini Anda pun pasti menyambut kedatangannya dengan penuh persiapan. Ketika ramadan tiba, maka ada banyak hal berubah, dan yang paling nyata adalah masalah pola makan. Nah, berbicara mengenai makanan dan minuman, tentu saja setelah berpuasa seharian Anda pun ingin berbuka dengan menu yang menarik bukan. Apalagi untuk takjil sebagai pembukanya. Oleh karena itu Anda bisa memilih es buah sebagai pilihan menunya.

Namun tidak dapat di pungkiri jika membuat es buah tidak semudah yang Anda bayangkan. Apalagi dengan bahan-bahannya yang cukup rumit. Belum lagi menentukan langkah-langkah pembuatannya yang jika tidak di urutkan dengan matang bisa jadi akan semakin meribetkan. Oleh karena itu, jika Anda ingin membuat es buah, lebih baik mengenal cara membuat es buah segar terlebih dahulu. Sedangkan untuk informasinya bisa Anda simak dalam ulasan berikut ini.

Cara Membuat Es Buah Segar Untuk Takjil

Pilih Buah Apa Saja Yang Akan Anda Masukkan

Namanya juga es buah, tentu saja di dalamnya akan banyak mengandung buah-buahan yang sangat beragam. Dalam hal ini Anda bisa memilih buah apa saja yang sekiranya cocok dan Anda sukai. Jadi, dalam memilih buah tidak harus menggunakan patokan buah apa saja karena selera orang berbeda-beda. Nah, agar Anda suka dengan es yang telah Anda buat, maka silahkan Anda memilih sendiri jenis buahnya. Dan akan lebih baik jika Anda tidak menggunakan  buah yang sekiranya Anda tidak suka.

Kupas Dan Segera Potongi Buah

Sebelum mulai meracik dan berhubungan dengan es, sebaiknya urusan dengan buah segera Anda selesaikan terlebih dahulu. Dalam hal ini tentu saja yang sangat penting adalah proses pengupasan dan pemotongan. Jadi, silahkan Anda kupas sebersih mungkin dan kemudian di potong sesuai selera. Nah, dalam pemotongan ini, ada hal yang perlu Anda perhatikan. Ketika menjadi minuman, buah dalam es buah ini ada yang dipotong kotak-kotak kecil dan ada juga yang panjang-panjang. Namun semuanya masih tetap sesuai selera, hanya saja dengan seni pemotongan yang bagus, maka tampilannya pun juga akan bagus.  

Siapkan Bahan Pendukung Es Buah Anda

Meskipun namanya es buah, tidak semua isinya harus buah juga. Biasanya ada beberapa jenis menu minuman yang di sukai dalam buka puasa. Beberapa bahan tersebut bisa juga Anda tambahkan untuk memperlezat es buah Anda. Selain itu, siapkan pula beberapa bahan pokok lainnya seperti gula dan sejenisnya. Hal ini mungkin terkesan remeh karena selalu di miliki. Tetapi agar tidak membuat Anda ribet dua kali, lebih baik di siapkan sejak awal sehingga lebih mudah.

Siapkan Es Batu Untuk Penyegar

Nah, jika sudah berhasil dengan berbagai bahan rumit di atas, untuk cara membuat es buah selanjutnya bisa di lanjutkan dengan menyiapkan es. Dalam hal ini pemberian es tersebut tentu saja sesuai dengan bagaimana selera Anda. Kalau untuk inspirasinya, biasanya es buah ini es batunya ada yang di jadikan butiran kecil-kecil seperti buahnya. Ada juga yang langsung di masukkan dalam bentuk besar sehingga lebih lama melelehnya. Dan ini semua tetap tergantung pada selera Anda masing-masing.

Mulai Racik Es Buah Segar Anda

Setelah semua bahan sudah siap, maka kini saatnya untuk mulai meracik es buah. Jadi, Anda tinggal masuk-masukkan saja bahan-bahan tadi. Mulai dari buah-buahannya, santan, gula hingga bahan-bahan pendukung lainnya. Namun, perlu di perhatikan waktu meraciknya, jangan sampai terlalu jauh dari waktu berbuka.

Jangan Lupa Tambahkan Susu

Satu hal yang harus Anda perhatikan, jangan lupa untuk menambahkan susu pada es buah Anda. Sebenarnya ini tidak harus, hanya saja akan lebih lezat dan lebih memuaskan jika ada susunya. Namun, bagi Anda yang mungkin alergi dengan susu, sebaiknya tidak usah.

Tambahkan Es Yang Telah Di Siapkan

Yang terakhir, Anda bisa langsung tambahkan esnya, Namun pastikan tidak terlalu dekat dengan waktu magrib, tujuannya adalah agar minuman tidak hilang rasa dinginnya sebelum saatnya di minum. Jadi dalam hal ini Anda bisa mengira-ngiranya sendiri.

Demikianlah ulasan mengenai 7 cara membuat es buah segar untuk takjil berbuka puasa yang bisa Anda terapkan. Es buah ini akan sangat recommended karena memang pilihan takjil yang paling tepat. Jadi, jika Anda bingung mau membuat takjil apa, bisa memilih menu ini.  (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply