Elektronik

6 Perbedaan Oven dan Microwave yang Harus di Ketahui

6 Perbedaan Oven dan Microwave yang Harus di Ketahui

Jangan Lupa Share ya

6 Perbedaan Oven dan Microwave yang Harus di Ketahui

 

Bagi calon ibu rumah tangga, tentunya harus mengetahui dengan jelas masing-masing perbedaan dari banyaknya alat dapur yang ada. Salah satunya adalah oven dan microwave. Secara fisik, kedua benda tersebut memiliki bentuk yang hampir tidak bisa di bedakan. Namun kenyataannya adalah masing-masing kedua benda tersebut memiliki fungsi yang berbeda meskipun sama-sama merupakan alat pemanas makanan.

Nah, bagi kamu yang akan membeli salah satu produk oven atau microwave, berikut ini adalah penjelasan tentang perbedaan oven dan microwave yang wajib kamu ketahui.

Pengertian dan Fungsi Oven


Sebelum membahas tentang perbedaan dari oven dan microwave, akan di jelaskan terlebih dahulu mengenai pengertiannya masing-masing. Oven merupakan sebuah peralatan dapur berupa ruang thermal yang terisolasi untuk memanaskan makanan, mengeringkan, atau memanggang. Fungsi dari oven sendiri adalah untuk mengolah makanan mentah menjadi makanan yang siap disajikan.

Pengertian dan Fungsi Microwave


Berbeda dengan oven, microwave merupakan sebuah peralatan dapur yang berfungsi untuk memanaskan makanan. Selain di gunakan untuk memanaskan makanan, microwave juga bisa di gunakan untuk membuat popcorn lho! Namun tidak hanya itu, microwave juga bisa di gunakan untk memasak masakan dan juga di gunakan untuk sterilisasi benda tertentu karena memang bahan yang di gunakan untuk membuat microwave adalah bahan-bahan pilihan.

6 Perbedaan Oven dan Microwave


Bagi kamu yang akan membeli salah satu peralatan dapur oven atau microwave, berikut ini adalah 6 perbedaan oven dan microwave yang harus di ketahui.

  1. Makanan yang di hasilkan

Yang pertama, kamu bisa melihat dari sisi hasil produk yang di hasilkan. Seperti pada pengertian yang telah di jelaskan, microwave memiliki fungsi hanya untuk sebagai pemanas atau penghangat makanan saja. Apabila kamu ingin mendapatkan hasil panas yang merata, tentu harus menggunakan oven.

Panas yang di hasilkan oleh microwave adalah dari makanan itu sendiri sehingga membuat beberapa jenis makanan tidak matang dengan sempurna. Sedangkan oven menghasilkan energi panas dari bahan tertentu sehingga bisa membuat makanan matang dengan sempurna pada seluruh bagian.

  1. Cara Penggunaan

Memasak menggunakan oven harus menentukan terlebih dahulu suhu yang akan di gunakan untuk memasak dengan mengatur pada bagian fitur yang telah tersedia. Wadah yang di gunakan untuk mengoven makanan juga harus wadah khusus yang tahan panas. Jika dilihat dari jenisnya, oven juga memiliki jenis yang lebih beragam di bandingkan microwave.

Apabila menggunakan oven harus sesuai dengan kebutuhan, penggunaan microwave jauh lebih mudah dan simpel karena memiliki jenis yang relatif lebih sedikit. Kamu hanya perlu mengatur waktu pemanasan yang akan di gunakan dengan cara memilih fitur yang di sediakan. Sama halnya dengan oven, perlu menggunakan jenis wadah khusus untuk melakukan pemasan pada makanan.

  1. Cara Kerja

Cara kerja oven adalah menggunakan listrik atau gas sebagai sumber pemanasan yang mana nantinya panas yang di hasilkan akan menyebar sehingga membuat makanan menjadi matang. Untuk meratakan panas, oven menggunakan kipas yang berfungsi sebagai exhaust dan panas yang ada di dalam tidak berlebih dan masih ada udara yang masuk.

Gelombang mikro penghasil panas dari microwave yang saling bertabrakan tersebut mampu menghasilkan energi panas yang bisa menghangatkan makanan.

  1. Kebutuhan Energi Listrik

Menggunakan oven untuk mematangkan makanan membutuhkan waktu yang lebih lama di bandingkan dengan microwave. Menggunakan oven tentunya membutuhkan energi listrik yang lebih besar karena membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyebarkan panas ke seluruh sudut oven.

Sedangkan pada microwave, sumber energi listrik yang di butuhkan lebih kecil di bandingkan oven. Hal tersebut karena sumber panas yang di hasilkan pada microwave berasal dari gelombang mikro.

  1. Perbedaan bentuk

Perbedaan oven dan microwave yang harus kamu ketahui selanjutnya adalah dalam segi bentuk. Oven memiliki bentuk yang relatif lebih besar di bandingkan dengan microwave. Semakin besar bentuk oven, semakin besar pula daya watt yang di butuhkan.

Sedangkan bentuk dari microwave jarang di temukan dalam ukuran yang besar yaitu maksimal berukuran 30 liter. Microwave memiliki desain yang lebih kecil karena fungsinya hanya sebagai pemanas atau penghangat saja.

  1. Kecepatan proses pemanasan

Menggunakan microwave tentunya memiliki kualitas pemanasan yang lebih cepat di bandingkan dengan jenis oven. Pada oven, pemanasan atau penghangatan makanan yang di hasilkan bisa berbeda-beda tergantung dengan jenisnya. Apabila hendak membeli oven yang mampu menghasilkan panas lebih cepat, kamu bisa membeli oven jenis gas.

Sedikit informasi mengenai perbedaan oven dan microwave di atas semoga bisa membantumu dalam memilih oven.

Jangan Lupa Share ya

William

Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.
William

Leave a Reply