Elektronik

6 Tips Memilih Earphone Murah Berkualitas

Apa yang akan Anda lakukan ketika Anda sedang stres dan banyak beban pikiran? Mungkin sebagian besar Anda akan mendengarkan musik agar pikiran Anda menjadi lebih tenang. Ada banyak cara agar Anda menjadi lebih tenang dengan mendengarkan musik. Hal itu juga tergantung dengan selera musik Anda. apabila Anda mendengarkan musik favorit Anda maka Anda juga akan semakin nyaman dan kemungkinan besar stres Anda akan cepat hilang.

Ada banyak cara untuk mendengarkan musik, tergantung kenyamanan Anda. apabila Anda suka suara yang keras Anda bisa dengan menggunakan speaker sebagai pengeras musik Anda. sedangkan apabila Anda suka mendengar musik secara intens dan privasi Anda bisa mendengarkan musik dengan menggunakan earphone. Sehingga Anda juga bisa langsung larut ke dalam musik. Apabila Anda penyuka earphone sebagai alat untuk mendengarkan musik, maka Anda juga harus tahu apa itu earphone secara teori.

Earphone merupakan alat atau perangkat audio yang dipasang di telingan dengan bentuk yang mungil. Earphone biasa digunakan untuk memusatkan suara. Cara kerja earphone adalah dengan mengubah energi listrik menjadi gelombang audio. Earphone dapat digunakan pada perangkat yang bisa mengeluarkan suara dan menyediakan port untuk earphone. Apabila Anda suka mendengarkan lagu dengan menggunakan earphone Anda juga haru tahu bagaimana kualitas earphone yang baik. Oleh karena itu simaklah informasi berikut ini mengenai tips memilih earphone murah berkualitas…

Jenis Earphone

Sebelum Anda membeli earphone akan lebih baik apabila Anda mengetahui jenis-jenis earphone terlebih dahulu. Earphone terbagi atas dua jenis yaitu IEM dan earbud. IEM atau In Ear Monitor adalah jenis earphone yang menggunakan bahan karet pada earphonenya sehingga akan membuat Anda nyaman ketika menggunakannya. Karet pada earphone berfungsi sebagai penutup suara dari luar sehingga ketika Anda mendengarkan musik maka yang terdengar adalah suara musik saja. Sedangkan earbud merupakan earphone tanpa penutup. Sehingga tidak memiliki penghalang suara dari luar. Earbud juga terbuat dari bahan plastik.

Bentuk Sesuai dengan Selera

Setelah Anda memutuskan mau memilih jenis earphone mana yang akan Anda pilih yang IEM atau earbud. Hal itu sesuai dengan selera dan kenyamanan Anda. setelah itu baru Anda harus menentukan desain, warna, dan panjang kabel earphone sesuai selera dan kebutuhan Anda. apabila Anda suka sesuatu yang senada, akan lebih baik apabila Anda memilih earphone yang senada dengan smartphone Anda. atau mungkin memilih earphone yang paling nyaman bagi Anda.

Sensitivitas

Sensitivitas earphone sangatlah penting untuk diperhatikan karena sensitivitas akan sangat berpengaruh pada besar tidaknya suara yang dihasilkan oleh earphone. Biasanya sensitivitas akan ditandai dengan tulisan Sound Pressure Level atau SPL dengan menggunakan satuan desibel atau mili watt. Usahakan Anda memilih earphone yang memiliki SPL yang tinggi agar suara yang dihasilkan lebih baik dan juga Anda tidak harus membesarkan volume terlalu besar ketika mendengarkan musik. Sehingga akan membuat baterai smartphone Anda lebih awet. Akan tetapi pemilihan SPL juga jangan terlalu tinggi karena akan dapat merusak pendengaran Anda kalau bisa lebih kecil dari 85 dB.

Rentang Frekuensi

Frekuensi memang sangatlah penting untuk mempertimbangkan kualitas earphone. Karena kemampuan earphone dalam merespon frekuensi gelombang suara akan sangat menentukan kualitas earphone. Earphone yang baik itu memiliki rantang frekuensi yang besar dan apabila rentang frekuensi lebih besar lagi pasti akan lebih baik juga. Selain itu, earphone yang memiliki respon frekuensi yang baik bisa memunculkan suara dengan frekuensi rendah yang tidak bisa dimunculkan oleh earphone dengan kemampuan respon frekuensi yang kurang.

Musik

Apabila Anda menggunakan earphone untuk mendengarkan musik, akan lebih baik apabila Anda memilih earphone menurut dengan jenis musik yang Anda sukai dan biasa Anda putar. Karena kecocokan suara pada musik dan kemampuan suara pada earphone harus cocok, sehingga akan memunculkan suara yang pas dan enak di dengar. Misalnya earphone jenis bright cocok untuk mendengarkan musik klasik dan rock karena kualitas suara earphone cenderung ke trebel. Sedangkan apabila Anda ingin mendengarkan musik hip hop dan metal Anda bisa menggunakan earphone warm karena suara yang dihasilkan earphone akan cenderung ke bass. Sehingga pada musik yang memiliki suara vokal yang pelan akan sangat cocok.

Tanya Penjual

Apabila Anda masih bingung Anda bisa berkonsultasi dengan penjualnya dan pilih earphone yang sesuai dengan Anda.

Itulah tips memilih earphone murah berkualitas. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply