Hobby

7 Cara Bermain Gitar Untuk Pemula yang Wajib Kamu Pelajari

Apakah kamu orang yang suka mendengarkan music? Alat musik yang paling di gemari adalah gitar karena memang gitar ini adalah alat music yang simple dan mudah untuk di bawa kemana- mana. Walaupun seperti itu, bermain gitar juga tak mudah karena akan ada banyak chord yang harus di hafal. Apalagi bagi seorang pemula yang benar- benar tidak mengetahui cara bermain music gitar.

Nah, sebenarnya belajar gitar bisa menjadi hal yang mudah untuk pemula jika memang mau belajar dengan sungguh- sungguh. Ada beberapa cara bermain gitar untuk pemula yang bisa kamu gunakan sebagai panduan.

Jangan Belajar Semua Kunci dalam Satu Waktu

Agar kamu semakin mudah menghafal chord maka jangan belajar semua kunci hanya dalam satu waktu karena dengan cara yang seperti ini membuat kamu akan mudah lupa dan cara ini memang sangat tidak cocok untuk kamu bagi pemula. Chord yang penting ialah chord A dan chord ini adalah kunci yang sangat sederhana bagi pemula. Dan jika sudah menguasai maka pindah ke chord yang lain.

Belajar Kunci Dasar Gitar

Alat music gitar umumnya mempunyai 6 senar maupun dawai, dari yang ukurannya paling kecil atau paling bawah hingga dengan ukuran yang paling besar yang ada di posisi atas. Dan ini berlaku bagi gitar akustik dan juga gitar elektrik dan kedua gitar ini mempunyai nada sama di setiap senar.

Yang membedakan dari kedua gitar tersebut adalah tuningnya. Dan berikut ini nada-nada di setiap senar gitar:

  • Senar 1 yang paling bawah memiliki nada E’
  • Senar 2 memiliki nada B
  • Senar 3 memiliki nada G
  • Senar 4 memiliki nada D
  • Senar 5 memiliki nada A
  • Senar 6 yang paling atas memiliki nada E

Latihan Pindah antar Chord

Cara yang selanjutnya adalah dengan menghafal dimana posisi jari- jari yang seharusnya pada saat bermain chord A dan C. Cara ini memang cukup mudah dan efektif jika ingin hafal bagi seorang pemula. Pemula tak perlu belajar dengan cepat namun belajar dengan cara praktik. Trik ini memang lebih focus pada perasaan kamu mengenai posisi jari pada chord yang benar.

Belajar pada yang Lebih Mahir

Selanjutnya adalah dengan mencari guru yang benar- benar sudah mahir. Dengan begitu kamu akan semakin mudah mengatur posisi jari yang benar dan juga tekniknya dan secara tak langsung juga memotivasi kamu agar giat belajar. Mencari guru tak harus guru privat namun bisa juga meminta teman atau saudara yang sudah mahir bermain gitar.

Mencetak Diagram Chord Gitar

Diagram chord gitar ini bisa sebagai petunjuk yang tepat di mana agar bisa menempatkan jari-jari kamu ke sebuah kunci gitar. Dengan cara seperti ini akan membantu serta memahami bagaimana bentuk chord yang ada di fretboard gitar.

Pilihlah Instruksi dari Buku atau Internet

Internet memang banyak sekali ilmu yang bisa di dapatkan, seperti halnya ilmu belajar gitar. Kamu bisa belajar, secara otodidak dengan menggunakan buku belajar gitar dan dari internet. Karena memang banyak artikel yang mengulas bagaimana cara bermain gitar untuk pemula dengan mudah bagi seorang pemula. Tak hanya itu, supaya kamu bisa terus konsisten belajar serta latihan maka coba membuat sebuah agen harian, atau bisa kamu dapat membuat sebuah target yang khusus. Tentu saja, hal ini di laksanakan supaya kamu bisa menguasai cara bermain gitar dengan cepat dalam waktu yang singkat. Dan hal ini pasti tergantung dari niat serta semangat yang kamu punya. Dengan cara ini, bisa jadi kamu bisa mahir main gitar selama 1 bulan.

Belajar dari Musisi yang Profesional

Sesudah kamu bisa mengasai chord gitar yang dasar, maka tingkatkan lagi kemampuan yang kamu punya. Salah satu cara adalah dengan sering- sering melihat beberapa musisi yang memainkan gitar pada saat pentas. Dengan cara yang seperti ini, pastinya akan membuat kamu merasa termotivasi agar lebih giat lagi belajar bermain gitar.

Pelajari Bagian-bagian pada Gitar

Selanjutnya adalah dengan mempelajari bagian- bagian yang ada pada gitar. Tentu saja hal ini akan bisa membuat wawasan Anda bertambah apalagi wawasan mengenai menghasilkan sebuah suara yang bagus jika di dengar.

Itulah sekilas info yang bisa di berikan kepada Anda mengenai mengenai cara bermain gitar untuk pemula. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda. (elevenia)

Leave a Reply