Hobby

6 Perbedaan Lovebird Pastel Kuning dan Lutino

Jangan Lupa Share ya

Bagi para pecinta burung, pasti kamu sudah tidak asing dengan burung lovebird. Ya, burung yang berukuran murni dan cantik ini memang sangat menarik perhatian. Tidak hanya soal warna dan bentuknya, tapi juga kicauannya. Suara ngekekan burung ini yang terdengar sangat unik dan khas.

Meski memiliki suara yang unik, tapi tetap daya tarik utama dari burung ini adalah pada warnanya yang indah. Seperti yang kamu tahu, lovebird memiliki banyak variasi warna. Variasi tersebut membuat burung ini tampak lebih indah dan anggun.

Salah satu yang paling banyak digemari saat ini adalah lovebird jenis Pastel Kuning dan Lutino. Kedua jenis tersebut sama-sama menawan. Bahkan bagi mereka yang masih awam dengan burung ini akan menganggap bahwa kedua burung ini merupakan jenis yang sama, padahal tentu saja berbeda. Nah, jika kamu adalah salah satu orang yang belum tahu perbedaan antara lovebird pastel kuning dan lutino, maka di sini ada sejumlah ciri khas dari masing-masing yang harus kamu perhatikan agar bisa melihat perbedaannya.

Perbedaan Lovebird Pastel Kuning dan Lutino

Warna bulu

Banyaknya jenis lovebird merupakan PR tersendiri untuk para pecinta burung karena mereka pun kadang sulit membedakannya. Warna bulu ini sebenarnya cara paling ampuh untuk membedakan jenis lovebird hanya saja beberapa memiliki warna yang hampir saja, termasuk jenis lovebird pastel kuning dan lutino. Berikut ini perbedaannya:

Lovebird Lutino

  • Jenis lovebird yang satu ini didominasi oleh warna kuning dan juga orange.
  • Bahkan ada beberapa lovebird lutino yang memiliki warna separuh orange dan separun kuning, sehingga sekilas saja kamu bisa menebak bahwa itu adalah jenis lovebird lutino.
  • Lovebird lutino tidak memiliki warna kehijauan seperti pada lovebird pastel kuning.
  • Warna kuning pada jenis ini berekstur warna kuning lebih tegas sehingga garis-garis bulunya terlihat jelas.

Lovebird Pastel Kuning

  • Lovebird pastel kuning atau yang lebih dikenal dengan singkatan paskun dibagi menjadi dua, yaitu pastel kuning kotor dan pastel kuning bersih. Perbedaan di antara kedua jenis ini adalah kecerahan warna bulunya.
  • Pastel kuning kotor memiliki bulu yang agak kusam, sementara pastel kuning bersih memiliki warna buru yang cerah.
  • Umumnya jenis ini didominasi oleh warna kuning dibanding warna orange.
  • Biasanya juga jenis ini memiliki kombinasi warna hijau semu pada bagian bulunya. Kamu bisa melihatnya di daerah sayap dan dadanya.
  • Lovebird pastel kuning punya tekstur warna kuning yang terlihat sangat lembut dan membuat garis bulunya tidak terlihat.

Warna Mata

Membedakan kedua jenis lovebird ini hanya dengan warna bulu saja tentu tidak akan mudah, untuk itu kita harus tahu perbedaan lainnya. Nah perbedaan lainnya bisa kamu lihat dari warna matanya. Untuk lebih jelasnya, seperti berikut:

Lovebird Lutino

  • Warna lovebird lutino lebih cenderung kemerah-merahan. Oleh karena itu, tak heran jika banyak dari pecinta burung yang menyebutnya lovebird lutino mata merah.

Lovebird Pastel Kuning

  • Warna dari lovebird pastel kuning adalah hitam pekat. Tentu warna ini akan sangat kontras perbedaannya dengan lovebird lutino.

Warna Kaki

Warna memang menjadi perbedaan utama antara jenis lovebird yang satu dengan yang lainnya. Hal ini pun berlaku untuk warna kakinya. Lebih jelasnya, simaklah di bawah ini:

Lovebird Lutino

  • Lovebird lutino memiliki warna yang cenderung putih bakan sekilas mirip dengan albino. Tapi beberapa di antaranya memiliki putih yang kemerah.

Lovebird Pastel Kuning

  • Sementara jenis ini tidak jauh beda dengan lovebird jenis lainnya yaitu berwarna abu kehitaman.

Warna Ekor

Warna ekor dua jenis ini sangatlah berbeda sehingga bisa menjadi salah satu faktor yang memudahkan kamu dalam membedakan kedua jenis lovebird ini. Lovebird lutino memiliki warna kemerah-merahan pada ekornya, tepatnya pada bagian pangkal. Sementara paskun memiliki ekor berwarna keunguan.

Warna Kepala sampai Leher

Perbedaan ini memang memerlukan kejelian lebih. Warna yang tampak pada jenis lovebird lutino adalah warna merah keemasan di sekitar leher. Tak hanya itu, jenis ini pun terdapat perpaduan warna merah yang membentuk seperti kalung di lehernya. Sementara itu untuk lovebird pastel kuning cenderung memiliki warna kuning cerah. Biasanya dihiasi oleh warna merah kekuningan yang membentuk gradasi indah.

Harga Lovebird

Untuk harga, lovebird lutino memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan lovebird pastel kuning. Hal inilah yang membuat kamu harus lebih jeli saat membelinya. Jangan sampai kamu membeli lovebird paskun namun dengan harga lovebird lutino.

Jangan sampai kamu terkecoh dan tertipu oleh ulah penjual nakal yang bermaksud mencari keuntungan besar. Lovebird pastel kuning dijual dengan harga lutino. Jadi kamu harus ekstra hati-hati ya.

Itulah sejumlah perbedaan dari jenis lovebird lutino dan lovebird pastel kuning yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply