Beauty & Health

7 Cara Agar Tidak Mudah Berkeringat di Wajah

Keringat pada wajah manusia adalah hal biasa dikeluhkan, khususnya untuk para kawula muda. Pasalnya, keringat yang berlebih pada wajah, selain bisa mengakibatkan kurang nyaman juga membuat make up menjadi cepat luntur dan tidak menarik lagi. Karena itu, penting bagi Anda untuk mencari cara bagaimana supaya wajah Anda tidak mudah berkeringat. Nah, untuk lebih memudahkan, berikut ini akan diulas tentang 7 cara agar tidak mudah berkeringat di wajah yang bisa dijadikan sebagai bahan rujukan untuk membuat wajah Anda tampak segar sempurna sepanjang hari.

Mandi atau Cuci Muka Menggunakan Air yang Dingin

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan supaya wajah tidak mudah berkeringat adalah dengan mandi memakai air yang dingin atau setidaknya cuci muka menggunakan air yang dingin. Langkah ini bisa Anda lakukan apabila wajah Anda secara tiba-tiba berkeringat dan tidak nyaman. Segeralah untuk membasuh muka menggunakan air yang dingin. Hal tersebut disebabkan karena air yang dingin ternyata ampuh untuk menurunkan suhu pada wajah Anda dan juga bagian kepala. Dengan demikian, keringat yang keluar tidak akan berlebih. Jika sudah, keringkan wajah memakai handuk yang bersih.

Perhatikanlah Pola Makan Anda

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan pola makan Anda supaya wajah tidak mudah berkeringat dan tetap segar sepanjang hari. Penting untuk diketahui bahwa jenis makanan yang terlalu pedas, jenis minuman mengandung alkohol dan kafein ternyata bisa mengakibatkan munculnya keringat yang berlebih pada wajah Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menghindari beberapa jenis makanan dan minuman tersebut, terlebih jika kebetulan cuacanya cukup panas.

Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung ataupun Ruang yang Terlampau Lembab

Selanjutnya, Anda juga perlu menjaga wajah atau tubuh Anda dari paparan sinar matahari langsung. Hal itu lantaran paparan sinar matahari langsung bisa membuat wajah Anda semakin berkeringat. Nah, sebaiknya saat ada di tempat terbuka Anda mengenakan topi ataupun payung supaya wajah bisa terjaga dan tetap sehat. Selain itu, gunakan juga jenis pakaian yang bisa menyerap keringat Anda. Selain menghindari sinar matahari langsung, Anda juga harus menghindari ruangan yang terlalu lembab karena itu juga bisa menyebabkan produksi keringatnya meningkat.

Gunakan Krim Dari Dokter

7 cara agar tidak mudah berkeringat di wajah selanjutnya adalah dengan memakai krim hasil resep dokter. Memakai deodoran pada wajah memang tidak memungkinkan. Akan tetapi, biasanya ada dokter tertentu yang memberi resep berupa krim wajah yang mempunyai kandungan tertentu dan nantinya bisa menjadi antiperspiran di wajah Anda. Oleh karenanya Anda bisa meminta resep dokter tersebut dan menggunakannya agar produksi keringat di wajah Anda tidak berlebih. Namun, disarankan untuk mencobanya terlebih dahulu dan melihat bagaimana reaksi dari wajah Anda.

Lakukan Suntik Botox

Selain beberapa yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa melakukan suntik botox untuk mengurangi keringat yang berlebih di wajah Anda. Ini adalah jenis suntik yang umum dipakai untuk mengurangi kandungan minyak atau keringat berlebih di bagian ketiak. Namun ternyata, suntikan satu ini juga efektif untuk kurangi minyak yang berlebih pada wajah dan juga kepala Anda. Ini juga bisa dijadikan sebagai langkah yang cukup praktis dan mudah.

Melakukan Operasi

Produksi keringat yang berlebih, di beberapa kasus memang perlu menjalankan operasi. Langkah ini bertujuan untuk mengangkat kelenjar keringat yang terdapat pada wajah, leher juga kepala Anda. Dengan begitu, keringat yang dikeluarkan pada bagian-bagian tersebut tidak akan berlebihan. Akan tetapi, Anda tidak dianjurkan memilih tindakan satu ini kecuali jika berbagai jenis obat dan formula tidak mempan untuk Anda.

Kelola Stress dan Rasa Cemas Anda

Cara lain dan tidak kalah menarik untuk mengurangi keringat pada bagian wajah Anda adalah dengan mengkondisikan diri sendiri. Usahakan untuk mengelola stress dan juga kecemasan Anda supaya produksi keringat tidak berlebihan. Hal tersebut lantaran emosi yang sifatnya negatif bisa membuat keringat keluar dalam jumlah yang lebih banyak dari kondisi normal. Karena itu, usahakan untuk mengelola diri supaya tidak gugup, stress, cemas dan lain sebagainya. Anda bisa melakukannya dengan menggambar, menulis, dan lain-lain.

Demikianlah uraian tentang 7 cara agar tidak mudah berkeringat di wajah yang recommended untuk dijadikan rujukan. Dengan mengetahui beberapa cara tersebut, Anda akan lebih mudah dan nyaman dan tentunya akan lebih percaya diri. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply