Gadget /Komputer

6 Perbedaan Oppo F3 dan F3 Plus yang Menonjol

Komunikasi memang sangat dibutuhkan agar Anda tetap dapat berhubungan meskipun dalam jarak jauh. Namun seiring dengan perkembangan jaman, komunikasi jarak jauh bukanlah hal yang sulit. Karena memang jaman sekarang telah ada perangkat yang memudahkan berupa handphone. Memang pada jaman dahulu handphone mungkin hanya bisa digunakan untuk mengirim pesan singkat dan juga telepon.

Namun hal itu sudah tidak berlaku sekarang, karena seiring waktu teknologi juga semakin berkembang. Sehingga teknologi pada handphone juga berkembang. Hingga muncullah internet, yang dapat membuat dunia terlihat semakin sempit. Karena dengan internet Anda bisa melihat dunia luar dengan sangat mudah. Terlebih lagi handphone yang semakin canggih yang sampai sekarang muncullah yang namanya smartphone.

Memang jaman sekarang kehidupan masyarakat tidak terlepas dari yang namanya komunikasi. Sehingga Anda juga pasti akan selalu dekat dengan alat komunikasi. Bisa disimpulkan bahwa sekarang smartphone merupakan suatu kebutuhan. Sekarang ini banyak sekali vendor yang menawarkan smartphone yang menarik. Salah satu vendor besar yang menawarkan smartphone harga terjangkau dengan spek yang sangat mempunyai adalah Oppo. Oleh karena itu, smartphone dengan merk ini banyak yang berminat. Berikut ini merupakan sederet perbedaan oppo f3 dan f3 plus yang patut dijadikan pertimbangan.

Kesamaan

Kedua tipe smartphone ini masih bersaudara hanya saja yang plus merupakan generasi yang lebih unggul daripada yang biasa. Sehingga selain memiliki berbagai perbedaan, kedua tipe smartphone oppo juga memiliki kesamaan. Apabila dilihat dari modelnya maka akan terlihat sama sekilas, namun sebenarnya berbeda dan masih ada banyak perbedaan dari dalamnya. Kedua smartphone ini sama-sama bisa mendukung jaringan 4g, memiliki dual sim dengan micro sim sendiri.

Bahan utama penbuatan body juga sama yaitu terbuat dari metal, dilengkapi dengan LED notifikasi, sistem operasi sama yaitu menggunakan android v6.0 marshmallow, ram juga sama yaitu 4 gb dengan memori internal 64 gb, bisa di ekspansi dengan menggunakan micro sd hingga 256 gb. Konektivitas sama dengan dukungan wifi, dual band, wifi direct, hotspot, usb otg, micro usb v2.0, gps, radio dan bluetooth. Hanya saja bluetoothnya memiliki versi yang berbeda. Sensor pada smartphone juga sama ada fingerprint, accelerometer, proxymiy, ambient light, gyroscope, dan compass.

Hardware

Berbeda dengan software sama dan tanpa ada perbedaan. Pada hardware yang digunakan memiliki dan memakai hardware yang berbeda. Dilihat dari prosesor atau cpu oppo f3 menggunakan chipset mediatek MT6750T octa core 1.5 GHz Cortex a53 sedangkan oppo f3 plus menggunakan chipset snapdragon 653 octa core 4x 1.95 GHz cortex a72 dan 4x 1.44 GHz cortex a53. Untuk kekuatan grafis juga berbeda f3 menggunakan GPU Mali T860MP2 sedangkan yang plus menggunakan adreno 510.

Layar dan dimensi

Dimensi pada kedua smartphone ini memiliki perbedaan. Oppo f3 memiliki dimensi 153.3 x 75.2 x 7.3 mm dengan berat 153 gram. Sedangkan oppo f3 plus memiliki dimensi 163.6 x 80.8 x 7.4 mm dengan berat sekitar 185 gram. Untuk urusan layar juga berbeda oppo f3 memiliki layar dengan ukuran 5.5 inch dengan resolusi 1080 x 1920 piksel, sehingga memiliki kerapatan 401 ppi. Sedangkan oppo f3 plus memiliki layar dengan ukuran 6.0 inch dengan resolusi sama dengan oppo f3 sehingga memiliki kerapatan yang kurang dan lebih kecil yaitu 386 ppi. Untuk perlindungan layar, smartphone ini sama-sama telah dibekali perlindungan yaitu dengan gorilla glass 5 dengan 2.5D curved glass. Kapasitas baterai juga berbeda, oppo f3 memiliki baterai dengan kapasitas 3200 mAh sedangkan yang plus 4000 mAh.

Kamera

Pada segi kamera ada perbedaan pada kedua tipe smartphone xiaomi ini, terutama dengan kamera utama. Dilihat dari sensornya saja kekuatannya sudah berbeda. Untuk oppo f3 memiliki kamera belakang 13 mp dan juga kamera depan dual kamera 16 mp + 8 mp. Sedangkan oppo f3 plus memiliki kamera belakang yang beresolusi 16 mp dengan teknologi Optic Image Stabilization atai OIS, nilai plus lagi dengan dual LED flash. Sedangkan untuk perekaman video sama yaitu 2160p@30 fps.

Harga

Masalah harga memang memiliki perbedaan yang jauh, karena memang oppo f3 plus lebih unggul maka harganya pun lebih mahal. Oppo f3 memiliki harga sekitar 3,6 jutaan sedangkan f3 plus 5,1 jutaan.

Itulah perbedaan oppo f3 dan f3 plus. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply