Gadget /Komputer

7 Aplikasi Alternatif Microsoft Office

Jangan Lupa Share ya

Siapa yang tidak mengenal Microsoft Office, salah satu software kenamaan yang pasti ada dalam tiap perangkat komputer Anda. Microsoft sangat populer dan banyak dipakai. Secara resmi Microsoft Office hadir secara paket lengkap. Microsoft Office pun merupakan salah satu aplikasi pengolah dokumen baik itu kata maupun angka yang paling banyak digunakan di dunia.

Microsoft Office yang merupakan besutan Microsoft Icn. Ini hadir dengan beragam fitur yang lengkap. Bahkan untuk versi terbarunya Microsoft 2019 diklaim memiliki fitur yang lebih lengkap dengan tambahan lainnya. Untuk versi terbarunya pun sudah mendukung banyak format file. Tersedia juga beragam template serta terintegrasi langsung dengan aplikasi Microsoft Office lainnya.

Menjadi cukup populer dan banyak digunakan, Microsoft Office dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Maka dari itu, ada alternatif Microsoft Office lain guna mengganti tugas microsoft untuk mengolah data kata maupun angka. Apa saja aplikasi penggantinya? Nah, berikut jawabannya:

WPS Office Writer


Aplikasi alternatif Microsoft Office salah satunya adalah WPS Office yang awalnya bernama Kisngsoft Office. WPS Office Writer sendiri cukup populer di Tiongkok dan paling banyak digunakan disana. WPS Office dapat diunduh secara gratis melalui platform yang tersedia. Dalam pengaplikasiannya pun WPS Office cukup mudah karena mengusung user interface sehingga sangat nyaman saat digunakan.

Nah, keuntungan menggunakan aplikasi ini adalah desain software nya yang menggunakan tab serupa dengan web browser. Jadi, bagi kamu yang suka bekerja dengan membuka banyak file aplikasi ini adalah pilihan yang tepat. Di samping itu, WPS Office juga mendukung berbagai macam format dan dapat mengimpor ke berbagai format dengan penyimpanan cloud sebesar 1 GB.

AbiWord


Kemudian ada yang namanya AbiWord yang diklaim sebagai aplikasi alternatif Microsoft Office yang paling lengkap dan setara. Bahkan untuk notebook, aplikasi ini mempunyai performa yang handal namun berspesifikasi rendah sehingga tidak akan memakan terlalu banyak RAM. Fitur unggulan dari aplikasi alternatif ini adalah layanan edit nya yang di klaim menyaingi Google. Namun yang disayangkan, aplikasi ini lebih banyak digunakan di sistem Linux ketimpang Windows.

Open Office


Yang menjadi cukup lama dikembangkan sebagai alternatif adalah Open Office besutan dari Apache. Bahkan, pesaing paling ketat Microsoft adalah Open Office yang menjadi salah satu aplikasi alternatif terbaik. Programnya bersifat open source, namun kelebihannya performanya cukup kuat meski berkapasitas ringan dan tidak memakan banyak RAM.

LibreOffice


Alternatif lainnya ada LibreOffice Writer yang merupakan aplikasi lebih sempurna ketimbang OpenOffice. Aplikasi ini dilengkapi berbagai fitur terbaru jika Anda rajin-rajin untuk mengupdate nya. LibreOffice pun mensupport berbagai format file termasuk PDF. Yang menjadikan dia cukup dikenal adalah tampilan nya seperti Microsoft Office versi old.

Kamu akan dimudahkan mengolah data baik kata maupun angka melalui aplikasi ini selayaknya  Microsoft Office. Keunggulan lainnya adalah terdapat fitur online editing dan dikembangkannya toolbar mode baru yang memungkinkan pengguna fokus bekerja dengan mudah dan efisien. Aplikasi ini banyak digunakan di gadget maupun smartphone.

Google


Siapa yang tidak tahu Google Inc.? Salah satu perusahaan terbesar yang berbasis digital. Google Inc sendiri ternyata meluncurkan aplikasi pengolah data yang dinamai Google Docs dan Sheets. Sayangnya, aplikasi ini hadir dan dikembangkan dengan bentuk web. Kendati demikian, fitur yang tersedia di dalamnya cukup lengkap.

Yang menjadikan nya cukup istimewa adalah setiap hasil pengolahan yang dikerjakan akan langsung tersimpan ke Google Drive. Jadi, ketika kamu ingin membuka atau meninjau kembali pekerjaan  kamu akan lebih mudah.

FreeOffice Textmaker


Ada FreeOffice Textmaker yang dapat diunduh secara cuma-cuma melalui platform yang tersedia. Aplikasi ini pun dapat menggantikan Microsoft Office karena dinilai cukup lengkap fiturnya. Keunggulannya juga adalah terdapat fitur sisipan semacam catatan yang memungkinkan Anda mudah dalam mengedit maupun mengoreksi.

Melalui FreeOffice Textmaker pula kamu bisa membuka dokumen dalam berbagai format. Bahkan, kamu juga bisa mengubah dokumen pekerjaanmu dalam format apapun. Aplikasi ini pun lumayan mengganti Microsoft Office yang biasa digunakan di sistem Windows maupun Linux.

Dropbox Paper


Berikutnya ada Dropbox Paper yang merupakan aplikasi pengolah dokumen dengan fitur kolaborasi. Keistimewaan menggunakan Dropbox Paper ini adalah kamu bisa mengedit dokumen secara real time serta meninjau maupun mengecek kembali pekerjaan dengan mudah. Anda bisa mengunduh secara langsung melalui platform yang tersedia. Untuk smartphone cukup mengunduhnya di playstore atau appstore.

Itulah beberapa aplikasi yang dapat menjadi alternatif Microsoft Office, selamat membaca dan semoga bermanfaat!

Baca Juga! 10 Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk PC Sejauh Ini

 

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply