Gadget & Photography

6 Perbedaan Utama Kamera Mirrorless dan DSLR

Perkembangan dalam dunia kamera digital memang semakin maju. Bahkan di era sekarang kamera digital single lens reflect atau yang lebih dikenal dengan kamera DSLR menjadi idola baru. Hal ini karena sudah dibekali dengan sejumlah fitur yang sangat memudahkan para pengguna saat membidik gambar. Namun sayangnya, belum lama ini posisi kamera DSLR mulai tergeser oleh keberadaan kamera mirrorless. Lalu apa perbedaan di antara keduanya? Sebenarnya perbedaan paling menonjol adalah terletak di bagian pada keberadaan cermin. Di dalam DSLR ada sejumlah cermin yang berfungsi memantulkan gambar dari lensa menuju viewfinder. Sedangkan dalam kamera mirrorless, keberadaan cermin tersebut ditiadakan. Gambar yang berasal dari lensa diterima langsung oleh sensor. Agar lebih jelas, inilah perbedaan kamera DSLR dan Kamera Mirrorless:

View Finder atau Jendela Bidik

Tiap kamera DSLR pasti memiliki jendela bidik yang disebut dengan Optical View Finder (OVF). Di kamera mirroless, keberadaan fitur ini digantikan dengan Electronic View Finder (EVF). Pengguna mirroless saat akan membidik gambar akan melihat keadaan objek foto seperti keadaan sebenarnya. Kelebihan yang dimiliki oleh EVF adalah kita dapat mengatur ulang gambar yang tampak di LCD supaya menghsilkan foto yang lebih sesuai dengan keinginan.

Saat memotret dengan kamera DSLR, maka kamu tidak akan langsung bagaimana hasil foto sebelum foto tersebut terpampang di layar LCD. Nah untuk mirrorless, hal-hal seperti itu tak akan terjadi lagi. Hasil foto yang didapat akan sesuai dengan yang kamu lihat di layar LCD. Tidak ada lagi yang namanya tebak-tebakan, atau keraguan akan hasil foto seperti apa.

Live Preview

Generasi awal dari kamera DSLR ini tidak dilengkapi dengan Live Preview. Fitur yang terbaru ini muncul di kamera DSLR saat lahirnya mirroless yang memang langsung mengusung Live Preview sejak awal kemunculannya. Namun sayangnya, fitur ini hanya terdapat di kamera DSLR tipe high-end saja. Bagi pengguna entry user, masih belum ada yang menyediakannya. Hal ini tentu berbeda dengan kamera mirrorless yang semua kameranya telah dilengkapi dengan fitur Live Preview. Kekurangannya ada sejumlah merek dan juga tipe mirrorless yang sulit mematikan simulasi eksposur. Simulasi tersebut bagian dari Live Preview. Bila hal ini akan menjadi masalah saat kamu menggunakan flash. Sebab, kamera akan secara otomatis mengukur cahaya yang di lingkungan sekitar, bukan flash. Jika hal ini terjadi, maka hasil foto akan berantakan. Untuk itu pastikan fitur simulasi eksprosur dalam keadaan mati.

DSLR Cenderung Lebih Besar dan Lebih Berat

Cermin yang terdapat dalam kamera DSLR menjadi salah satu faktor yang membuat kamera ini sulit sekali didesain dengan bentuk yang simple dan ringkas. Terlebih, DSLR memiliki banyak sekali tombol pada body kameranya. Tombol-tombol tersebut tentu saja membutuhkan ruang yang cukup. Hingga ujung-ujungnya, body dan juga berat DSLR pun lebih besar dibanding mirrorless.

Kamera mirroless biasanya memiliki badan yang lebih kecil dan juga ringkas dibandingkan dengan DSLR. Hal ini karena kamera mirroless telah menghilangkan keberadaan cermin. Dengan tubuh yang lebih ringkas dan bobot yang lebih ringan, kamera mirrorless menjadi teman yang menyenangkan saat dibawa kemanapun. Kamu tak akan lagi terbebani berat kamera saat melakukan traveling. Terlebih fitur yang dimiliki tak beda jauh dengan kamera DLSR.

Baterai Mirrorless Lebih Cepat Habis

Tidak seluruhnya kamera mirrorless lebih unggul dibanding kamera DLSR, tertanya kamera mirrorless masih kurang unggul dalam hal baterai. Dengan bobot yang lebih berat, DSLR dapat menggunakan baterai dengan kapasitas besar. Oleh karena itu, kamera ini dapat menemani seharian tanpa harus mengganti baterai. Hal ini tidak berlaku untuk kamera mirrorless. Desainnya yang ramping otomatis tak dapat menyimpan baterai dengan ukuran besar, sehingga kapasitas yang dimiliki oleh kamera mirrorless pun lebih kecil. Dampak dari kecilnya kapasitas baterai ini tentu akan terasa saat dibawa bepergian.

Varian Lensa Mirrorless Belum Sebanyak DSLR

Mungkin ini merupakan perbedaan yang cukup menonjol. Ya, saat ini dipasaran tidak banyak tipe dari kamera mirrorless yang bisa dibeli. Varian lensa untuk DSLR lebih banyak dibanding mirrorless, dari mulai fish eye, lensa fix, sampai dengan tele yang ratusan millimeter. Bahkan banyak juga lensa dari pihak ketiga yang dapat diterapkan dalam kamera DSLR merek tertentu.

Beberapa dari produsen mirrorless memang tengah memproduksi varian lensa yang berbeda untuk kamera ini. Namun tetap saja masih kalah dengan DSLR.

Image Stabilization

Baik itu DSLR atau pun mirrorless telah memiliki fitur Image Stabilization. Fitur yang satu ini dapat mengamankan hasil dari jepretan kamu dari goyangan tangan. Umumnya fitur ini disediakan oleh DSLR pada lensa bukan pada body. Beberapa produsen DSLR memang menyematkan fitur ini pada lensa. Hal ini tentu berbeda dengan mirrorless yang memasang fitur yang satu ini dalam body. Untuk itu, sebelum melakukan pemotretan, kamu harus mengaktifkan fitur ini terlebih dulu. Dengan begitu, gambar yang dihasilkan lebih aman dari getaran yang mungkin muncul dari tangan saat menggenggam kamera.

Itulah sejumlah perbedaan antara kamera DSLR dan mirrorless. Semoga dengan informasi di atas kamu bisa memilih di antara keduanya sesuai dengan kebutuhan. (elevenia)

Leave a Reply